Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS
1

Berita

 Pengumuman

Studi Lapangan: Pengelolaan Desa wisata Pulewulung dan Pulesari Mahasiswa Program MMIT.
03 December 2022
Studi Lapangan: Pengelolaan Desa wisata Pulewulung dan Pulesari Mahasiswa Program MMIT. :: Magister Manajemen

Studi Lapangan: Pengelolaan Desa wisata Pulewulung dan Pulesari Mahasiswa Program MMIT.

Hari Jum’at, tanggal 2 Desember 2022, mahasiswa peserta Program Magister Management in International Tourism (MMIT), Universitas Sanata Dharma melakukan studi lapangan ke Desa Wisata Pulewulung dan Pulesari. Selama di lapangan mereka didampingi oleh Romo Antonius Sumarwan, S.J., S.S., M.M., Ph.D. , dosen pengampu mata kuliah Marketing Management in the Hospitality Industry.

Desa Wisata Pulewulung menawarkan wisata edukatif yang berkaitan dengan budidaya tanaman salak, dan Desa Wisata Pulesari menawarkan wisata edukatif tentang pengelolaan lingkungan dan tata kehidupan masyarakat setempat.

Diantara peserta studi lapangan adalah lima mahasiswa dari Tanzania, yaitu Prosper W Mmari, Nickson Mwinuka, Willium Msilu, Maryness Patrick dan Pabhiano Edward.

Sekilas tentang studi di Desa Wisata Pulewulung bisa dilihat pada tautan website Desa Wisata Pulewulung ini.

 
selengkapnya >>
 
Kuliah Bersama Praktisi MM USD: Menelisik Kasus Jiwasraya Dalam Perspektif Etika Bisnis.
03 December 2022
Kuliah Bersama Praktisi MM USD: Menelisik Kasus Jiwasraya Dalam Perspektif Etika Bisnis.   :: Magister Manajemen Program Studi Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta kembali mengadakan program “Kuliah Umum Bersama Praktisi”. Sebagai bagian dari perkuliahan Etika Bisnis dengan dosen pengampu Romo Antonius Sumarwan, SJ, S.S., M.M., Ph.D, kuliah umum ini memberikan pandangan kepada hadirin mengenai permasalahan keuangan yang dihadapi Jiwasraya dengan judul “Menelisik Kasus Jiwasraya Dalam Perspektif Etika Bisnis.” Kuliah umum bersama praktisi dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi para mahasiswa agar tidak hanya belajar teori dan berdiskusi dalam ruang kelas, namun juga mengetahui langsung dari praktisi tentang bagaimana teori-teori tersebut diimplementasikan pada ruang kerja sebenarnya. Dengan demikian, pemahaman mahasiswa menjadi lebih komprehensif. Kegiatan kuliah umum kali ini juga diperuntukan bagi seluruh anggota lingkup Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam kasus Jiwasraya. Kuliah dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform zoom meeting yang berlangsung pada Senin, 28 November 2022.
 
selengkapnya >>
 
Implementasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Keberlanjutan Organisasi
03 December 2022
Implementasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Mendukung  Keberlanjutan Organisasi :: Magister Manajemen

Saat ini sudah banyak organisasi yang mengganti nama dari Human Resource Management menjadi Human Capital Management. Hal tersebut terjadi karena berkembangnya pola pikir bahwa manusia dalam organisasi, dalam konteks ini adalah karyawan, bukan lagi menjadi resources atau sumber daya yang terus diperas; namun lebih dari itu, mereka adalah capital atau aset yang senantiasa harus dijaga dan dikembangkan sebagai sebuah investasi.

Fenomena ini juga diyakini oleh PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA), salah satu leading company di Indonesia. BCA merupakan perusahaan dengan peringkat keempat terbesar di Indonesia dan peringkat pertama sebagai bank swasta terbesar di Indonesia. BCA sebagai perusahaan besar juga senantiasa menempatkan karyawan dalam posisi yang penting. Oleh karena itu, belajar mengenai pengelolaan SDM dari BCA akan menjadi hal yang menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Berangkat dari fenomena tersebut, perkuliahan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Program Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma (Prodi MM) yang diampu oleh Romo Antonius Sumarwan, SJ, S.S., M.M., Ph.D, dan Januari Ayu Fridayani, M.M. mengundang praktisi dari BCA untuk berbagi inspirasi mengenai pengelolaan SDM-nya. Djie Agustinus Gunarso Kurniaji, S.E., M.M. (Pak Gun) selaku Kepala Urusan Pengembangan SDM BCA Wilayah II hadir sebagai pembicara dalam kuliah bersama praktisi pada hari Sabtu, 12 November 2022 pukul 09.00-11.30 WIB.

 
selengkapnya >>
 
Budaya Literasi di Kalangan Pelajar
27 July 2022
Budaya Literasi di Kalangan Pelajar
By Odemus Bei Witono SJ - July 21, 2022

Badan PBB, UNESCO pada tahun 2016 menyebutkan bahwa Indonesia mempunyai skor indeks yang buruk soal literasi dunia. Minat baca di Indonesia tercatat hanya 0,001 %, artinya dari 1000, hanya 1 orang saja yang rajin membaca. Presentasi literasi yang minim, rupanya berbanding lurus dengan hasil PISA tahun 2019, yaitu Indonesia berada di urutan papan bawah.  Presentasi UNESCO dan hasil PISA 2019 sungguh memprihatinkan, karena hal itu terjadi di tengah hiruk pikuk penggunaan handphone pintar yang semakin canggih. Banyak orang bisa berjam-jam di depan HPnya untuk melihat konten-konten atau pesan-pesan singkat yang menarik, tetapi mereka tidak terdorong kuat untuk membaca e-book yang sangat mudah didapatkan.
Pembudayaan literasi di kalangan pelajar perlu dihidupkan dan dikembangkan secara optimal. Para guru, perlu memotivasi peserta didik secara khusus agar mereka berhasrat meningkatkan kualitas membaca, dan menulis dalam ruang pembelajaran. Para guru dalam komunitas pendidikan perlu menciptakan budaya literasi yang kuat.
 
Untuk membaca artikel selengkapnya klik disini. Odemus Bei Witono SJ adalah alumni Program Studi Magister Manajemen Universitas Sanata Dharma dan saat ini menjabat sebagai Direktur Perkumpulan Strada.
 
selengkapnya >>
 
Kunjungan Dr. Nao Tanaka, Executive Director Asian People’s Exchange (APEX), Tokyo, Japan.
07 July 2022
Kunjungan Dr. Nao Tanaka, Executive Director Asian People’s Exchange (APEX), Tokyo, Japan. :: Magister Manajemen

Kunjungan Dr. Nao Tanaka, Executive Director Asian People’s Exchange (APEX), Tokyo, Japan.

Hari ini Prodi MM USD menerima kunjungan Dr. Tanaka, yang beberapa hari sebelumnya melalui narahubung-nya di Indonesia menyampaikan keinginannya untuk berdiskusi dengan Dr. Titus Odong Kusumajati mengenai perkoperasian di Indonesia, dan juga ingin memperoleh tanggapan atas gagasannya mengenai Universal Cooperative dan Stock Company with Universal Stock.

Dr. Tanaka mempresentasikan latar belakang pemikirannya tentang bagaimana mengatasi masalah kemiskinan dan ketidakadilan, permasalahan lingkungan hidup, dan masalah dehumanisasi. Beliau menekankan tentang pentingnya nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Nilai-nilai tersebut, yang selama ini sudah menjadi pegangan gerakan koperasi perlu tetap dijaga kehadirannya, walaupun implementasinya harus mengikuti dinamika perkembangan jaman. Solidaritas global, menurut gagasan Dr. Tanaka, kemungkinan bisa  diwujudkan melalui kehadiran Universal Cooperative dan Stock Company with Universal Stock.

 
selengkapnya >>
 
 
Webinar tentang Peran Kunci Kepemimpinan Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah.
09/08/2022 06:49 WIB
PENERIMAAN MAHASISWA BARU PRODI MAGISTER MANAJEMEN T.A. 2022/2023
10/02/2022 15:38 WIB
Reminder untuk semua mahasiswa:BATAS WAKTU PEMBAYARAN SKS SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021/2022
04/10/2021 08:16 WIB
Implementasi PPKM Level 3 di USD (Lanjutan)
21/09/2021 02:53 WIB
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU MM USD, LULUS SELEKSI TANGGAL 28 JULI 2021
28/07/2021 06:48 WIB
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU MM USD, LULUS SELEKSI TANGGAL 21 JULI 2021
28/07/2021 06:46 WIB
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU MM USD, LULUS SELEKSI TANGGAL 7 JULI 2021
09/07/2021 06:57 WIB
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU MM USD, LULUS SELEKSI TANGGAL 25 JUNI 2021
28/06/2021 03:10 WIB
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU MM USD, LULUS SELEKSI TANGGAL 16 JUNI 2021
17/06/2021 02:05 WIB
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI MAHASISWA BARU MM USD, LULUS SELEKSI TANGGAL 8 JUNI 2021
10/06/2021 05:39 WIB

 Agenda

Testimonial

Domingas Soares Maia Tavares
22 March 2016 20:07:05
Testimonial :: EEC USD

Kesan selama berkuliah di MM USD: Agradeço muito porque estou aqui no MM USD. “DIVERSIDADE BRILHO AQUI (DIVERSITY SHINE HERE)”. Selain mendapatkan ilmu yang sangat berguna bagi masa depan, saya juga mendapatkan ... selengkapnya >>

 
Agustinus Herwanto
23 March 2016 17:19:32
Testimonial :: EEC USD

MM USD menawarkan konsep edukasi yang kritis dan humanis. Lingkungan MM USD tidak hanya sebatas ruang kelas yang menjadi ruang akademis, namun meluas ke sudut-sudut ruang sebagai media dan interaksi dialogis: membangun relasi dan bertukar ... selengkapnya >>

 
testimonial lainnya >>
 
Total Pengunjung: 1122239
2 user(s) online.

                                 

 
© 2022 - Magister Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta