www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
USD Selenggarakan Pelatihan Penulisan Proposal PKM bagi PTS se-Kopertis Wilayah V
USD | 30 September 2016 | 17:32 WIB
  
USD Selenggarakan Pelatihan Penulisan Proposal PKM bagi PTS se-Kopertis Wilayah V :: usd.ac.id

Bertempat di ruang Driyarkara Auditorium Universitas Sanata Dharma, sebanyak 89 mahasiswa dari 36 perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah V DIY mengikuti kegiatan pelatihan penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26-28 September 2016 tersebut merupakan kegiatan rutin Kopertis Wilayah V yang pada tahun 2016 ini dipercayakan kepada Universitas Sanata Dharma sebagai penyelenggara. 

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Bapak Dr. Bambang Supriyadi, CES, DEA selaku Koordinator Kopertis Wilayah V.  Dalam kata sambutannya, Koordinator Kopertis V menyampaikan bahwa kegiatan PKM masih didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri.  Hal ini terlihat dari jumlah proposal yang diusulkan, jumlah proposal yang didanai, maupun prestasi di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional.  Kegiatan pelatihan ini merupakan usaha Kopertis dalam meningkatkan peran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan Kopertis Wilayah V khususnya dalam bidang PKM.  Harapannya, jumlah PTS yang mengirimkan proposal PKM ke Ristekdikti di tahun 2016 ini semakin meningkat baik dari jumlah proposal yang dikirim maupun jumlah proposal yang didanai.

Selama 3 hari, para mahasiswa dilatih oleh para dosen dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta, antara lain:  Prof. Dr. Akhmad Fauzi dari Universitas Islam Indonesia, Dr. dr. Indwiani Astuti dari Universitas Gadjah Mada, serta Eko Hari Parmadi, S.Si., M.Kom dari Universitas Sanata Dharma.  Para mahasiswa dilatih untuk menemukan ide kreatif untuk berbagai jenis PKM seperti PKM-P, PKM-T, PKM-KC, PKM-K, PKM-M, PKM-AI, dan PKM-GT.  Ide-ide kreatif yang diperoleh, selanjutnya dituliskan dalam proposal PKM.  Selain didampingi dalam teknik penulisan proposal PKM, seluruh proposal yang telah disusun juga mendapatkan masukan atau review dari para pelatih. 

Dyah Setyaningrum mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA merasa bersyukur dan sangat senang dapat mengikuti pelatihan penulisan PKM ini.  “Meskipun di awal mengikuti kegiatan ini saya agak tertekan karena harus menemukan ide kreatif dan membuat proposal PKM, namun saya merasa lega dan senang karena di akhir kegiatan saya berhasil membuat sebuah proposal PKM-M.”  demikian kata mahasiswi AMPTA tersebut.  Antusiame para peserta juga sangat terlihat dari banyaknya ide kreatif yang muncul serta pertanyaan-pertanyaan kepada para pelatih.   

Di akhir kegiatan ini, terkumpul sebanyak 95 proposal dari 89 mahasiswa yang mengikuti kegiatan pelatihan penulisan proposal PKM ini.  Seluruh proposal PKM hasil pelatihan didokumentasikan oleh Kopertis Wilayah V dan akan digunakan untuk memantau apakah para mahasiswa yang telah dilatih tersebut mengupload proposal PKM mereka ke simlitabmas.  Proposal PKM hasil pelatihan diharapkan juga dapat didampingi secara intensif oleh para dosen pembimbing di PTS masing-masing.  Harapannya, semoga di tahun 2016 ini jumlah PTS di DIY yang mengirimkan proposal PKM semakin bertambah dan jumlah proposal PKM maupun kualitas proposal yang didanai semakin meningkat. (ehp)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2016 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.160.246.95: - 2433.2 ms  |   19 user(s) online