www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Pembukaan Kuliah Matrikulasi bagi 100 Mahasiswa Kerjasama USD dengan Pemda Mappi Papua
USD | 12 September 2018 | 14:24 WIB
  
Pembukaan Kuliah Matrikulasi bagi 100 Mahasiswa Kerjasama USD dengan Pemda Mappi Papua :: usd.ac.id

Bertempat di Kampus V Universitas Sanata Dharma (USD), pada hari Senin 10 September 2018, USD menyelenggarakan acara pembukaan kuliah matrikulasi bagi 100 mahasiswa kerjasama USD dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi, Papua. Acara ini dihadiri oleh Rektor USD beserta jajarannya, Dekan FKIP, para dosen, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi beserta jajarannya dan para mahasiswa dari Kabupaten Mappi. Kegiatan ini merupakan suatu program bersama yang dicanangkan oleh USD dan Pemda Mappi dalam rangka mempersiapkan dan mendidik para mahasiswa dari Mappi untuk menjadi seorang pendidik.

Acara dibuka oleh F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. selaku Wakil Rektor IV USD Bidang Kerjasama. Dalam sambutannya Ouda  menyapa dengan hangat seluruh mahasiswa Mappi yang hadir. Ouda juga memperkenalkan jajaran Rektorat USD, Dekan FKIP, Ketua Program Studi Pendidikan, para dosen, dan jajaran staf USD. Dalam kesempatan itu pula, Ouda menyampaikan bahwa sebelum masuk ke setiap program studi yang sudah ditentukan, para mahasiswa Mappi akan mengikuti perkuliahan bersama (matrikulasi) selama  setahun di Kampus V USD. Selama setahun para mahasisiwa Mappi dibekali dengan berbagai macam pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Setelah sesi perkelanan dari Wakil Rektor IV USD, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, MSc, PhD. Dalam sambutannya, Rektor USD menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh mahasiswa Mappi yang sudah bergabung bersama dengan USD. Melalui program bersama ini, Rektor mengharapkan supaya 100 mahasiswa yang telah dipilih ini, nantinya dapat berhasil menyelesaikan studinya di USD dengan hasil yang memuaskan. “Seluruh rencana dan usaha yang dilakukan oleh segenap warga USD semata-mata adalah untuk menyaksikan para mahasiswanya berhasil dan satu hal yang terpenting untuk mencapai keberhasilan di USD adalah kesungguhan dan yakin bahwa mahasiswa Mappi juga mahasiswa terbaik yang tidak kalah dengan mahasiswa dari tempat lain.” tutur Rektor dalam sambutannya. Rektor USD juga mengharapkan agar para mahasiswa Mappi sungguh serius dalam menempuh studi di USD, karena ini merupakan suatu kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan, supaya sungguh dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baik mungkin. Pesan singkat sekaligus penutup dalam sambutannya “selalu bangga menjadi anak-anak Mappi “.

Sambutan berikutnya dari Sekretaris Dinas Pendidikan Mappi, Bapak Iganisius Babaga. Dalam sambutannya, Ignasius Babaga mengucapkan terimakasih kepada pihak USD yang telah berkenan menerima para mahasiswa Mappi dengan penuh kegembiraan. Ignasius Babaga menjelaskan secara singkat proses atau persiapan selama kurang lebih 2 bulan bagaimana para tim menyeleksi para calon mahasiswa yang mendaftar, dan pada akhirnya mendapatkan 100 mahasiswa yang layak dan siap diutus untuk menempuh studi di USD sesuai dengan pilihan program studi yang diminati. Sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi, Ignasius Babaga mengingatkan kembali kepada para mahasiswa yang telah diutus dan dipercaya, supaya sungguh-sungguh belajar dengan baik dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya serta mematuhi segala prosedur yang telah ditentukan. Harapannya agar mahasiswa Mappi mendapatkan nilai yang terbaik dan memuaskan.

Total mahasiswa dari Kabupaten Mappi berjumlah 100 orang. Mereka semua akan belajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USD yang memiliki 12 Program Studi. Program studi Pendidikan Agam Katolik dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar masing-masing berjumlah 10 orang, yang lain belajar di 10 program studi berbeda, masing-masing berjumlah 8 orang. Mahasiswa Mappi tinggal di dua tempat, untuk putra bertempat tinggal di asrama Student Residence Kampus 3 USD Paingan dan putri bertempat tinggal di PTPM di daerah Malioboro. Mereka akan di dampingi oleh para pamong/suster.

Setelah sambutan dari pihak USD dan Pemda Mappi, kemudian dilanjutkan dengan pemberian berkas mahasiswa Mappi kepada Rektor USD. Berkas yang diberikan ini merupakan pemberian secara simbolis 100 mahasiswa dari Pemda Mappi kepada USD. Riuh tepuk tangan dari para hadirin mengiringi proses penyerahan.  selesai  sambutan dan pemberian berkas secara simbolis, kemudian  acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama seluruh dari  pihak USD dan pihak Pemda Mappi.

(AHK)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.198.142.121: - 5000.7 ms  |   20 user(s) online