www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
ASCOLTACI#13: Happily Ever After
USD | 08 October 2018 | 11:02 WIB
  
ASCOLTACI#13: Happily Ever After :: usd.ac.id

Program Magister Ilmu Religi dan Budaya Universitas Sanata Dharma (IRB USD), mengadakan acara rangkaian seminar ASCOLTACIke-tigabelas pada hari Jumat (5/10). Acara tersebut merupakan rangkaian seminar yang rutin diadakan empat kali dalam setahun. Acara ini diadakan di ruang Kadarman, Kampus II USD dan diikuti oleh 70 orang peserta yang merupakan mahasiswa IRB USD dan kalangan umum.

 ASCOLTACI merupakan suatu acara seminar yang mewadahi peneliti muda untuk menyampaikan temuan-temuannya. Dalam bahasa Itali, Ascoltaci berarti “dengarkanlah kami”. Arti dari istilah tersebut menggambarkan tujuan dari diselenggarakannya acara ini. Melalui diadakannya ASCOLTACI dimaksudkan untuk mengajak orang muda mengenali berbagai persoalan sosial dan budaya masyarakat kita dan mengembangkan gagasan-gagasan terobosan untuk kebaikan kita bersama berdasarkan hasil penelitian. ASCOLTACI melengkapi kegiatan ASCOLTATE, sebuah recital music bulanan yang diselenggarakan di Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

ASCOLTACI ke-tigabelas ini mengangkat tema “Bahagia Selamanya: Iklan Obat Kuat di Jogja Abad XX”. Tema tersebut merupakan salah satu temuan dari Alumnus IRB USD, Malcolm Benaud Smith, M.Hum yang sekaligus menjadi pembicara pertama dalam acara ini. Pembicara yang kedua yaitu Kurniawan A. Saputro, Ph.D selaku dosen Pascasarjana ISI Yogyakarta yang akan menanggapi pemaparan dari pembicara pertama.

Acara dibuka oleh sambutan dari Dr. Gregorius Budi Subanar, S.J. selaku Direktur Program Pascasarjana, dalam sambutannya beliau berharap pembahasan dalam acara ini dapat memberikan hal yang baru bagi peserta yang hadir. Setelah sambutan, sesi diskusi dimulai. Sesi ini dipimpin oleh Hanz Sinelir, salah seorang mahasiswa aktif IRB USD sebagai moderator. Pada sesi yang pertama, Malcolm memaparkan hasil penelitiannya. Ia mengulik iklan-iklan obat kuat dari zaman ke zaman selama satu abad. Ia menghubungkan iklan yang ada dengan momen-momen pada masa itu, keadaan teknologi, politik, dan ekonomi. Ia juga membahas bagaimana cinta sejati dipahami pada setiap masa selama satu abad. Setelah pemaparan hasil penelitian ini dilanjutkan dengan sesi yang kedua, yaitu sesi tanggapan. Sesi ini diisi oleh Kurniawan yang membedah, membahas, dan menanggapi kajian dan penemuan dari pembicara pertama.

Setelah sesi pemaparan materi, dilanjutkan sesi tanya jawab. Pada sesi ini beberapa peserta antusias untuk melontarkan pertanyaan, kritik dan saran terhadap paparan pembicara.  Setelah sesi tanya jawab selesai ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada pembicara oleh Direktur Pasca Sarjana USD. Seluruh rangkaian acara seminar ditutup dengan acara ramah-tamah.

(PI & YDL)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.234.228.78: - 36.1 ms  |   29 user(s) online