Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

Green Entrepreneurship Training (GET) Se-Kevikepan DIY - Angkatan X (Hari Kedua)
Magister Manajemen | 39 28 June 2019
Green Entrepreneurship Training (GET) Se-Kevikepan DIY - Angkatan X (Hari Kedua)  :: Magister Manajemen

Kamis, 27 Juni 2019 adalah hari ke-2 untuk pelatihan Green Entrepreneurship Training angkatan 10.  Sesi pertama pada hari ini dimulai dengan kegiatan pertama dengan materi Perancangan Bisnis Model. Sesi ini dibawakan oleh pembicara Prof. Dr. M. F. Shellyana Junaedi, M. Si. Dalam sesi ini menekankan pada kreativitas seorang wirausaha dalam melihat peluang dengan kaca mata yang berbeda dan kemudian menjadikan peluang tersebut menjadi value. Beliau juga menjabarkan hal tersebut melalui kutipan Ir Ciputra tentang seorang wirausaha adalah seorang yang mengubah “kotoran dan rongsokan” menjadi “emas”. Jadi melalui kreatifitas tersebut dapat mengubah value dari setiap barang/jasa. Beliau juga mengingatkan bahwa untuk menjadi wirausaha yang sukses diperlukannya cara berpikir yang berbeda sehingga nantinya dapat menghasilkan kreatifitas yang berbeda pula (inovatif). Wirausaha  ditantang untuk berpikir diluar kotak/frame.Untuk melihat peluang bisnis dan kreatifitas ini dibutuhkan suatu model bisnis yang baik. Beliau menjelaskan tentang model bisnis sembilan blok atau model canvas yang biasa digunakan untuk menyusun model bisnis. Kesembilan blok tersebut antara lain: 1) Customer Segmentation: siapa pelanggan yang dilayani? Untuk siapa nilai-nilai tersebut diciptakan? 2) Value proposition: barang/jasa apa yang ditawarkan? Apa saja nilai yang diberikan? 3) Channels: bagaimana jangkauan  pelanggananya? Apa saluran yang digunakan? 4) Customer Relationship: bagaimana membangun relasi dnegan pelanggan? Bentuk relasi yang dibutuhkan seperti apa saja? 5) Revenue Stream: Nilai apa yang benar-benar akan pelanggan bayar? Sistem pembayarannya? 6) Keyresources:  sumber daya terpenting yang dibutuhkan apa saja? Pendistrbusian dan hubungan dengan pelanggan dan  arus pendapatan? 7) Key Activities: aktivitas kunci yang diperlukan dalam berwirausaha? Aktivitas tersebut berada pada bagian apa saja? 8) Key Partnership:  mitra berwirausaha siapa saja? Sumber daya yang ditawarkan kepada rekan wirausaha? 9) Cost Structure: Biaya-biaya yang terpenting yang ada dalam kegiatan berwirausaha apa saja? Setelah menjelaskan tentang model bisnis sembilan blok, pembicara membagi peserta kedalam kelompok-kelompok kecil untuk mempraktikan pembuatan model bisnis tersebut.

Pada sesi kedua, pembicara menemami dan membina kelompok-kelompok kecil tersbut dalam membuat model canvas bisnis. Dalam sesi ini dihabiskan dalam mempraktikan perancangan bisnis model. Kelompok-kelompok kecil ini lalu mempresentasikan hasil perancangan bisnis model mereka secara berganti-ganti kelompok. Tidak lupa juga pembicara memberikan saran dan masukan dalam perancangan bisnis model.

Pada sesi ketiga dan keempat dibawakan oleh pembicara Ferry Yusuf dengan materi Review Pengembangan Produksi/ Operasi. Beliau mengatakan bahwa wirausahawan harus memiliki misi dan visi yang sejalan. Beliau menegaskan bahwa Green Entrepreneurship Training angkatan 10 mempunyai tujuan untuk membangun mental pembisnis/ wirausahawan. Beliau juga mengibaratkan bisnis itu layaknya berburu kelinci artinya target dan fokus bisnis yang dikerjakan dan atau akan ditekuni. Beliau mengingatkan bahwa sebagai penjual/ wirausahawan perlu melakukan empat hal utama, yaitu membangun hubungan, membaca kemauan/keinginan pelanggan, memiliki visi yang dapat meyakinkan pelanggan dan dapat membujuk pelanggan. Keempat hal utama tersebut tentunya dapat dipelajari di pasar. Keempat hal tersebut tentunya perlu dibungkus dengan sikap harus gembira. Kegembiraan dapat membangun kesan baik dalam diri kepada orang lain. Lalu pembicara juga menegaskan bahwa dalam berbisnis itu seperti menanam benih. Memerlukan proses dan waktu yang lama untuk dapat melihat benih itu tumbuh besar dan berbuah. Hal itu sama juga pada bisnis itu membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar dalam mencapai kesukesan. Pembicara mewanti-wanti untuk tidak mudah tertipu dan terkesan dengan hal-hal yang bersifat instan dan cepat.

 


Peserta berfoto bersama dengan Prof. Dr. M.F. Shellyana Junaedi, M.Si.




Senyum merekah peserta bersama pak Ferry Jusuf

Tampil keren  .....

lihat berita Magister Manajemen lainnya>>
hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 087739640111
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta