www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Agent of Change FE USD Mendidik Kaum Milenial untuk Bijaksana di Era Digital
USD | 10 September 2018 | 14:40 WIB
  
<i>Agent of Change</i> FE USD Mendidik Kaum Milenial untuk Bijaksana di Era Digital :: usd.ac.id

Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma (FE USD) mengadakan kegiatan Seminar Nasional bertempat di Auditorium Driyarkara USD pada hari Sabtu, 1 September 2018. Seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara Pekan Inisiasi Fakultas Ekonomi (PEKAFE) USD yang dilaksanakan sejak tanggal 13 Agustus 2018. Seminar ini dipersiapkan oleh mahasiswa FE USD yang terdiri dari tiga program studi (prodi) yakni, Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi. Sony, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya ditujukan kepada mahasiswa baru FE USD namun juga terbuka untuk umum. Jumlah peserta dari seminar ini mencapai 600 peserta yang terdiri dari 450 mahasiswa baru FE USD dan 150 peserta umum.

Seminar Nasional yang mengangkat tema “Cerdas Literasi Digital untuk Masa Depan Indonesia” ini didasari oleh permasalahan pesatnya kemajuan teknologi di bidang informasi dengan tujuan mengajak peserta untuk belajar menghadapi dan mengolah informasi yang diterima dengan tepat. Acara ini dibuka oleh Romo Paulus Bambang Irawan S.J., S.S., M.Hum., S.T.D selaku Wakil Rektor III USD. Dalam sambutannya, Romo Bambang mangajak peserta berefleksi tentang “bagaimana manusia tetap bisa menjadi manusia ketika teknologi sudah mengambil alih banyak hal yang biasa dilakukan oleh manusia?”. Romo Bambang juga mengambil sebuah filosofi di mana teknologi diibaratkan sebagai kereta api yang melaju di lintasan tanpa henti, yang lajunya harus diimbangi dengan kekuatan lain, yaitu kebijaksanaan. Di akhir sambutannya, Romo Bambang menegaskan kepada peserta untuk belajar mengolah data menjadi informasi, dari informasi menjadi  pengetahuan, dan dari pengetahuan menjadi kebijaksanaan.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB ini mendatangkan dua orang pembicara yang kompeten di bidang komunikasi dan informasi. Pembicara yang pertama yakni Anton Setiyawan S.Si., MM selaku Direktur Direktorat Proteksi Ekonomi Digital Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pembicara yang kedua yaitu Ridlwan Habib, SIP., M.Si. selaku Pengamat Terorisme dan Executive Director of Indonesian Intelligence Institute. Seminar ini dipandu oleh Nicko Kornelius Putra, S.E, M.Sc. dosen program studi Akuntansi USD.

Pada sesi yang pertama, Anton memaparkan tentang Literasi Digital di Era Milenials. Literasi Digital terdiri dari mencari, mengolah, dan membagikan informasi. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana kita dapat mencari, mengolah, dan membagikan informasi tersebut dengan tepat. Anton juga memaparkan berbagai contoh-contoh hoax dari yang tidak menimbulkan efek apapun, yang menyinggung politik, menimbulkan kesimpulan yang salah, hingga menciptakan konsekuensi serius seperti kekacauan masyarakat. Selain itu, Anton juga menyampaikan beberapa tantangan di era digital, yang terdiri dari tantangan teknologi dan sosiologis. Pada akhir sesi yang pertama, Anton mengingatkan tentang pentingnya literasi digital di kalangan generasi muda yakni guna membangun kemampuan, citra diri, masyarakat, dan generasi. Sesi ini ditutup dengan tanya jawab dan diskusi bersama peserta seminar.

Pada sesi yang kedua, Ridlwan memaparkan tentang bangaimana kita menjadi cerdas di era digital. Ia memberikan pemaparan tentang tiga tipe manusia di era digital. Tipe yang pertama, manusia yang tidak memiliki tujuan, terombang ambing mengikuti arus kehidupan. Tipe yang kedua, manusia yang memilikii tujuan namun tidak bisa mencapai kerena tujuan yang tidak realistis. Tipe yang ketiga adalah manusia yang memiliki tujuan dan memiliki ‘Bola’ di hidupnya. Bola yang dimaksud ialah, hidup dengan  passion, mematahkan kebiasaan negatif, selalu mencoba hal yang baru, selalu berbuat baik, dan selalu ingat keluarga. Di akhir sesi, Ridlwan mengajak peserta untuk mencari ‘Bola’ dalam hidup agar tujuan hidup dapat tercapai.

Seminar ini dibawakan dengan ringan dan menyenangkan hingga para peserta antusias dan semangat dalam mengikutinya. Beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan berpartisipasi dalam sesi. “Acaranya menyenangkan, isi dan materi seminar sangat penting, saya rasa seminar seperti ini perlu diadakan secara rutin oleh kampus.” ujar B.C Axel P yang akrab dipanggil Axel, mahasiswa manajemen USD. Pentingnya seminar ini juga dirasakan oleh salah satu peserta dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bernama Erlinda Dwi Yulianti yang kerap disapa Erlina “Dari awal melihat temanya saja sepertinya sudah menarik, dan ternyata memang menarik sekali, saya senang mengikutinya karena menambah wawasan saya dalam dunia digital.” ujarnya. Seminar Nasional ini ditutup dengan suasana penuh haru dan dramatis di mana masing-masing peserta diminta menulis surat untuk ibu.  

(FEJL YDL)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.147.142.16: - 6495.4 ms  |   20 user(s) online