Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

SEMINAR NASIONAL "CHINA IN THE NEW ERA AND ECONOMIC GLOBALIZATION” 8 DECEMBER 2018
13 December 2018
SEMINAR NASIONAL "CHINA IN THE NEW ERA AND ECONOMIC GLOBALIZATION” 8 DECEMBER 2018 :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News, Pada 8 Desember 2018 adalah hari yang berbahagia bagi seluruh keluarga besar MM USD karena diselenggarakannya Seminar “CHINA IN THE NEW ERA & ECONOMIC GLOBALIZATION” yang mendiskusikan kemajuan pesat China (era baru Cina), lebih cepat dan lebih luar biasa di berbagai bidang membuat hampir semua negara cemas. Selain itu memperbarui isu-isu strategis dan proyeksi yang terkait dengan apa yang akan dilakukan oleh Cina dan AS sangat diperlukan untuk menghindari efek merugikan serta depresiasi mata uang dari banyak negara bahkan lebih buruk.
 
Dalam hal ini pemerintah, sektor swasta, universitas, dan publik perlu mengantisipasi kehebatan Tiongkok dan menentukan langkah-langkah strategis seperti membangun kerja sama dan bersinergi dengan Cina atau AS. Pemahaman yang baik tentang isu-isu strategis global diharapkan dapat membantu pengambil keputusan strategis di Indonesia untuk menghindari dampak buruk perubahan konstelasi dunia baru dan bahkan menjadikannya momen penting untuk mendapatkan peluang baru yang dapat mempercepat peningkatan ekonomi Indonesia di Indonesia secara berkelanjutan. Beberapa analis mengatakan China akan terus tumbuh, bahkan Cina akan memainkan peran penting (sentral) dalam mengubah tatanan dunia baru. Tidak hanya AS, banyak negara yang bingung tentang bagaimana menangani bisnis dengan China. Membangun aliansi dengan China dan Taiwan lebih relevan daripada dengan negara-negara AS dan Eropa.
 
Bertempat di Ruang Kadarman, Lt.4 Gedung Pusat Universitas Sanata Dharma acara dimoderatori oleh Dr.Titus Odong Kusumajati, MA yang adalah (Wakaprodi MM USD) dan Dr. Lukas Purwoto, M.Si (Kaprodi Program Studi Manajemen USD) dengan diawali menyanyikan Hymne Sanata Dharma, Doa dan Sambutan dari Rektor Universitas Sanata Dharma sekaligus pembukaan seminar. Langsung dilanjutkan dengan Video Sapaan dari  Ambassador Extraordinary and Plenipotentiary for People's Republic of China accredited to Mongolia yaitu Bapak Djauhari Oratmangun selanjutnya diisi dengan presentasi dari Patrick Ziegenhain, Ph.D, Asia- Europe Institute, University of Malaya , Malaysia dengan judul materi “The US-China Trade War and its Implications for ASEAN/Indonesia" lalu Simon Saragih, Wartawan Senior Harian Kompas “Peran Sentral Era Baru China  Dalam Tatanan Dunia Baru Yang Sangat Dinamis” lalu diakhiri pada sesi pertama H.R. Gonang Djuliastono, Wakil Ketua Umum KADIN Yogyakarta “Meningkatkan Peran Pengusaha Indonesia (KADIN) di Era Baru China” sampai pukul 10.30 lalu dilanjutkan dengan coffee break diiringi dengan akustikan dari panitia.

Melanjutkan sesi ke 2 presentasi pertama dari  Dr.Y. Sri Susilo, MSi . Dosen Fakultas Ekonomi UAJY dengan materi  “Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia (Paska Dimulainya Perang Dagang China–AS)” dengan Dr.FA. Joko Siswanto, MM, Dosen  FE USD “Peran Strategis Akuntan Di Era Globalisasi Ekonomi” dan dilanjutkan dengan presentasi terakhir oleh T.Handono Eko Prabowo, MBA, Ph.D;  Dosen MM USD dengan judul “Management in the digital age : Will China Surpass US?”
Peran aktif dari peserta menambah kelancaran berjalannya acara seminar, dipandu dengan MC yang juga tidak kalah keren ditambah dengan doorprize yang menarik membuat waktupun tidak berasa.

Acara selesai tepat pukul 16.30 dengan sesi foto bersama :)
Sampai ketemu di Seminar Nasional 2019!!!


Pendaftaran yang sudah dibuka sejak pukul 07.30.


Sesi pertama dimoderatori oleh Pak Titus, yang juga adalah Wakaprodi dari MM USD.


Peserta tidak hanya dari mahasiswa/i Fakultas Ekonomi, tapi terbuka untuk umum yang juga tertarik dengan materi yang disampaikan.


Selanjutnya sesi tanya jawab dibuka untuk 3 penanya terlebih dahulu di sesi pertama.


Peserta terlihat sangat antusias dengan materi yang dibawakan oleh pembicara.


Oda, mahasiswa dari Program Studi Manajemen yang menyampaikan pertanyaan dan ketertarikannya dengan pembahasan seminar kali ini.


Diselingi dengan doorprize sebelum melanjutkan ke makan siang dan pembahasan Sesi 2. 


Panitia menghibur dengan alunan gitar & keyboard ketika peserta menyantap makan siangnya.


Selamat makan :)


Okta, alumni Program Studi Manajemen USD adalah salah satu mahasiswi yang mengajukan pertanyaan dengan presentasi sesi ke-2.


Tidak lupa diselingi oleh Doorprize menarik yang dibagikan oleh MC.


Mengabadikan setiap kenangan dalam sesi foto bersama :D


Terima kasih untuk semua pembicara atas kesediaan waktunya kali ini :)


Terima kasih untuk semua pembicara atas kesediaan waktunya kali ini :)



Penulis : Tita Rupa
hal. 1  2  3  4  5  ...  18
© 2019 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta