<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

Team Building Games: Stimulus Bagi Mahasiswa Baru Prodi MM USD
Magister Manajemen | 39 14 September 2023
Team Building Games: Stimulus Bagi Mahasiswa Baru Prodi MM USD :: Magister Manajemen
Team Building Games: Stimulus Bagi Mahasiswa Baru Prodi MM USD
Ditulis oleh Pande Putu Yuda Raditya Gunasta Putra, Mahasiswa PRP 2022
 
Prodi Magister Manajemen (MM) Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta telah usai melaksanakan kegiatan orientasi studi untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan orientasi studi ini dinamai dengan Pra-MM yang bertujuan untuk mempersiapkan pengetahuan para mahasiswa baru yang berasal dari berbagai latar belakang sebelum mulai memasuki perkuliahan secara reguler. Kegiatan Pra-MM berlangsung dari senin 28 agustus 2023 hingga senin 4 september 2023. Kegiatan berlangsung selama satu minggu dengan jeda di hari minggu. Dimulai dari hari senin hingga sabtu Pra-MM dilaksanakan di ruang video conference MM USD, dan yang menjadi unik pada Pra-MM USD tahun ini adalah diadakannya games team building pada hari sabtu di halaman parkir MM USD. Jadi apa sebenarnya games team building itu? lalu apa manfaatnya untuk mahasiswa baru MM USD? pada tulisan ini akan diuraikan singkat tentang jawaban dari kedua pernyataan tersebut.
 
Memahami games team building dapat dimulai dari memahami apa itu team building. Team building adalah upaya yang dilakukan untuk membangun hubungan yang baik dalam suatu tim dalam organisasi. Hubungan yang baik dapat tercermin dari tingkat solidaritas yang dimiliki oleh tim tersebut. Semakin tinggi tingkat solidaritas pada suatu tim maka semakin erat pula hubungan antar anggota tim dan begitu juga sebaliknya. Tentu dibuatnya team building untuk meningkatkan efektifitas serta efisiensi organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya. Maka games team building merupakan permainan yang didesain untuk menguatkan interaksi komunikasi antar peserta games guna memupuk solidaritas dalam tim.
 
Karena games team building didesain untuk menguatkan interaksi komunikasi antar peserta games, games ini dibuat sedemikian rupa agar tidak banyak mengeluarkan tenaga. Games team building menuntut peserta dalam tim harus saling berinteraksi satu sama lain agar solid dan dapat menyusun strategi yang efektif untuk dapat memenangkan games. Efek dari games inilah yang akan memberikan pengalaman kepada para mahasiswa baru MM USD bagaimana cara menciptakan komunikasi yang kuat dalam tim dan merancang suatu strategi untuk mencapai tujuan. Selain itu , games team building dapat menciptakan suasana yang ceria dan gembira sehingga mahasiswa baru MM USD dapat lebih mengenal teman-teman baru mereka dan menjalin keakraban satu sama lain. Terciptanya keakraban diantara mereka dapat memberikan efek positif saat perkuliahan berupa suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan sehingga jika ada mahasiswa yang mulai gusar dalam perkuliahaan akan diberi dorongan penyemangat oleh rekan mahasiswa lainnya. Dengan begitu mahasiswa baru dapat dipastikan mengikuti perkuliahan dengan nyaman di MM USD.
 
Saat games berlangsung mahasiswa baru MM USD dibagi menjadi enam kelompok yang terdiri dari masing-masing tujuh orang dalam satu kelompok. Mereka mendapat 4 games team building, diantaranya; eat bulaga, paper transfer, rope transfer, dan move the nails. Pada games eat bulaga peserta harus menebak kata yang sudah disiapkan panitia dan peserta lainnya dalam satu tim hanya boleh menjawab dengan kata ; “ya”, “tidak”, dan “bisa jadi”. Games paper transfer mengharuskan peserta memindahkan kertas dari start hingga finish menggunakan sumpit. Rope transfer hampir sama dengan paper transfer, tetapi peserta kali ini memindahkan tali yang sudah disimpul dari start hingga finish dengan keadaan peserta saling berpegangan tangan satu sama lain. Games terakhir lebih menuntut konsentrasi dan kekompakan karena peserta harus memindahkan sepaku payung dari start hingga finish hanya dengan menggunakan 2 utas tali prusik.
 
lihat berita Magister Manajemen lainnya>>
hal. 1  

Kontak Kami

Sekretariat FE USD
Universitas Sanata Dharma,
Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY 55281
E-mail: fe@usd.ac.id
Telp: (0274) 513301 ex 1309
WA: 081328666553