www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Semangat Gotong Royong USD dalam Acara Dhahar Kembul Bersama Sri Sultan HB X
USD | 09 August 2018 | 11:08 WIB
  
Semangat Gotong Royong USD dalam Acara <i>Dhahar Kembul</i> Bersama Sri Sultan HB X :: usd.ac.id

Universitas Sanata Dharma pada hari Selasa (7/8) mengikuti kegiatan Dhahar Kembul bersama Sri Sultan HB X. Acara tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara Bulan Pancasila dengan tema “Bersatu, Berbagi, dan Berprestasi” yang dimulai sejak tanggal 1 Juni 2018. Dhahar Kembul Bersama Sri Sultasn HB X ini dilaksanakan di pedestrian sepanjang Malioboro Yogyakarta. Acara yang sasaran utamanya adalah kaum muda ini bertujuan agar kaum muda semakin cinta terhadap nilai-nilai Pancasila dan dapat merawat Pancasila di tengah-tengah radikakisme dan intoleransi. Dalam kegiatan ini Universitas Sanata Dharma tidak hanya menghadirkan tim untuk mengikuti acara yang dimulai dari pukul 18.00-21.00 WIB, tetapi juga memberikan dukungan berupa tumpeng.

Widihasta Wasana Putra selaku Koordinator acara mengatakan bahwa Dhahar Kembul ini menjadi simbol gotong royong masyarakat karena donasi tumpeng ini berasal dari masyarakat dan nantinya akan dimakan oleh masyarakat. “Awalnya kami menargetkan 170 buah tumpeng tetapi yang terkumpul justru 357 buah tumpeng, dan tumpeng-tumpeng tersebut dibagikan pada 17 titik, di mana setiap titik mendapatkan sekitar 20 buah tumpeng dan dijaga oleh beberapa relawan seperti organisasi dari masyarakat, komunitas, pramuka, perwakilan mahasiswa, dll” tutur beliau. Tidak hanya itu, dalam acara ini sekaligus juga dibagikan kotak amal untuk donasi korban Bencana Lombok pada setiap titik, yang pada akhirnya akan disalurkan melalui pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat.

Tim dari Universitas Sanata Dharma membantu membagikan tumpeng ke beberapa titik dan berbaur bersama masyarakat yang berkumpul untuk menikmati tumpeng yang telah disediakan. Acara dimulai dengan marching band dari parkir Abu Bakar Ali hingga titik nol kilometer, lalu disusul dengan tarian pembuka di panggung utama. Kemudian acara ini dibuka secara resmi oleh sambutan dari perwakilan panitia dan juga Sri Sultan HB X. Selaku gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyampaikan harapannya untuk warga DIY supaya tetap tunduk terhadap UU dan ideologi Indonesia, sehingga masyarakat harus paham tentang ideologi Pancasila dan jangan sampai mengkhianati ideologi dan rasa kebangsaan. Setelah sambutan, Sri Sultan memotong tumpeng sebagai simbolis bahwa seluruh tumpeng yang berada di sekitar sudah boleh dimakan bersama. Dhahar Kembul pun dilaksanakan sangat meriah oleh masyarakat. Hanya beralaskan tikar bahkan aspal, kami pun menyantap makanan dengan lahapnya.

Tidak hanya gubernur dan masyarakat Yogyakarta saja yang memeriahkan acara ini, para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang berada di Malioboro pun turut berpartisipasi di dalamnya. Acara yang sangat istimewa ini juga dihadiri oleh bupati Jawa tengah Bapak Ganjar Pranowo, dan Bapak Mahmud MD sebagai Dewan pengarah dan Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Idiologi Pancasila (UKP-PIP). Acara ini ditutup dengan penampilan instrumental lagu-lagu daerah maupun wajib pada pukul 21.00 oleh Pricess Violin. Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta lebih memahami makna Pancasila dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

(MS & FAN)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.225.55.174: - 4237.2 ms  |   6 user(s) online