www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Program MIRB USD: Lokakarya Penulisan Tesis Angkatan 2017/2018
USD | 07 January 2019 | 16:14 WIB
  
Program MIRB USD: Lokakarya Penulisan Tesis Angkatan 2017/2018 :: usd.ac.id

Sejak tahun 2012, Program Magister Ilmu Religi dan Budaya (MIRB) Universitas Sanata Dharma rutin menyelenggarakan Lokakarya Penulisan Tesis (LPT) dengan tujuan menjaga kualitas tesis mahasiswa dan membantu mempercepat kelulusan mereka. Karena itu, LPT wajib diikuti minimal satu kali oleh mahasiswa MIRB yang sudah lulus ujian proposal tesis. Pada praktiknya, ada sejumlah mahasiswa yang meskipun sudah tidak diwajibkan, merasa perlu mengikuti LPT lagi dengan harapan bisa terbantu menemukan pencerahan atas kesulitan yang sedang mereka alami dalam penulisan tesis.

Pada tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2018, PMIRB kembali menyelenggarakan LPT di Griya Sejahtera, sebuah rumah retreat yang berada di Jalan Raya-Kopeng, Ngablak, Kopeng, Magelang, Jawa Tengah. LPT sengaja dilakukan di luar kampus dengan harapan mahasiswa terbantu untuk fokus pada tesis masing-masing, namun juga tidak terlalu jauh supaya tidak banyak waktu yang terpakai untuk perjalanan ke lokasi. LPT kali ini diikuti 17 peserta. Sebagian besar peserta adalah mahasiswa semester tiga (angkatan 2017/2018) yang baru saja lulus ujian proposal tesis, dan ada beberapa mahasiswa angkatan lama yang masih dalam proses penulisan tesis. Tiga orang dosen yang mendampingi keseluruhan proses LPT adalah Dr. Yustinus Tri Subagya, Dr. Stanislaus Sunardi, dan Dr. Yustina Devi Ardhiani. 

Prosesnya, menjelang LPT, peserta diminta mengumpulkan draft tesis untuk dipelajari oleh semua dosen pendamping. Pada hari pelaksanaan, setiap mahasiswa diberi kesempatan mempresentasikan draft masing-masing. Selanjutnya, dosen pendamping memberikan tanggapan dan masukan untuk mematangkan arah penelitian mahasiswa, supaya kualitas tesis mahasiswa bisa dipertanggungjawabkan secara akademik. Tidak jarang teman/sesama mahasiswa turut memberikan tanggapan dan masukan, sehingga terjadi proses belajar bersama, bekerja sama dan saling mendukung dalam menyelesaikan studi mereka.

Berdasarkan evaluasi dari peserta, semua merasa terbantu dengan adanya LPT dan mengusulkan supaya lokakarya semacam ini selalu diagendakan. Namun demikian, ada juga beberapa mahasiswa yang masih membutuhkan pendampingan lebih lanjut untuk mematangkan arah penelitian mereka. Hal itu mengisyaratkan bahwa, meskipun PMIRB  menyediakan fasilitas pendampingan intensif bagi mahasiswa, akan tetapi, tekad, disiplin belajar, dan usaha keras dari masing-masing mahasiswa tetap menjadi faktor yang paling menentukan kualitas tesis dan kelancaran studi mereka.

(YDA)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2019 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  34.224.102.60: - 2418.7 ms  |   21 user(s) online