Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

WEBINAR: PERAN WHISTLE BLOWING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERFORMANCE & REPORTING
F.EKO | 0 08 May 2021
FE News, 8 Mei 2021, Fakultas Ekonomi USD bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyakat (LPPM) USD berencana menyelenggarakan Webinar Sanata Dharma Berbagi –mengangkat tema ““PERAN WHISTLE BLOWING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERFORMANCE dan REPORTING”, pada Jumat 21 Mei 2021. Webinar direncanakan menghadirkan tiga narasumber: Dr. Firma Sulistiyowati, M.Si., Ak., CA., QIA.; Gabriel Anto Listianto, Ph.D., Ak.; Dr. Yusef Widya Karsana, M.Si., Ak., CA., QIA; moderator Nicko Kornelius Putra, M.Sc. Webinar ini terbuka bagi dosen, mahasiswa, alumni USD dan umum yang bisa akses melalui zoom atau Live Streaming Kanal Youtube HUMAS USD.

ONLINE WEBINAR by ZOOM
Pendaftaran untuk peserta ZOOM melalui Google Form:
http://bit.ly/webinarEkonomi21Mei

LIVE STREAMING melalui Kanal Youtube HUMAS USD:
https://bit.ly/sadharberbagi21Mei2021  


Dr. Firma Sulistiyowati, M.Si., Ak., CA., QIA.
“Pelaporan Pelanggaran Internal: Peran Whistle Blowing System dan Kepemimpinan Autentik”
Sejak mencuatnya skandal pelaporan pelanggaran internal di perusahaan Enron dan Wordcom, whistle blowing menjadi isu yang menarik perhatian global. Kasus “Papa minta saham” yang terjadi di Indonesia juga tak kalah menghebohkan publik. Isu interdisipliner yang memadukan bidang akuntansi dengan teori organisasi dan psikologi tersebut menjadi salah satu fokus kajian bagi para akademisi dalam mengembangkan riset akuntansi manajemen. Banyak faktor yang mempengaruhi individu untuk melakukan internal whistle blowing. Webinar ini akan mengkaji dua faktor yang dipandang signifikan dalam mendorong kecenderungan individu untuk melaporkan pelanggaran yang terjadi dalam organisasi, yaitu keberadaan whistle blowing system (WBS) dan kepemimpinan autentik.

Gabriel Anto Listianto, Ph.D., Ak.
“Adopsi Kecanggihan Pelaporan Internet dan Kinerja Perusahaan Publik“
Selama masa pandemi dan mungkin sesudah pandemi, penggunaan internet merupakan keharusan dalam belajar, berkerja dan berbisnis. Sebelum pandemi, penggunaan internet merupakan sebuah pilihan, termasuk bagi perusahaan, sebagai media komunikasi. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi perusahaan publik untuk mengadopsi pelaporan internet yang canggih (sophistication of internet corporate reporting) merupakan salah satu pertanyaan yang hendak dijawab. Selain itu, apakah adopsi tersebut akan mempengaruhi transparansi dan kinerja perusahaan publik di Indonesia juga menjadi pertanyaan lanjutan yang hendak dipaparkan jawabannya dalam webinar ini.

Dr. Yusef Widya Karsana, M.Si., Ak., CA., QIA.
“Kontrol Keluarga, Governance dan Kualitas Informasi pada Perusahaan Publik”
Perkembangan ekonomi negara sangat tergantung dari tingkat pertumbuhan investasi, baik investasi riil maupun investasi tidak langsung yang dilakukan melalui pasar modal. Kepercayaan masyarakat tentang kualitas informasi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan minat investasi bagi para investor dan selanjutnya berpengaruh terhadap terciptanya iklim investasi suatu negara. Berdasarkan penelitian antar negara yang pernah dilakukan, Indonesia masuk kategori sebagai negara dengan kualitas informasi yang rendah. Struktur pasar modal di Indonesia, memiliki karakteristik yang unik, karena banyak perusahaan publik yang berasal dari perusahaan keluarga. Ketika perusahaan sudah go public, keluarga masih memiliki keinginan untuk melakukan kontrol terhadap perusahaan. Pertanyaan menarik yang bisa diajukan adalah apakah kontrol keluarga berpengaruh terhadap performance atau kualitas informasi perusahaan publik. Selain itu, mengingat bahwa perusahaan publik wajib menerapkan governance yang ditentukan, maka pertanyaan selanjutnya adalah, apakah governance masih bisa bekerja secara efektif dalam kondisi ini? Webinar ini akan mencoba memaparkan jawaban berbagai pertanyaan tersebut.

LINK YOUTUBE STREAMING WEBINAR, 21 MEI 2021 JAM 09.00 - 12.00

MATERI WEBINAR 21 MEI 2021:
Dr. Firma Sulistiyowati, M.Si., Ak., CA., QIA.
Gabriel Anto Listianto, Ph.D., Ak.
Dr. Yusef Widya Karsana, M.Si., Ak., CA., QIA.

Link Poster Webinar >>>
hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 081328666553
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta