Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

 
<< WEB USD

BERITA KEGIATAN

Green Entrepreneurship Training (GET) Se-Kevikepan DIY - Angkatan X (Hari Pertama)
Magister Manajemen | 39 27 June 2019
Green Entrepreneurship Training (GET) Se-Kevikepan DIY - Angkatan X (Hari Pertama)  :: Magister Manajemen

Sebelum melaksanakan rangkaian kegiatan Green Entrepreneurship Training angkatan 10 diadakan misa pembukaan yang dipimpin oleh  Romo Krismanto, Pr. Dalam misa pembukaan yang dilaksanakan pagi hari tersebut, Romo Krismanto, Pr., melalui homilinya menekankan pada pernyataan tentang “Buah Yang Menjadi Tanda”. Pernyataan tersebut merupakan suatu refleksi bagi diri kita sendiri secara khusus. Romo Krismanto, Pr., mengatakan bahwa rahmat yang telah Tuhan berikan hendaknya diberi pupuk, sehingga menghasilkan buah. Bertolak dari hal tersebut, Romo Krismanto, Pr., juga menekankan pada prinsip solidaritas dan subsidialitas. Prinsip solidaritas dan subsidialitas adalah prinsip karya sosial Gereja, dimana pengertian subsidialitas adalah I Believe You yang yakin bahwa  “dalam kelebihan itu pasti juga ada  kekurangan”. Berharap lewat Green Entrepreneurship Training angkatan 10 prinsip subsidialitas juga dapat hidup dan mengajak seseorang untuk tidak takut berkembang.

Setelah melakukan kegiatan misa pembuka dilanjutkan pada sesi berikutnya, yaitu sesi sharing oleh alumni GET. Sesi sharing pertama dilakukan oleh Bapak Theodorus Tonny Hadyanto. Beliau selaku pemilik usaha sepatu UD Mitra Sukses untuk wilayah DIY-Jawa Tengah. Alasan beliau mendirikan UD Mitra Sukses adalah karena beliau tertarik pada merk sepatu yang tidak terkenal atau non-brand. Ketertarikan ini merupakan suatu tantangan untuk mengembangkan brand tersebut menjadi terkenal. Dalam berwirausaha beliau juga menekankan usaha yang dimiliki harus digauli/didalami secara mendalam sehingga usaha dapat berjalan secara pelan-pelan. Beliau menyampaikan, bahwa memulai usaha setidaknya harus menguasai dan mengetahui detail usaha yang digeluti. Hal ini berguna untuk mengetahui kekuatan dan juga strategi yang dipakai dalam berwirausaha. Selanjutnya pada sesi sharing kedua disampaikan oleh Bapak Fx. Subeno. Beliau memulai usahanya dengan membuka usaha kuliner. Dalam membangun usaha kuliner beliau merasakan jatuh bangun dan memiliki kendala/persoalan berulang kali seperti penipuan. Beliau memberikan kata motivasi untuk peserta Green Entrepreneurship Training angkatan 10 yakni “kaca depan lebih lebar dari pada kaca spion”. Dari kata motivasi tersebut beliau mengartikan bahwa seorang wirausaha harus fokus pada masa depan dari pada permasalahan/persoalan yang sudah terjadi. Beliau menambahkan alasan memakai kata motivasi tersebut guna menghidari stress dan depresi dalam membangun bisnis wirausaha yang sedag tumbuh.

Setelah melakukan kegiatan sesi sharing. Kegiatan selanjutnya dipimpin oleh pembicara Ibu Dra. Maria Selastiningsih, Akt., dengan materi Review Pengembangan Produksi/Operasi. Ibu Dra. Maria Selastiningsih, Akt menekankan bahwa bisnis tidak selalu menjual apa yang kita sukai tetapi menjual tentang apa yang tidak kamu sukai yang nantinya akan kamu sukai. Beliau bertanya kepada para peserta, “What’s your dream?”. Melalui pertanyaan tersebut, beliau mengatakan bahwa jika mimpi tidak spesifik maka mimpi tersebut akan mudah diwujudkan. Mimpi haruslah spesifik sebelum melangkah jauh kedepan. Lalu, Ibu Dra. Maria Selastiningsih, Akt., juga mengatakan ada 3 bidang dalam bisnis yang menjadi fokus utama, yaitu pada produksi, distribusi, dan pemasaran. Beliau menekankan bahwa wirausaha harus fokus pada salah satu bidang bisnis untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Melalui perumpamaan Blue Ocean dan Red Ocean,  beliau mewanti-wanti peserta Green Entrepreneurship Training angkatan 10. Blue Ocean untuk selalu berinovasi dan pandai mencari kesempatan berharga untuk mengembangkan bisnis berwirausaha, sedangkan Red Ocean sendiri wirausaha yang menemui banyak persaingan dan tidak bisa mencari kesempatan berharga.  Melalui perumpamaan tersebut, beliau menekankan bahwa dalam berbisnis, jika berada pada Red Ocean harus sesegera mungkin mengubahnya menjadi Blue Ocean.  Hal tersebut diutarakan belaiau karena dalam berbisnis perlu adanya sikap untuk maju lebih baik dari sebelumnya.




Panitia Green Entrepreneurship Training angkatan 10. Universitas Sanata Dharma.




Group picture GET 10  ...... Kompak nich   !



GET 10 mantap ..... Kolaborasi, sinergi dan integrasi  !!!

lihat berita Magister Manajemen lainnya>>
hal. 1  2  3  
Sekretariat FE USD
Jl. Affandi, Mrican, Sleman, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513301 ex 51309
Email : fe@usd.ac.id
WA: 087739640111
Media Sosial

        
© 2021 - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta