Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS

BERITA

GREEN ENTREPRENEURSHIP TRAINING ANGKATAN 7 (HARI KE-2)
11 June 2018
GREEN ENTREPRENEURSHIP TRAINING ANGKATAN 7 (HARI KE-2) :: Magister Manajemen
Magister Manajemen USD News- Kamis, 07 Juni 2018 adalah hari ke 2 untuk GET 7. Sesi pertama dimulai dengan materi Review Pengembangan Produksi/Operasi yang disampaikan oleh Drs. Maria Sulastiningsih, Akt. Sebagai seorang praktisi dalam bisnis beliau membagi line bisnis menjadi 3 yaitu produksi, distribusi dan pemasaran. Pengusaha yang mengerjakan 3 hal ini tidak akan bertahan lama, karena sistem pekerjaan setiap line ini sangat berbeda dan kompleks serta butuh konsentrasi yang tinggi. Untuk itu harus konsentrasi atau fokus di 1 bagian saja. Dalam menentukan bisnis untuk masuk ke Blue ocean dan red ocean, secara tegas beliau menyatakan bahwa para pebisnis seharusnya berada pada Blue Ocean di mana persaingan bisnis di sini tidaklah banyak. Pebisnis yang bermain di area Bule Ocean ini adalah para pebisnis yang selalu berinovasi dan mereka yang pandai mencari “Gap/Mis-Market” sedangkan untuk area red Ocean sendiri di gambarkan dengan persaingan yang “berdarah-darah” bisnis ini sudah banyak pesaingnya dan tentunya memerlukan modal yang besar pula.

Proyek bisnis baik sosial maupun yang bukan sosial (meskipun indikatornya berbeda) harus menguntungkan. Perlu melihat produknya apa dan mau dibawa ke mana bisnis itu. Jangan hanya asal berbisnis saja, jika berada pada red ocean harus tahu bagaimana mengubahnya menjadi blue ocean, yaitu menemukan “celah” dari bisnis tersebut, karena sedikit berbeda lebih baik daripada sedikit lebih baik. Trend saat ini adalah back to nature dan Created value adalah blue ocean di mana marketing menciptakan demand (market share-nya) dan branding adalah jati diri konsumen.

Dua sesi selanjutnya disampaikan oleh Ferry Jusuf ketua PUKAT (Pelaku Usaha Katolik Terikat) Indonesia dengan topik all about marketing selling. Membangun bisnis sama dengan menanam benih, apa yang kita tanam itu yang kita tuai. Dalam proses bisnis yang benar ada fase yang harus dilalui: (a) fase mengakar atau membangun fondasi usaha, (b) fase bertunas atau merawat bisnis dan memberikan serta memastikan kegiatan-kegiatannya, (c) fase bertumbuh atau harus diberi pupuk dengan pengetahuan dan skill serta membangun relasi yang lebih banyak, (d) Fase berbuah atau bisnis berjalan dan menghasilkan. Jalankan bisnis dengan cara yang benar, jika sudah sampai ke puncak kesuksesan, turun dan tinggalkan jejak dengan berbagi ilmu supaya orang lain dapat sukses juga dan membangun kesejahteraan dan kesuksesan bersama.

Foto bersama pemateri Dra. Maria Selastiningsih, Akt

Foto Bersama Pak Ferry Jusuf Ketua PUKAT (Pelaku Usaha Katolik Terikat) Indonesia



Penulis : Ocha, Arief dan Dyah

Editor: Ricky Lawoliyo

hal. 1  2  3  4  5  ...  15
© 2018 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta