www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Mahasiswa BK USD Raih Medali Emas Berkat Mukidi
USD | 28 September 2016 | 08:10 WIB
  
Mahasiswa BK USD Raih Medali Emas Berkat Mukidi :: usd.ac.id

Mukidi akhir-akhir ini memang lagi ngehits di media sosial. Mukidi adalah tokoh humor yang membuat pembacanya tertawa karena ceritanya yang fiktif dan sungguh konyol. Namun, “Mukidi” yang ini membuat para remaja sadar akan pentingnya arti “MUKIDI” yang sebenarnya. Cristian Ade Prasetia adalah pencetus “MUKIDI” yang mendidik para remaja saat ini.

Cristian Ade Prasetia baru saja mendapatkan Medali Emas dalam ajang Olimpiade Nasional Bimbingan dan Konseling pada cabang Media yaitu Media Poster. Olimpiade Nasional Bimbingan dan Konseling ini adalah event nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (IMABKIN). Kegiatan ini terselenggara setiap ada kongres IMABKIN dan pada tahun ini Universitas Negeri Malang menjadi tempat kongres IMABKIN, sehingga Universitas Negeri Malang menjadi tuan rumah Olimpiade Nasional Bimbingan dan Konseling 2016. Kegiatan tersebut terlaksana pada 22 September 2016 dengan tema “Peningkatan Kompetensi Bimbingan dan Konseling untuk Pembentukan Karakter Konselor“

Program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma mengirimkan 6 perwakilan mahasiswa pada 3 cabang yaitu cabang Bimbingan: Donald Ivantoro dan Brigitta Shelly Zahara, cabang Konseling: Juliani Melani dan Sifra Dita Novelina, dan cabang Media: Cristian Ade Prasetia dan Carolus Boromeus Eko Indah Sasongko. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 220 mahasiswa dari universitas negeri dan swasta seluruh Indonesia.

Mukidi itu apa? Jadi, Cristian Ade Prasetia mengkonsep “MUKIDI” sebagai tema media poster yang dibuatnya. “MUKIDI” kepanjangannya “Menolak Untuk Perkawinan Dini” tema ini bermaksud untuk mengajak para remaja untuk tidak menikah di usia dini. Hal itu penting karena akibat perkawinan dini dapat menimbulkan perkembangan yang kurang sesuai dengan porsinya sebagai remaja yang dituntut untuk mengembangkan kemampuannya dan mengelola hati dengan baik. Perkawinan dini akan menyebabkan remaja frustasi, sulit bersosialisasi di lingkungan, sulit mendapatkan pekerjaan, dan pendidikan terganggu.

Pembuatan media ini tidak lepas dari dukungan dosen pembimbing yaitu Juster Donal Sinaga, M.Pd dan usaha yang cukup keras oleh Cristian Ade Prasetia dalam mengkonsep tema ini sehingga dapat memenangkan perlombaan ini. Pada sistem penilaian cabang media, dinilai oleh juri melalui babak penyisihan. Pada babak penyisihan ini dipilih 6 finalis untuk mengikuti presentasi di hadapan para juri yang nantinya akan ditentukan pemenangnya. Untuk cabang media ada 39 mahasiswa dari 34 universitas negeri dan swata seluruh Indonesia.

Suatu peraihan yang luar biasa dapat membawa pulang Medali Emas pada Olimpiade Nasional Bimbingan dan Konseling 2016. “Pada event-event ke depan, semoga para mahasiswa lebih kreatif dan peka terhadap fenomena-fenomena yang terjadi, sehingga kita dapat menyumbangkan dan menerapkan kompetensinya dan hati nurani kita dalam mendidik para remaja menjadi lebih baik.” ungkap Cristian Ade Prasetia. (cp)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2016 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.227.68.206: - 1259.8 ms  |   8 user(s) online