Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

SERI MENTORING 1 PENULISAN PROPOSAL DISERTASI
F.EKO | 0 19 January 2021
SERI MENTORING 1 PENULISAN PROPOSAL DISERTASI ::
FE News, Rabu 13 Januari 2021 FE USD menyelenggarakan Seri Mentoring 1 Penulisan Proposal Disertasi, dengan menghadirkan narasumber Josephine Wuri, M.Si (Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi UGM). Sebelumnya FE USD telah berhasil menyelenggarakan Seri Diskusi 1,2, dan 3 Pengelolaan Persiapan Studi S3 Dosen kemudian Follow Up Session. Pada Seri Mentoring 1 Penulisan Proposal Disertasi berlangsung via zoom meeting dengan sangat menarik baik dari sisi materi ataupun penyajian dari narasumber.



Seseorang untuk bisa melamar studi S3 luar negeri dan dalam negeri termasuk memperoleh beasiswa salah satu persyaratannya adalah harus sudah memiliki Proposal Disertasi di samping persyaratan lain seperti kompetensi Bahasa Inggris dengan ditunjukkan dengan skor TOEFL atau IELTS, GMAT dan persyaratan lainnya. Membuat proposal disertasi bukanlah suatu proses yang mudah dikerjakan bahkan perlu usaha ekstra untuk bisa menuliskan proposal yang bagus dari sisi subtansi, metode, novelty dan lainnya. Sehubungan hal tersebut FE USD memberikan kesempatan secara khusus kepada 16 dosen yang sedang mempersiapkan studi S3 dan dosen FE lainnya untuk terlibat aktif dalam Seri Mentoring 1, 2, dan 3 di bulan Januarii 2021.

Bu Wuri panggilan akrabnya secara sistematis memaparkan materi presentasinya dengan sangat menarik. Berbagai update dan tips disampaikan bagaimana menulis proposal disertasi bahkan sampai mengarah menuju publikasi jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Pada bagian awal Bu Wuri menjelaskan Sistematika Penulisan Proposal Disertasi yang utama terdiri 3 bagian yaitu bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir. Pada Bagian Awal proposal karya ilmiah adalah halaman judul yang memuat: judul penelitian, keterangan jenis proposal karya ilmiah , lambang PT, nama mahasiswa , nomor mahasiswa , nama program studi , dan waktu pengajuan. Pada bagian utama terdiri Latar Belakang , Rumusan Masalah , Pertanyaan Penelitian , Tujuan Penelitian , Motivasi Penelitian , Manfaat Penelitian , Kontribusi Penelitian , Batasan Penelitian , Tinjauan Pustaka, Hipotesis , Metode Penelitian. Bagian akhir merupakan daftar pustaka dan lampiran.



Selanjutnya Bu Wuri menjelaskan tiap bagian dengan detail disertai contoh-contoh praktis yang menarik dan penuh novelty. Beberapa list topik-topik menarik yang layak dijadikan proposal disertasi ditampilkannya dengan sederhana dan jelas. Tips diberikan untuk mencari gap literature dapat memanfaatkan pendekatan bibliometric yaitu menemukan dua artikel atau lebih yang dikutip oleh sebuah artikel Bu Wuri memperkenalkan menggunakan piranti lunak Publish or Perish (PoP), link Publish or Perish on Microsoft Windows (harzing.com), VOSViewersoftware, link VOSviewer-Visualizing scientific landscapes.

Pada bagian lainnya Bu Wuri menjelaskan bagaimana mengembangkan konsep, bagaimana review artikel, membuat rumusan masalah, tujuan penelitian, motivasi penelitian, dan manfaat penelitian. Kontribusi penelitian merupakan cara atau bagaimana manfaat penelitian dapat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan pelaksanaan pembangunan dalam arti yang lebih luas. Selanjutnya penjelasan mengenai landasan teori, tinjauan pustaka, metode penelitian, dan bagian akhir merupakan daftar pustaka dan lampiran. Whenever you quote someone, or even paraphrase their idea, you must CITE THEM.

Pada bagian kedua dari acara Seri Mentoring 1 adalah Q/A yang melibatkan semua dosen baik melaui chat di zoom meeting atau pertanyaan langsung ke narasumber. Sesi Tanya jawab berlangsung selama 40 menit. Tepat jam 12.50 rangkaian acara telah berakhir dengan ditutup doa penutup.

Materi Presentasi Seri Mentoring 1
Recording Seri Mentoring 1
hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 087739640111
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta