<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

Akuntansi : Kuliah Umum Penataan Akuntansi dan Audit
Ekonomi Akuntansi | 1 25 November 2015
Akuntansi : Kuliah Umum Penataan Akuntansi dan Audit :: Ekonomi Akuntansi
Program Studi Akuntansi Universitas Sanata Dharma mengadakan Kuliah Umum Akuntansi dan Audit dengan judul Akuntansi Telkom dan Minat Audit Internal pada tanggal 21 November 2015 Ruang K.52, Fakultas Ekonomi, Kampus 2 Universitas Sanata Dharma, Mrican, Yogyakarta.

Kuliah umum pada hari ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. Joko Siswanto, MM., Akt., QIA. selaku Kepala Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA). Pembicara dalam kuliah umum ini adalah Prof. Dr. Hiro Tugiman, Ak.,QIA., CRMP., CA. yang saat ini berkegiatan sebagai Guru Besar Universitas Telkom, Dewan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (DS-QIA), sejak tahun 1996, Pengurus Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPAI), sejak tahun 2001, dan mengajar di beberapa peruguruan antara lain : Univ. Padjadjaran, Univ. Widyatama, Univ. Gunadharma, IBII, Univ. Sanata Dharma Yogyakarta, Univ. Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Dalam pembahasan, Prof. Hiro menjelaskan apa yang harus dilakukan mahasiswa setelah lulus S1, gelar-gelar dan sertifikasi apa saja yang dapat diperoleh. Kuliah umum ini lebih membahas mengenai pentingnya peran auditor internal dalam perusahaan. Banyaknya kasus-kasus kecurangan dalam pelaporan keuangan membuat dibentuknya komite audit di setiap perusahaan. Menurut penjelasan Prof. Hiro, Beliau merupakan salah satu orang yang telah menyarankan untuk dibentuknya Komite Audit dalam perusahaan sejak tahun 1995. Sampai pada tahun 2002, BUMN mewajibkan adanya Komite Audit dalam perusahaan. Komite Audit tersebut haruslah independen dan netral terhadap Auditor Internal dan Eksternal.

Kuliah umum ini diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa program studi akuntansi untuk lebih mempersiapkan diri menjadi seorang akuntan yang menjaga kredibiltasnya dan semakin menambah pengetahuan mahasiswa dalam bidang akuntansi dan audit. (EHY)

lihat berita Ekonomi Akuntansi lainnya>>
hal. 1  

Kontak Kami

Sekretariat FE USD
Universitas Sanata Dharma,
Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY 55281
E-mail: fe@usd.ac.id
Telp: (0274) 513301 ex 1309
WA: 081328666553