Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

PENDAMPINGAN SDM DAN KELEMBAGAAN WISATA DESA MANDIRI BUDAYA SABDODADI, KABUPATEN BANTUL
F.EKO | 0 03 January 2021
Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul menjadi locus terakhir dalam serial pendampingan sumber daya manusia pengelola Desa Mandiri Budaya oleh Dinas Pariwisata Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Pendampingan dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Desember  2020. Tim pendamping dari Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma adalah Dr. Ike Janita Dewi, Ferrynella Purbalaksana, S.E., M.M., Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M., Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti, M.Sc dan Lucia Kurniawati, S.Pd., M.S.M.

Sebagaimana pendampingan yang dilaksanakan di desa-desa mandiri budaya yang lain, pendampingan di Desa Sabdodadi juga menekankan bahwa dalam aspek manajemen pengelolaan, para pengelola perlu memiliki pemahaman  tentang konsep dan filosofi Desa Mandiri Budaya yang merupakan integrasi antara Desa Budaya, Desa Wisata, Desa Preneur, dan Desa Prima. Dalam Desa Mandiri Budaya, potensi-potensi yang dimiliki Desa Sabdodai harus diintegrasikan dan disinergikan dalam konsep Desa Mandiri Budaya.

Seperti desa mandiri budaya yang lain, Desa Sabdodadi sendiri memiliki potensi wisata yang sudah popular di kalangan wisatawan yaitu Desa Wisata Manding yaitu desa wisata kerajinan berbahan baku kulit. Namun demikian, Sabdodadi memiliki potensi lain yang tidak kalah menarik walaupun belum terlalu popular yaitu Kesenian Gojeg Lesung (inovasi dari Kesenian Gejog Lesung), potensi kuliner serta potensi wisata alam Susur Sungai Winongo. Oleh karena itu, tantangan terbesar dari pengelola Desa Mandiri Budaya Sabdodadi berikut perangkat desanya adalah mewujudkan unsur kelembagaan dan manajemen pengelolaan yang bisa mensinergikan potensi wisata, budaya, entreprenuership, dan peran perempuan di Desa Sabdodadi.
 
Aspek pemasaran juga menghadapi tantangan yang kurang lebih mirip dengan aspek kelembagaan yaitu menggabungkan wisata berbasis Kerajinan yang sudah sangat popular tersebut dengan potensi budaya dan alam lainnya dalam bingkai komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Hal ini mengingat bahwa Desa Wisata Manding sudah sangat mapan sedangkan potensi yang lain masih dalam tahap perintisan. Oleh karena itu peluang dan tantangan yang ada harus dimanfaatkan sekaligus diatasi
Tim pendamping FE USD merekomendasikan perlu adanya pendampingan lebih jauh terkait dengan sinergitas potensi-potensi di Desa Sabdodadi. Sinergitas dalam bentuk kelembagaan tersebut harus memiliki kemampuan koordinasi, kepemimpinan, dan transparansi pengelolaan keuangan. Selain itu, rekomendasi juga ditekankan pada aspek sumber daya manusia yaitu bahwa pendampingan SDM harus mengarah pada identifikasi dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan dalam pengembangan Desa Sabdodadi
 
hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 087739640111
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta