Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

TOURISM SEMINAR WITH DR. JAMES. J. SPILLANE, S.J (TANZANIA)
22 September 2018
TOURISM SEMINAR WITH DR. JAMES. J. SPILLANE, S.J  (TANZANIA) :: Magister Manajemen

Magister Manajemen USD News - Sabtu, 22 September 2018, Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma secara khusus menyelenggarakan Seminar Pariwisata dengan Tema “TOURISM AS AN ATTRACTIVE PROFESSION FOR YOUNG INDONESIANS”  bersama Romo Dr. James Spillane, SJ. Romo Spillane panggilan akrabnya, sejak tahun 1980 beliau aktif di bidang pariwisata. Beliau sukses mendirikan P3PAR USD (Pusat Penelitian dan Pengembangan Pariwisata), banyak terlibat di ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies), PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), dan dalam 9 tahun terahir berhasil mendirikan Tourism and Hospitality Management di St. Augustine University of Tanzania [SAUT] di Mwanza, Tanzania. Di Seminar ini, Romo Spillane berhasil memikat para mahasiswa MM USD, Mahasiswa  S1 dan sejumlah tamu undangan untuk mengenal lebih jauh betapa menariknya Profesi di industri pariwisata. Pada bagian lain, Kaprodi MM USD menyatakan optimisme terhadap keberhasilan rencana dibukanya Program MM USD dengan Konsentrasi Tourism Management di Sem II TA 2018/2019 (Feb 2019). Program ini sangat cocok diikuti bagi mereka  yang mempunyai pendidikan D IV Pariwisata (kepariwisataan), S1 Ekonomi Bisnis, dan S1 lainnya.

Secara umum seminar berjalan dengan lancar dan sukses. Dimulai denganr egistrasi peserta seminar terdiri dari Para Dosen, Mahasiswa/i Universitas Sanata Dharma dan Tamu dari Akademisi Perguruan Tinggi lainnya, pengantar pembukaan seminar dibacakan  Injil Matius tentang “Penghakiman Terakhir” lalu Doa Pembuka yang dipimpin oleh Mahasiswa MM asal Papua Barat yaitu Beni Taborat, menyanyikan Hymne Universitas Sanata Dharma dan dilanjutkan  sambutan dari Kaprodi MM USD.

Sebelum waktu benar-benar diberikan kepada Rm. Spillane (sapaan akrab kepada Rm.James Spillane) pembawa acara yaitu Cesa & Ivan membacakan CV  Romo Dr.James J. Spillane, S.J sebagai pribadi yang sangat-sangat menyenangkan untuk diketahui bersama-sama. Romo memulai berkarya di Indonesia sebagai Dosen  di Universitas Sanata Dharma ketika itu masih bernama IKIP Sanata Dharma sejak 1977-sekarang. Rm.Spillane bergabung/berafiliasi dengan 6 Organisasi seperti American Education Research Association (AERA), International Association of Scientific Experts in Tourism (AIEST), International Society of Business , Economics and Ethics (ISBEE), International Association of Jesuit Business Schools (IAJBS), Pontifical Academy of Social Sciences and Who’s Who in The World (2007 edition). Rm Spillane menulis beberapa artikel dan buku dalam Bahasa Indonesia & Inggris khususnya tentang Komoditas Ekspor Indonesia, Management Of Travel Agents. Lebih hebat lagi Rm.Spillane juga menguasai beberapa Bahasa seperti Inggris, Indonesia, Italia, Spanyol dan sejak 1996 telah menjadi Warga Negara Indonesia sebagai bentuk kecintaannya kepada Indonesia.

Dalam presentasinya di sesi 1 yang begitu menarik beserta share pengalamannya, Romo Spillane menjelaskan dengan komprehensif mengenai Pariwisata secara umum kemudian masuk ke profesi di bidang kepariwisataan selama kurang lebih 80 menit. Sebelum sesi 2 seluruh peserta seminar disediakan coffee break selama kurang lebih 15 menit di Ruang Baca/Kantin Kejujuran MM USD. Pada sesi 2  Romo Spillane melanjutkan penjelasan mengenai bagaimana pengelolaan Food & Beverage Industry. Pada sesi ini dilanjutkan dengan Question & Answer (QA) dari para peserta, kesan dan pesan selama mengikuti Seminar.

Acara Seminar yang berlangsung dengan lancar dan sukses ini berakhir pada pukul 12.40 WIB diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari Kaprodi MM USD kepada Rm. James Spillane, SJ dan Doa Penutup yang dipimpin oleh Goda mahasiswi MM USD asal Kalimantan Barat dan foto bersama dengan penuh keakraban.

Terima kasih Romo Spillane, selamat melanjutkan berkarya di SAUT Tanzania, semoga sehat selalu dan Juni 2019 Romo Spillane telah kembali dan bertugas menetap di MM USD mengembangkan kepariwisataan Indonesia.




Mengawali Seminar - Bacaan Injil Matius tentang “Penghakiman Terakhir”


Doa Pembuka oleh Beni, mahasiswa MM asal Sorong, Papua Barat. 


Sambutan dari Kaprodi MM USD Tiberius Handono Eko Prabowo, MBA, Ph.D.


Peserta seminar yang semangat meskipun hari ini adalah hari Sabtu


Romo James Spillane, SJ menjelaskan secara menarik tentang kekayaan Pariwisata Indonesia khususnya Jogjakarta dan sekitarnya.


Kedua MC -- menjadikan acara seminar penuh sukacita dan semangat yang membara-bara.



Peserta tidak hanya dari Mahasiswa/i tapi juga ada para Dosen, termasuk Dosen Tamu  Dr.Dick Sibbernsen dari Chicago USA.


Antusiasme para peserta seminar mengikuti penjelasan Rom Spillane.


Waktunya istirahat, eksis dulu yaa kakak-kakakk :D


Frando - salah satu peserta seminar yang juga pelaku Tour Guide sharing pengalamanya dan mengajukan pertanyaan.


Kenang-kenangan dari MM USD kepada Rm.Spillane :)


Akhir seminar yang menggembirakan :)












Penulis : Tita Rupa
hal. 1  ...  2  3  4  5  6  ... 25
© 2024 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta