<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

Visiting Lecturer Prodi Manajemen FE USD x FE UST
Ekonomi Manajemen | 2 25 March 2023


Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma bekerja sama dengan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiayata Tamansiswa melaksanakan program Visiting Lecturer selama dua hari yaitu pada tanggal 7 - 8 Juni 2022. Kegiatan Visiting Lecturer ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut MoU dan MoA antara Fakutas Ekonomi UST dan Fakultas Ekonomi USD. Dalam hal ini tim dosen dari Prodi Manajemen FE Universitas Sanata Dharma yang terdiri dari Christina Heti Tri Rahmawati, S.T., M.Sc, Fransisca Desiana Pranatasari, S.E. M.M, Drs. P. Rubiyatno, M.M., dan Ima Kristina Yulita, M.Sc. mendapat kesempatan untuk menjadi narasumber dalam mata kuliah Perbankan dan Lembaga Keuangan di Prodi Manajemen FE Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Adapun materi yang disampaikan pada dua hari tersebut adalah Manajemen Keuangan Personal, Literasi Keuangan dan Financial Technology (Fintech), Mengelola Utang, serta Keluarga Mandiri Finansial.



Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan dihadiri oleh sekitar 105 mahasiswa Prodi Manajemen FE Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Adapun acara dalam setiap pertemuan terdiri dari empat sesi yaitu pembuka oleh dosen pengampu mata kuliah Perbankan dan Lembaga Keuangan di Prodi Manajemen FE Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yakni Bapak Eko Yulianto, S.T., M.B.A. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh narasumber dari dosen Prodi Manajemen FE Universitas Sanata Dharma, tanya jawab, dan diakhiri dengan penutup. Setiap penyampaian materi disertai dengan kuis untuk mengecek sejauh mana pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan. Lima peserta dengan skor terbaik mendapatkan nilai partisipasi dari dosen pengampu mata kuliah. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti kuliah karena berkaitan erat dengan kehidupan mereka sehari-hari. Dalam hal ini peserta diajak melihat kembali bagaimana praktek pengelolaan keuangan yang selama ini telah dilakukan. Selain itu, peserta diingatkan kembali perlunya membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Hal ini karena setiap bulan selalu ada program diskon yang ditawarkan oleh beberapa marketplace dan terdapat tawaran yang memudahkan pembayaran seperti memakai fasilitas paylater yang merupakan perkembangan dari teknologi keuangan.  Namun dalam hal ini, tetap perlu mengingat kemampuan keuangan masing-masing orang agar tidak terjebak dalam hutang.



Kegiatan Visiting Lecturer ini sangat berguna karena dapat saling menambah informasi dan wawasan baik bagi mahasiswa maupun dosen. Selain itu, kegiatan ini juga dapat sebagai bentuk pengabdian bagi dosen untuk dapat berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memperluas pengetahuan bagi mahasiswa. Adanya manfaat yang cukup besar bagi mahasiswa dan dosen dengan adanya kegiatan Visiting Lecturer ini, harapannya kegiatan ini dapat tetap berlanjut pada semester berikutnya sehingga dapat memberikan hasil yang signifikan terhadap meningkatnya mutu pendidikan di Program Studi dan Perguruan Tinggi. (cht/iky)



lihat berita Ekonomi Manajemen lainnya>>
hal. 1  

Kontak Kami

Sekretariat FE USD
Universitas Sanata Dharma,
Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY 55281
E-mail: fe@usd.ac.id
Telp: (0274) 513301 ex 1309
WA: 081328666553