www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Festival dan Lomba Mural
“Cerdas dan Humanis di Era Digital”
USD | 01 December 2016 | 17:12 WIB
  
Festival dan Lomba Mural<br>“Cerdas dan Humanis di Era Digital” :: usd.ac.id

Tahun 2016 ini Universitas Sanata Dharma (USD) menginjak 61 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, Universitas Sanata Dharma terus-menerus bertransformasi bersama dengan masyarakat melalui sumbangsihnya dalam pendidikan orang muda, yang menjadi benih penggerak perubahan di negeri ini. Universitas Sanata Dharma menaruh perhatian besar kepada pendidikan yang integral, mencapai keunggulan dalam bidang akademik dan nilai-nilai humanistik. Dalam kesadaran itu, seni mural dipilih sebagai salah satu aktivitas yang ditujukan menciptakan lingkungan yang ideal bagi tumbuh kembangnya benih-benih penggerak perubahan di masyarakat.

“Festival ini memiliki hal yang jauh lebih mendalam, jadi kita ingin menuangkan, mengekspresikan sekaligus memerankan atau ikut ambil bagian dalam mendidik kaum muda, khususnya kaum muda yang berinteraksi di kampus USD ini. Jadi, kita ingin menuangkan harapan, kritik, saran, dan impian dalam lukisan bernuansa mural. Maka kami sungguh berharap para peserta mengikuti acara ini bukan pertama-tama mengejar juara, tetapi juga ambil bagian membangun, membentuk, mengimajinasikan kehidupan dan juga pendidikan kaum muda termasuk juga membangun cita-cita untuk mempunyai masyarakat yang lebih baik yang pada tema Dies Natalis tahun ini dirumuskan menjadi “Cerdas dan Humanis di Era Digital”. Universitas Sanata Dharma mempunyai harapan, mempunyai cita-cita untuk terus berpartisipasi membangun masyarakat yang cerdas dan humanis secara lebih khusus di tengah perkembangan teknologi digital yang sangat mewarnai hidup kita.” ujar Bapak Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D., Rektor Universitas Sanata Dharma dalam sambutan pembuka acara ini.

Mural bukanlah sekedar memberikan sentuhan estetis lingkungan, namun juga sarat dengan nilai-nilai etis, yaitu seruan kebenaran di tengah situasi keprihatinan masyarakat. Universitas Sanata Dharma juga menyadari bahwa lewat aktivitas mural, nilai-nilai justru digali, diolah, dan dilibati oleh mahasiswa dengan dinamis. “Mural adalah seni rupa yang ada di luar ruangan. Seperti yang disampaikan oleh Pak Rektor tadi, salah satu tujuan kita adalah menggunakan dinding-dinding ini sebagai sarana pendidikan bagi teman-teman mahasiswa, juga teman-teman SMA. Dengan melihat karya seni mural yang ada di luar ini, akses terhadap karya seni yang memiliki nilai pendidikan ada di situ. Mural ini ada yang di dalam dan di luar ruangan, tetapi ketika karya seni itu berada di dalam ruangan, maka penonton yang mendatangi karya seni. Tetapi kalau mural ini, karya senilah yang mendatangi penonton karena ini kan akses jalan, tiap hari dilewati jadi semacam sapaan karya seni terhadap masyarakat. Dinding-dinding ini (media mural) ini dibuat sebagai media visual, rencananya (agenda serupa) akan diadakan tiap tahun. Maka, dalam peraturan paling cepat akan kita ganti (lukisan dicat putih kembali untuk diisi karya selanjutnya) sebagai sarana ekspresi dari mahasiswa, siswa, serta masyarakat umum.” ujar Bapak FX. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D., selaku Wakil Rektor IV USD sekaligus selaku Ketua Dies ke-61 USD  yang ditemui ketika acara berlangsung. “Akan dikembangkan juga agar diadakan juga (lomba serupa) di Kampus 2 USD di bagian dinding selatan lapangan sepak bola.” tambah Bapak Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. “Latar belakang ide lomba mural ini juga berangkat dari keprihatinan kejadian ada pihak-pihak yang menggambari dinding (vandalism). Hal ini tidak sepenuhnya kesalahan mereka. Mereka punya beban, tetapi tidak ada ruang untuk mengekspresikan. Oleh karena itu di sini kita menyediakan ruang untuk mengekspresikan hal ini. Kampung-kampung juga kita undang, juga agar mereka mengetahui bahwa di sini kita punya ruang unuk mengekspresikan karyanya.” tutup Bapak FX. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D.

Peserta lomba semula terbagi dalam 3 kategori, yaitu Dosen dan Karyawan USD, Mahasiswa USD, dan Pelajar SMU (atau sederajat) di wilayah DIY namun atas keputusan panitia, kategori dibuat menjadi kategori Mahasiswa-Umum dan Pelajar SMU (atau sederajat). Lomba terdiri dari empat tahapan yaitu pendaftaran, workshop, pengumpulan desain, dan eksekusi mural. Eksekusi Mural dilakukan pada hari Minggu, 27 November 2016 jam 08.00-16.00 di Kampus 3 USD Paingan. Terdapat tiga orang juri dalam perlombaan ini yakni Ibu Arti, Romo In Nugroho, dan Bapak Atmadi. Dasar penilaian mural ini adalah kesesuaian konsep karya dengan tema, kedalaman ekspresi, bahasa visual, dan penyampaian ide terkait tema, orisinalitas dan otentisitas karya, dan teknik artistik dan tingkat kerapihan karya. Berdasarkan rekap registrasi, peserta lomba terdiri dari 168 peserta, yang meliputi pelajar sejumlah 14 siswa, mahasiswa sejumlah 146 Mahasiswa, dan delapan orang warga.

Pemenang lomba mural untuk kategori SMA/SMK adalah: Juara 1 dari tim ‘BPR’ (Bukan Perupa Rupawan) nomor dinding 37, kemudian Juara 2 dan 3 masing-masing disabet oleh tim ‘KIDUNG AJI SAKA’ nomor dinding 34 dan tim ‘SMSR JOGJA’ nomor dinding 42. Pemenang lomba mural untuk kategori Mahasiswa-Umum adalah: Juara 1 dari tim ‘SVASTIKA’ nomor dinding 75, Juara 2 diraih oleh tim‘ART MAGELANG’ dengan nomor dinding 83, dan Juara 3 adalah tim ‘PUSPITA X PUSPITA’ nomor dinding 92.

Masing-masing pemenang berhak akan penghargaan: Juara 1 berhak akan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,00 + Trofi + Piagram penghargaan, Juara 2 berhak akan uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000,00 + Trofi + Piagram penghargaan, dan Juara 3 berhak akan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,00 + Trofi + Piagram penghargaan. Semoga lewat acara serupa, Universitas Sanata Dharma dapat terus melakukan inovasi dalam memberi wadah aspirasi bagi masyarakat luas dan berperan aktif dalam bidang pendidikan. (EEN)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2016 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.205.54.215: - 4722.9 ms  |   8 user(s) online