Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

SERI DISKUSI-2 PENGELOLAAN PERSIAPAN STUDI S3
F.EKO | 0 07 December 2020
SERI DISKUSI-2 PENGELOLAAN PERSIAPAN STUDI S3 ::
FE News, Rabu 2 Desember 2020 Dekanat menyelenggarakan Seri Diskusi 2 Pengelolaan Persiapan Studi S3 Dosen merupakan salah satu dari tiga Seri Diskusi yang direncanakan. Seorang dosen perlu well informed sehingga bisa memutuskan studi S3 yang terbaik bagi diri dan prodinya. Melalui Seri Diskusi 1,2, dan 3 diharapkan adanya update terkait studi S3 di luar negeri dan dalam negeri, apa yang perlu dipersiapkan studi S3, berbagai tips sukses studi S3, dan isu lainnya.
 
Pada Seri Diskusi 2, ada lima (5) dosen FE USD yaitu Josephine Wuri, M.Si, Dr. Antonius Budisusila, SE, M.Soc.Sc, Lisia Apriani, M.Si., Akt, , V. Mardi Widyadmono, SE, MBA, dan Dr. Yusef Widya Karsana, Akt, membagikan pengalaman persiapan dan pelaksaan bahkan paska studi S3nya.
 


Mengawali Seri Diskusi 2, Josephine Wuri, M.Si yang saat ini studi di Program Magister Sains dan Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM membagikan pengalamannya. Bu Wuri panggilan akrabnya mempresentasikan tujuan utama studi S3 antara lain meraih meraih gelar akademik dan kenaikan pangkat; peningkatan penguasaan ilmu, peningkatan kualitas SDM institusi, kesempatan publikasi di jurnal internasional, dan seminar internasional. Selanjutnya Bu Wuri menjelaskan persiapan studi; mulai proses pendaftaran, kurikulum, masa studi; pengalaman kuliah dan ujian komprehensif; pengalaman menulis disertasi, dan tahapan ujian disertasi. Sangat beruntung Bu Wuri dalam studinya memperoleh sejumlah kmudahan termasuk beasiswa Budi DN, pembiayaan seminar internasional dan kesempatan menarik lainnya. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh dosen untuk studi S3 di UGM: TKDA HIMPSI yang masih berlaku dengan skor minimal 550; Sertifikat AcEPT UGM /TOEP PLTI /IELTS /IBT TOEFL /ITP TOEFL yang masih berlaku, dengan skor minimal 500. Persiapan penting lainnya adalah persiapan pembiayaan,  fisik dan mental, dan persiapan keluarga (perlu persetujuan dan dukungan penuh keluarga).
 
Pada sesi kedua, Dr. Antonius Budisusila, SE, M.Soc.Sc, (Doktor baru, selesai S3nya 17 November 2020), menyatakan bahwa “tidak seorangpun mempunyai proses yang sama dalam menentukan perjalanan dirinya, termasuk dalam menjalani studi S3”. Pilihan studi lanjut S3 atau tidak merupakan pilihan merdeka. Namun Bagi Profesi Peneliti dan Dosen menjadi Doktor adalah keharusan, maka harus dijalani! Kemudian pak Toni panggilan akrabnya menjelaskan tips suksesnya Studi S3. Pada tahap persiapan - Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; kecukupan proposal untuk mencapai kualifikasi metodologi: filsafat dan paradigma ilmu praktik metode. Pada saat studi S3, perlu mengenali iklim belajar di kampus, menciptakan iklim yang mendukung penulisan disertasi, roadmap kajian bidang yang digeluti dan relasi terhadap ilmu lain, menjalani riset mandiri dan mengelola reputasi pengakuan nasional dan internasional. Pada pasca Doktoral yang perlu dilakukan yaitu kembali pada roadmap kajian bidang yang digeluti dan relasi terhadap ilmu lain.



Lisia Apriani, M.Si., Akt pada sesi ketiga dalam sharingnya menyebutkan tahapan dari persiapan studi sampai dengan dinyatakan diterima di S3 Akuntansi UGM  antara lain:  mengikuti tes ITP TOEFL, Accept dan TPA (PAPS di UGM) sampai skor persyaratan beasiswa dan skor persyaratan dari UGM terpenuhi. Mengikuti kurikulum tahun 2016 terdiri 30 sks; masa studi normal 4 tahun tetapi bisa diperpanjang1tahun dengan alasan tertentu. Persyaratan kelulusan harus memiliki1 (satu) artikel yang dipublikasi di jurnal Q2/Q3 atau 2 kali presentasi di international conference. Semester 1 – 3 dilaksanakan kuliah teori, selanjutnya dilaksanakan independent study. Kewajiban lainnya adalah ujian komprehensif  dan expose proposal disertasi. Lebih lanjut bu Lisia menjelaskan keunggulan dan kelemahan studi di UGM (dalam negeri pada umumnya). Keunggulannya: dekat dengan keluarga; tidak perlu penyesuaian lingkungan. Kelemahan: tidak bisa lepas dari kehidupan bermasyarakat yang terkadang menyita waktu dan konsentrasi misalnya keterlibatan di kampung, gereja, berbagai arisan, menjenguk tetangga dan aktivitas sosial yang harus diikutinya.

Pada sesi keempat, Venantius Mardi Widyadmono, S.E., M.B.A dalam sharingnya menyatakan bahwa keputusan mengambil studi S3 merupakan keputusan besar yang memerlukan pertimbangan mengenai diri (dan keluarga), kelembagaan (Sanata Dharma) dan tempat studi yang dituju. Pertimbangan keluarga merujuk pada kesiapan psikologis diri dan keluarga. Apakah saya memang ingin mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Apakah manfaat yang saya peroleh jika melanjutkan dan jika tidak melanjutkan studi? Bagaimana situasi keluarga bila kita memutuskan untuk studi lanjut, baik psikologis maupun finansial? Apakah keterpisahan dengan keluarga berpotensi menimbulkan permasalahan baru? Persiapan kelembagaan di antaranya adalah uji kelayakan yang dilakukan oleh tim dari universitas. Pada dasarnya universitas menginginkan para dosennya melakukan studi lanjut dengan waktu yang ditentukan (secepat mungkin). Ada suka duka ketika studi S3. Gembira, karena bertemu orang-orang baru termasuk juga beberapa alumni manajemen. Ada pula kesedihan ketika tidak memperoleh tempat duduk atau harus berdiri naik Pramek sampai Solo. Suatu yang meneguhkan antara lain relasi teman studi seangkatan menjadi semakin baik, karena perasaan senasib sepenanggungan, sering bertemu seusai acara kelas masing-masing.


 
Selanjutnya pada sesi terakhir Dr. Yusef Widya Karsana, Akt menyebutkan beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk studi S3 di UNS yaitu menyiapkan dan Test  English for Academic Purpose; menyiapkan dan Test  TPA; menyiapkan proposal disertasi ; dan  mencari informasi beasiswa. Dalam studinya S3 di UNS, terdapat  8  Mata Kuliah (MK) yaitu Filsafat  Ilmu, Metopen,  Ekonometri, TA, AM, Audit,  TE, Independence Study.  Semua MK berbasis  journal research  dan buku teks. Akhir dari  setiap MK berupa ujian  dan makalah. Topik penelitian disertasi harus menarik (sesuai minat); doable (sesuai dengan kapasitas kita dan design penelitian) dan disetujui oleh tim promotor. Tips suksesnya, Pak Yusef menyarankan perlu memiliki Self Management yang baik yaitu jaga kesehatan, jaga pikiran dan hati, dan silaturahmi, maka semua berjalan dengan baik.

 

Zoom Recording Seri Diskusi 2, Rabu 2 Desember 2020 >>>>>
hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 081328666553
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta