Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

DISKUSI ILMIAH: "Emerging Management Issues and Challenges in Global Marketplace"
11 February 2016
DISKUSI ILMIAH: "Emerging Management Issues and  Challenges in Global Marketplace"   :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News, Rabu, 10 Februari 2016 MM USD menyelanggarakan diskusi ilmiah dengan tema, "Emerging Management Issues and Challenges in Global Marketplace" bertempat di Video Conference Room. Diskusi Ilmiah berjalan selama 140 menit tersebut dihadiri para mahasiswa MM USD, dosen, dekan FE USD dan Rektor USD. Acara  berjalan begitu menarik dan seluruh peserta mengikuti dengan penuh antusias hingga berakhir jam 21.05. Hadir narasumber Romo B.B. Triatmoko, SJ, MA, MBA yang mempunyai pengalaman panjang sebagai akademisi dan praktisi bisnis. Selain sebagai Chairman of Yayasan Karya ATMI Cikarang, beliau adalah President Director of GCI, Ltd. ((Global Common Investment Limited), Computer Programming Training at Harvard University,  Manufacturing Engineering Training at Tufts University- Boston, dan MBA Degree from Carroll School of Management, Boston College, USA.
Presentasi  sangat atraktif dan banyak ide baru dipaparkan. Diawali penjelasan terkait "betapa para ahli ekonomi, statistik, fund manager dll ternyata tidak mampu memprediksi terjadinya krisis ekonomi global Tahun 2008". Kejadian masa depan yang diketahui saat ini (diprediksi) bukan sesuatu yang penting. Namun kejadian yang penting adalah "Black Swan" (Nassim, Taleb 2007) yaitu (1) outlier events/peristiwa diluar ekpektasi semua orang (tidak bisa dipredisksi); (2) mempunyai dampak sangat ekstrim; (3) baru setelah peristiwa terjadi orang bisa menjelaskan mengapa terjadi. "Black Swan" bisa negatif dan bisa positif. Harus cerdas melangkah. Lebih lanjut Taleb dalam teorinya mematahkan teori-teori yang sudah mapan yang selama ini diyakini kebenarannya oleh para akademisi. Pada bagian lain Romo Triatmoko menjelaskan dengan gamblang bagaimana peran Heuristic Judgement: Dua Agen pengambil keputusan di benak kita (System 1 & System 2); peranan knowledge management dalam organisasi baik bisnis maupun non bisnis;  The Extreme Future (IT and Network, Biotech, Nanotech, and Neurotech).
Setelah coffee break jam 20.00, terbuka forum tanya jawab, pembagian door prize, dan pada pukul 21.05 acara ditutup penyerahan kenang-kenangan dari MM USD. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh mahasiswa, dosen, tamu undangan yang telah berpartisipasi dalam diskusi ilmiah ini. Kami tunggu partisipasinya di diskusi ilmiah selanjutnya. Masih penasaran dengan keseruan acara "Emerging Management Issues and Challenges  in Global Marketplace"? Foto-foto dibawah ini akan melengkapi MM News kali ini!
-Sekretariat MM USD-



Menyanyikan Hymne Sanata Dharma dilanjutkan doa pembukaan.


Pembawa acara mengenalkan narasumber kepada peserta Diskusi Ilmiah. 


Sesi I: Presentasi dari Narasumber






Matrik "black swans" - kemungkinan terjadi kecil tapi dampaknya sangat tinggi


Para mahasiswa peserta Diskusi Ilmiah




Para peserta diskusi ilmiah.


Bincang-bincang saat coffee break






Bincang-bincang saat coffee break


Sesi II: Q and A




Peserta Diskusi antusias sekali dalam sesi tanya jawab .......


Kaprodi MM USD memberikan kenang-kenangan kepada narasumber.


Foto Bareng Romo B. Bambang Triatmoko, S.J., MA., MBA seusai acara.

<<< kembali

INFORMASI PENERIMAAN MHS BARU MM USD >>>>>
hal. 1  ...  10  11  12  13  14  ... 25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta