www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Kunjungan Baku Mutu UNUD ke Program Studi Teknik Mesin FST USD
USD | 23 May 2018 | 15:35 WIB
  
Kunjungan Baku Mutu UNUD ke Program Studi Teknik Mesin FST USD :: usd.ac.id

Fakultas Sains dan Teknologi (FST) USD, khususnya Program Studi Teknik Mesin (TM), dan dalam kerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI) USD, berkesempatan untuk menerima kunjungan baku mutu (benchmarking) dari Program Studi Teknik Mesin, Universitas Udayana (UNUD), Bali, pada hari Jumat, 18 Mei 2018. Dalam sambutan pembukaannya, Ketua delegasi UNUD yang juga Koordinator Program Studi, Dr. I Ketut Gede Sugita, menyatakan “kunjungan ini kami harapkan akan memberikan pengalaman bagi kami, terutama tentang bagaimana Perguruan Tinggi Swasta menjalankan kegiatan penjaminan mutu.” Lebih lanjut dijelaskan bahwa hasil kunjungan akan digunakan dalam rangka persiapan untuk mengikuti akreditasi internasional program studi oleh AUN-QA, “memahami bagaimana lembaga-lembaga lain mengelola berbagai kegiatan untuk menjamin mutu layanan dan hasil tentu menjadi kebutuhan mendesak bagi kami.” tambahnya.  

Ajang sarana belajar 
Kesempatan berbagi praktek baik telah membantu kedua belah pihak untuk saling belajar. Di satu sisi, delegasi UNUD belajar tentang hakekat mutu dari kerangka berpikir antropologis. USD sebagai Perguruan Tinggi Swasta telah secara unik berhasil merumuskan konsep, mekanisme, strategi, dan langkah-langkah strategis untuk menjalankan pelayanan untuk menghadirkan hasil yang bermutu. 

“Mutu, sebagaimana yang kami yakini, akan terlalu sempit, kering, dan miskin makna bila hanya dibatasi dan ditunjukkan dalam serangkaian dokumen.” papar Markus Budiraharjo, M.Ed., Ed.D., Ketua LPMAI, dalam penjelasannya tentang Kebijakan Mutu yang telah ditetapkan di dalam USD. “Dilihat dari perspektif historis, USD merasa bersyukur telah mengalami serangkaian tahapan. Awalnya belajar untuk menyusun dokumen mutu, dan berjibaku untuk mengikutinya. Pada gilirannya kemudian, seiring dengan kematangan sumber daya manusianya, mutu dipahami sebagai realitas dinamis. Di dalamnya ada relasionalitas yang sangat kompleks. Sebagus atau sesempurna apapun dokumen mutu yang dihasilkan, namun ketika relasi antar manusia di dalam lembaga tersebut sangat jauh dari sikap kolaboratif, kooperatif, berkepedulian, saling mempercayai dan saling bisa dipercayai, mustahil kita mengharapkan mutu yang otentik.” ujarnya lebih lanjut. 

Di lain pihak, Program Studi TM FST USD pun mendapatkan inspirasi untuk memperbaiki pengelolaan kelas paralel. “Kami memastikan bahwa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk seluruh matakuliah paralel sama. Artinya seluruh bacaan, soal-soal ujian, materi-materi yang dipresentasikan (PPT slides), pun sama. Koordinasi antar satu dosen dengan yang lain menjadi kewajiban yang mengikat. Dari UGM, kami juga telah belajar bahwa matakuliah paralel hanya diajar oleh satu (tim) dosen. Oleh karenanya dipastikan adanya input yang sama bagi seluruh mahasiswanya.” Dr. I Ketut Gede Sugita menjelaskan. 

“Mekanisme untuk memastikan keadilan di dalam pengalaman pembelajaran bagi seluruh mahasiswa, yang diterapkan baik di UNUD maupun UGM tentu akan menjadi rujukan yang berharga untuk perbaikan pengelolaan kurikulum dan pengajaran di FST.” lanjut Sudi Mungkasi, Ph.D., Dekan FST USD, di dalam sambutan di akhir acara. 

Kematangan Sistem Informasi dan Pedagogi Ignasian
Dalam diskusi yang berlangsung kurang lebih tiga jam tersebut, diperoleh gambaran yang lebih baik mengenai mekanisme pencatatan dan perekaman data di dalam Sistem Informasi Akademik (SIA) USD. Mekanisme audit mutu dijalankan atas dasar data internal prodi dan fakultas melalui situs http://pejabat.usd.ac.id/spmi/. Para pejabat di masing-masing unit akan mendapatkan data pencatatan kinerja unitnya yang bisa diolah, dibandingkan dengan standar USD, dan  dikomunikasikan, serta dijadikan bahan Evaluasi Karya dan Refleksi Karya.  

USD menjamin kualitas pembelajaran dengan menekankan prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan keadilan melalui Learning Management System (LMS) ExeLSa. RPS yang disusun oleh masing-masing dosen dapat dipindahkan ke dalam platform teknologi informasi, yang memudahkan akses, memungkinkan kejelasan, dan sekaligus menjamin pertanggungjawaban proses, terutama kepada para mahasiswa sebagai pemangku kepentingan utama dalam proses pembelajaran. 

Tidak ketinggalan juga dijelaskan tentang Pedagogi Ignasian sebagai keunikan USD di dalam proses pembelajaran dan proses pelayanan keseharian. Mengacu pada tradisi Teori Kritis, Pedagogi Ignasian ditujukan pertama-tama untuk mengidentifikasi peran dan kontribusi diri di dalam membangun semangat transformatif, baik bagi diri maupun sesamanya. Hakekat agensi diri ditemukan terutama dengan mengedepankan kesadaran kritis bahwa keyakinan, asumsi dasar, dan kepercayaan dalam diri, selalu terdistorsi oleh berbagai hal. Mengakui bahwa apa yang diyakininya tidak selalu benar mengasumsikan adanya kerendahan hati untuk terbuka dan bersiap-sedia untuk belajar dari orang lain. 

Sebagai penutup, delegasi UNUD menyampaikan kenang-kenangan berupa vandel. Sementara itu, USD menyampaikan kenang-kenangan berupa kalender sepanjang masa. Kalender ini menyimbolkan bahwa perjumpaan dengan UNUD pun juga akan berkelanjutan dan menghadirkan kolaborasi yang baik di masa-masa yang akan datang.

(eMBi)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.224.91.58: - 2218.3 ms  |   24 user(s) online