Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

PENDAMPINGAN SDM DAN KELEMBAGAAN WISATA DESA MANDIRI BUDAYA BANGUNKERTO
F.EKO | 0 03 January 2021
PENDAMPINGAN SDM DAN KELEMBAGAAN WISATA DESA MANDIRI BUDAYA BANGUNKERTO ::

Pendampingan SDM dan Lembaga Wisata Desa Mandiri Budaya Bangunkerto dilakukan selama dua hari, yaitu pada 17 -18 November 2020 di Pulewulung, Bangunkerto, Turi, Sleman. Kegiatan Pendampingan ditengah Pandemi COVID-19 ini dilakukan dengan pembatasan peserta yang tentu diikuti dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebanyak 25 peserta dari berbagai unsur lembaga masyarakat mengikuti pendampingan dengan antusias. Pendampingan dilakukan secara interaktif dalam penyampaian materi dan diskusi sehingga peserta juga turut serta berpartisipasi aktif.



Secara garis besar Pendampingan oleh Tim Universitas Sanata Dharma membagi menjadi dua aspek pendampingan yaitu aspek manajemen pengelolaan dan manajemen pemasaran. Di hari pertama pendampingan memfokuskan pada aspek manajemen pengelolaan disampaikan oleh Ibu Lucia Kurniawati, S.Pd., M.S.M,  Bapak Ferrynella Purbo L., M.M dan Ibu Maria Angela Diva V.W., M.Sc. Aspek manajemen pengeloaan disampaikan dalam bentuk ceramah dan focus group discussion untuk memberikan pemahaman tentang konsep Desa Mandiri Budaya yang merupakan integrasi 4 desa yaitu Desa Budaya, Desa Wisata, Desa Preneur, dan Desa Prima. Desa Mandiri Budaya mengakomodasi potensi-potensi yang dimiliki Desa Bangunkerto yang harus mengintegrasikan dan mensinergikan ke empat pilar desa dalam kerangka Desa Mandiri Budaya.



Aspek pemasaran yang menjadi isu strategis dalam pengembangan desa mandiri budaya disampaikan oleh Tim Universitas Sanata Dharma yaitu Ibu Ike Janita Devi Ph.D, Ibu Fransisca Desiana P., S.E., M.M dan Bapak Ferrynella Purbo L., M.M di hari kedua pendampingan. Unique Selling Point yang diintegrasikan dalam pengembangan Desa Mandiri Budaya Bangunkerto disampaikan melalui ceramah dan diskusi yang sangat interaktif dengan antusiasme yang tinggi. USP ini diinterasikan dalam pengembangan “packing dan programming” di Desa Mandiri Budaya Bangunkerto. Desa Bangunkerto memiliki 7 desa wisata yang “masih berdiri sendiri-sendiri”. Terdapat 7 desa wisata dalam Desa Bangunkerto, tiga desa wisata yang sudah berjalan yaitu Desa Wisata Pulewulung, Desa Wisata Plosokuning, Desa Wisata Si Cantik Ledoknongko dan Desa Wisata Kelor serta yang baru merintis adalah Desa Wisata Wonosari, Gadung dan Kawedan. Desa Bangunkerta sudah cukup mapan sebagai sebuah desa wisata, namun demikian masih banyak potensi yang bisa digali dari desa ini. Pengembangan dan perluasan produk wisata yang mengembangkan potensi alam dan budaya serta potensi lainnya menjadi tantangan strategis. Praktik pemasaran berbasis digital perlu dilakukan untuk pengembangan strategi pemasaran Desa Bangunkerto melalui media sosial seperti Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, bahkan Tiktok. Hal ini sehingga branding Desa Madiri Budaya Bangunkerto semakin terbentuk dan dikenal luas baik oleh wisatawan lokal, domestik dan mancanegara.
 


Konsep Desa Mandiri Budaya adalah integrasi antara desa budaya, desa wisata, desa preneur, dan desa prima. Secara kelembagaan, Desa Mandiri Budaya membutuhkan sebuah lembaga yang menjadi integrator dan koordinator untuk potensi-potensi tersebut ataupun antarlembaga yang sudah ada. Perlu adanya pendampingan kelembagaan yang mensinergikan potensi-potensi Desa Bangunkerto dari masing-masing pilar agar kelembagaannya memiliki koordinasi yang baik, sinergis, dan kolaboratif dalam satu kelembagaan secara kerangka Desa Mandiri Budaya Bangunkerto. Perlu adanya peran kolaborasi dan growth mindset dalam pengembangan kelembagaan yang dimulai dari diri masing-masing terlebih dahulu sehingga memunculkan adanya sinergi, kolaborasi, dan koordinasi. Selain itu juga perlu pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama pengembangan kompetensi dalam bidang manajemen pemasaran (branding dan digital marketing) dan kompetensi pengembangan packing-programming yang inovatif serta terdiferensiasi, namun terstandarisasi secara kualitas.


 

hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 087739640111
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta