Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

GREEN ENTREPRENEURSHIP TRAINING ANGKATAN 7 (HARI KE-4)
12 June 2018
GREEN ENTREPRENEURSHIP TRAINING ANGKATAN 7 (HARI KE-4) :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News-Pada hari ke-4 GET, peserta GET mendapatkan tambahan materi ilmu dari empat pembicara yang berbeda. Di sesi pertama, materi pengelolaan sumber daya manusia (SDM) disajikan oleh Bapak T.Handono Eko Prabowo, MBA., PhD. yang menjelaskan bahwa dalam menjalankan bisnis, seorang pengusaha harus melakukan hal yang inovatif dalam manajemen modern SDM dan organisasi, supaya dapat menghadapi perubahan dalam persaingan bisnis yang sangat dinamis dan siap menghadapi ketidakpastian. Kemampuan dan seni dalam memimpin organisasi dan manajemen SDM sangat diperlukan untuk menghadapi permasalahan dalam bidang SDM yang selalu berubah dan sesuai dengan kebutuhan bisnis saat itu.

Selanjutnya, sesi ke dua pemaparan materi oleh Bapak Drs. A. Triwanggono., MS. terkait dengan visi, misi dan motivasi yang penting bagi suatu bisnis dalam merumuskan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang serta strategi-strategi dan taktik-taktik untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu nilai-nilai dalam suatu bisnis akan mendasari kegiatan bisnis itu sendiri misalnya nilai etis, jujur, ramah lingkungan, inovatif, berbela rasa dan dipercaya.
       
Sesi ke tiga yang disajikan oleh Romo Dr. Matheus Mali, CssR. yang menekankan peran penting etika dalam bisnis terutama etika bisnis dalam Gereja Katholik yang lebih menekankan nilai kasih dan berbuat baik bagi sesama. Etika dibutuhkan untuk membuat usaha menjadi baik dan jelas dengan mempelajari baik dan buruknya bisnis ekonomi. Dasar dilakukannya bisnis adalah memajukan kesejahteraan umum yang mencakup orang banyak. Oleh karena itu, ciri kegiatan bisnis yang baik adalah jujur, tidak merugikan, tidak menindas dan tidak memaksa orang lain. Sehingga keuntungan bukan sebagai tujuan dari usaha melainkan sebagai suatu konsekuensi dari kegiatan bisnis yang dilakukan.

Pemaparan tentang spiritual Laudato Si yang disampaikan pada sesi terakhir oleh Romo Dr. P. Wiryono Priyotamtomo, SJ. mengingatkan bahwa dalam bisnis harus tetap memperhatikan unsur 3P (Planet, People, Profit) yaitu melakukan kegiatan bisnis untuk menghasilkan kekayaan dan memperbaiki dunia bagi semua. Melakukan kewirausahaan merupakan bagian rahmat Tuhan yang harus diwujudkan dalam tindakan yang nyata dengan merubah tindakan ego-centris menjadi eco-centris, dan membentuk kesadaran manusia untuk tidak melakukan eksplorasi besar-besaran terhadap planet bumi.


Foto bersama Pak T.Handono Eko Prabowo, MBA., PhD

Foto bersama Pak Drs.A.Triwanggono.,MS.

Foto bersama Romo Dr.Matheus Mali, CssR

Foto bersama Romo Dr. P. Wiryono Priyotamtomo, SJ


Notulensi         : Ocha, Dyah Arif

Perangkum      : Fretty

Editor              : Ricky Lawoliyo

hal. 1  2  3  4  5  ...  16
© 2018 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta