www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Pagelaran Metamorfosis:
Investasi Konservasi Usia Dini
USD | 06 November 2018 | 16:22 WIB
  
Pagelaran Metamorfosis:<br>Investasi Konservasi Usia Dini :: usd.ac.id

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang diperingati pada 5 November 2018, diperingati secara kekinian oleh lima orang perwakilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sanata Dharma (PBIO USD) angkatan 2018. Peringatan HCPSN tersebut dilakukan bersama 92 siswa kelas 4 SD Kanisius Sengkan dengan membawa tema “Pagelaran Metamorfosis”.

Pagelaran Metarmorfosis merupakan kegiatan penyadartahuan tentang pentingnya pelestarian kupu-kupu dan capung di alam. Mahasiswa PBIO USD menggunakan alat peraga berupa wayang berbentuk capung dan kupu-kupu untuk mengenalkan peran penting hewan tersebut bagi manusia. Selain itu, media yang digunakan juga diperkaya dengan penggunaan video dan insektarium yang menampilkan bentuk kupu-kupu dan capung yang sudah diawetkan.

Kunjungan ke sekolah ini merupakan bagian praktek mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan service learning dan konservasi yang dipelajari dalam mata kuliah Keanekaragaman Hayati. Dosen pendamping kunjungan, Luisa Diana Handoyo, S.Si.,  M.Si.  mengatakan, kunjungan ke sekolah ini merupakan bagian dari program service learning mahasiswa PBIO USD bagi masyarakat luas. “Service learning merupakan cara belajar yang menggabungkan pemahaman teori di kelas dan penerapannya di dalam kegiatan pelayanan masyarakat.” terang Luisa.

Pembelajaran dengan cara service learning ini diharapkan dapat membawa mahasiswa untuk mengetahui masalah secara langsung serta terlibat aktif untuk mencari solusi bagi masalah tersebut. Penggunaan topik konservasi kupu-kupu dan capung merupakan jalan masuk untuk mengenalkan permasalahan lingkungan yang ada di Yogyakarta.

Scholastica Susanti, perwakilan mahasiswa PBIO USD, Kamis (1/11/2018), mengatakan, kupu-kupu memiliki peran penting bagi manusia. “Manusia bergantung pada sumber makanan yang proses penyerbukannya bergantung pada kupu-kupu. Sehingga bila kelestarian kupu-kupu terancam, maka sumber pangan manusia juga ikut terancam.” ujarnya saat menceritakan pentingnya upaya pelestarian kupu-kupu.

Menurut Santi, tema konservasi kupu-kupu dan capung adalah pintu masuk untuk mengenalkan wawasan konservasi pada anak-anak sekolah dasar. Pengenalan konservasi ini perlu diperkenalkan sejak dini agar kelak anak-anak tersebut mau dan mampu menjadi pelaku konservasi lingkungan beserta flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Selain sebagai bentuk praktek service learning, dosen pengampu mata kuliah Keanekaragama Hayati, Hendra Michael Aquan, S.Si., MEnvMgmt. mengatakan, kunjungan ke sekolah tersebut juga bertujuan untuk melatih kreatifitas para calon guru biologi untuk mengemas materi biologi yang menarik bagi siswa sekolah dasar. “Dalam proses penyiapan kunjungan sekolah ini, mahasiswa diberi kebebasan untuk merancang metode penyampaian yang menarik dan atraktif bagi siswa sekolah dasar. Bila bertujuan untuk menarik minat siswa sekolah dasar agar kelak mau terlibat sebagai pelaku konservasi, maka membangun kesan pertama yang baik dan menarik merupakan hal yang penting.” katanya.

(SS)

 

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.196.190.32: - 6410.9 ms  |   18 user(s) online