www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
A Mini Concert From New Comers: “Musica Est Via”
USD | 23 May 2017 | 15:25 WIB
  
A Mini Concert From New Comers: “Musica Est Via” :: usd.ac.id

Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang terkenal di Universitas Sanata Dharma (USD) adalah Paduan Suara Mahasiswa “Cantus Firmus”. Paduan Suara Mahasiswa “Cantus Firmus” atau sering disingkat PSM CF mulai dibentuk pada tahun 1991 dan berada di bawah sub-Unit Kegiatan Kesenian. Sebagai sebuah civitas akademika USD, PSM CF sering mengisi acara seremonial kampus seperti wisuda dan Dies Natalis. Lebih jauh, PSM CF juga telah mengikuti berbagai kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Setiap tahunnya, PSM CF merekrut anggota baru melalui berbagai tahap seleksi untuk mendapatkan anggota yang berkualitas.  Pada tanggal 20 Mei 2017, untuk pertama kalinya PSM CF menyelenggarakan A Mini Concert From New Comers bertempat di Ruang Drost, Kampus 3 USD. Penyelenggaraan konser ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar anggota baru, melihat progres mereka dari awal masuk hingga sekarang, dan mempersiapkan mereka untuk berbagai kompetisi paduan suara baik tingkat nasional maupun internasional. Konser ini mengangkat tema “Musica Est Via” yang berarti sebuah perjalanan musik dari Zaman Renaisance (zaman awal di mana musik gereja terbentuk) lalu berjalan hingga musik modern.

Acara ini telah dipersiapkan oleh panitia yang juga merupakan anggota lama dari PSM CF dari akhir Januari lalu. Sedangkan para anggota baru memulai latihan secara rutin dari bulan Febuari hingga Mei 2017. Awalnya memang mereka hanya berlatih 2 x seminggu, namun ketika memasuki bulan Mei mulai ditingkatkan menjadi setiap hari. Setiap harinya mereka berdinamika sekitar ± 5 jam untuk berlatih interpretasi, harmonisasi, mimik muka, dan koreografi.

Jalannya konser ini dipandu oleh 2 MC hitz yang juga merupakan anggota PSM CF yaitu Agus dan Arin. Awalnya acara dibuka dengan doa, dilanjutkan sambutan oleh Bagas selaku ketua panitia. Pada kesempatan berikutnya Daniel Simapora  selaku Ketua PSM CF pun diberikan kesempatan untuk memberikan pesan-pesan dan harapan kepada PSM CF ini. Romo In Nugraha selaku Wakil Rektor 3 tak lupa memberikan wejangannya agar PSM CF tidak hanya sebagai komunitas saja, namun mampu melahirkan sosok-sosok baru dengan talentanya masing-masing. Romo juga mengungkapkan rasa bahagianya dalam menyambut teman-teman PSM CF yang baru.

Walaupun tergolong konser mini, namun antusias dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal Universitas Sanata Dharma sangatlah besar. Hal itu terbukti dari sekitar 400 kursi yang penuh diduduki oleh penonton saat konser berlangsung. Selain menampilkan Angkatan 2016, Konser Mini “Musica Est Via” diselingi juga oleh penampilan anggota lama yang akan berangkat lomba APCG (Asian Pacific Choir Games) di Colombo, Srilanka pada Bulan Oktober 2017.

Acara ini dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, angkatan baru PSM CF membawakan 4 buah lagu yang berjudul Cantate Domino, April Is In My Mistress’ Face, Gloria Patri, dan Soon Ah Will Be Done. Setelah itu diselingi oleh penampilan anggota lama yang membawakan 2 buah lagu saja dengan koreografi yang begitu hebat, lalu dilanjutkan ke sesi 2. Pada sesi 2, angkatan baru PSM CF kembali membawakan 4 buah lagu yang berjudul Montor-Montor Cilik, You’ll be in My Heart, Better Together, dan ditutup dengan lagu Shut Up and Dance. Selama ± 2 jam, anggota baru PSM CF telah berhasil membius penonton dengan penampilan mereka yang sangat memukau.

Pada akhir acara, Pelatih PSM CF juga diminta untuk memberikan sedikit pesan kepada seluruh anggota PSM CF terutama kepada anggota baru yang telah berhasil melakukan konser pertamanya. Pak mBong, sapaan akrab beliau yang telah melatih Paduan Suara Mahasiswa Univeritas Sanata Dharma selama 25 tahun ini berharap PSM CF akan terus berkembang dan terus melahirkan talenta-talenta baru. Tanpa direncanakan, semua anggota PSM CF dan juga alumni yang datang naik ke atas panggung dan bernyanyi bersama dipimpin oleh Pak mBong. Suasana haru dan bahagia terpancar dari seluruh wajah anggota PSM CF dan seluruh penonton yang hadir.

(FAS & YAF)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.162.168.187: - 1808.3 ms  |   5 user(s) online