Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

PENDAMPINGAN SDM DAN KELEMBAGAAN WISATA DESA MANDIRI BUDAYA BEJIHARJO, KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL
F.EKO | 0 03 January 2021
Locus pendampingan setelah Desa Putat adalah Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Pendampingan dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 November 2020. Tim pendamping dari Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma adalah Dr. Ike Janita Dewi, Ferrynella Purbalaksana, S.E., M.M.,  Fransisca Desiana Pranatasari, S.E., M.M., Maria Angela Diva Vilaningrum Wadyatenti, M.Sc.

Desa Bejiharjo memiliki potensi yang sangat popular di kalangan wisatawan yaitu Goa Pindul. Namun sebenarnya Bejiharjo juga memiliki potensi lain yang tidak kalah menarik yaitu potensi budaya dan kesenian Jangrung dan Wayang Sadha, dan potensi kuliner. Oleh karena itu pendampingan difokuskan untuk lebih membangun mindset kebersamaan dalam membangun ekonomi. Dan karenanya di perlukan adanya usaha kolaboratif yang menggerakan seluruh lembaga yang sudah ada didesa.

Dalam hal kelembagaan, Desa Bejiharjo telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang diharapkan mampu menjadi katalisator bagi pengembangan berbagai potensi yang ada di Desa Bejiharjo. Beragamnya potensi di Desa Bejiharjo membawa dampak bahwa pengembangan  Unique Selling Point dari masyarakat ini menjadi sangat krusial. Sebetulnya tidak sulit menentukan USP dari Bejiharjo karena sudah dikenal dengan Goa Pindul, tantangannya adalah  bagaimana agar potensi-potensi lain seperti  Jangrung dan Wayang Sadha juga terwadahi dalam Unique Selling Points tersebut. Oleh karena itu, pengelola Desa Mandiri Budaya Bejiharjo harus dengan cerdik meramu dan memformulasi Unique Selling Points nya agar dapat diterima oleh masyarakat.

Tim pendamping FE USD merekomendasikan perlu adanya pendampingan lebih jauh terkait dengan business process, dan juga pengelolaan lembaga yang berbasis keterbukaan, transparansi, dan trust. Terkait dengan aktivitas pemasaran, Desa Bejiharjo perlu melakukan upaya-upaya inovatif untuk mengkomunikasikan potensi-potensi yang dimiliki oleh Desa Bejiharjo selain Goa Pindul. menjadi penting untuk melihat dari sisi pengenalan produk dan akselerasi selain Goa Pindul.
hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 087739640111
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta