<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

PENGARUH KOMPETENSI, KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA GURU
Magister Manajemen | 39 27 October 2023
PENGARUH KOMPETENSI, KEDISIPLINAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI: STUDI PADA GURU TETAP PERWAKILAN SURABAYA 2YAYASAN YOHANNES GABRIEL

Dominicus M. Rudi S,H. dan Herry Maridjo, Universitas Sanata Dharma, IndonesiaEmail: domiprojo@gmail.com, herrym@usd.ac.id

Dalam organisasi pendidikan yang bersifat nonprofit, pengelolaan SDM sangat diperlukan untuk pencapaian tujuan organisasi yaitu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berkaitan dengan hal itu, guru menjadi ujung tombak pelaku pendidikan di sekolah. Guru juga dituntut dapat memberikan kinerja terbaiknya untuk kepentingan generasi muda di masa kini dan masa yang akan datang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung kompetensi terhadap kinerja guru,pengaruh secara langsungkedisiplinan terhadap kinerja guru,pengaruh secara langsunglingkungan terhadap kinerja guru, pengaruhkompetensi terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh komitmen organisasional, pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh komitmen organisasional, pengaruh lingkungan terhadap kinerja guru dengan dimediasi oleh komitmen organisasional.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus. Teknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada seluruhguru tetap Perwakilan Surabaya 2 Yayasan Yohannes Gabriel. Jumlah responden dalam penelitian ini 99 orang. Teknik analisis data menggunakan PLS dengan software smart PLS.

Hasil penelitian ini menunjukkan Kompetensi secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Kedisiplinan secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Lingkungan secara langsung berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru. Kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian oleh komitmen organisasional. Kedisiplinan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian oleh komitmen organisasional..Lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian oleh komitmen organisasional.

Kompetensi secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru, Kedisiplinan secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Lingkungan secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian (partial mediation) oleh komitmen organisasional. Kedisiplinan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasi sebagian (partial mediation) oleh komitmen organisasional. Lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja dengan dimediasisebagian (partial mediation) oleh komitmen organisasional. Artikel selengkapnya silahkan klik disini.
lihat berita Magister Manajemen lainnya>>
hal. 1  

Kontak Kami

Sekretariat FE USD
Universitas Sanata Dharma,
Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY 55281
E-mail: fe@usd.ac.id
Telp: (0274) 513301 ex 1309
WA: 081328666553