www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Inisiasi Sanata Dharma Gelombang 2:
Temukan Passionmu, Berikan Perubahan Baik Bagi Sesama
USD | 09 August 2018 | 10:12 WIB
  
Inisiasi Sanata Dharma Gelombang 2:<br>Temukan <i>Passionmu</i>, Berikan Perubahan Baik Bagi Sesama :: usd.ac.id

Universitas Sanata Dharma (USD), pada hari Senin-Selasa 6-7 Agustus 2018 kembali menggelar Inisiasi Sanata Dharma (Insadha), kali ini untuk gelombang ke-2. Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa baru yang sudah secara resmi diterima di USD. kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa baru dapat mengenal lebih mendalam kampus USD, baik itu dari jajaran rektorat, kegiatan perkuliahan, fasilitas, dan berbagai keunggulan dan kekhasan USD. Selain itu, tim panitia Insadha juga turut berpartisipasi  membantu para mahasiswa baru untuk semakin mengenal dan memantapkan panggilannya menjadi seorang mahasiswa yang cerdas dan humanis, melalui berbagai dinamika-dinamika yang tentu dapat memotivasi para mahasiswa baru untuk menggali pontensi dan menggapai cita-cita mereka di USD. Sesuai dengan tema Insadha tahun ini “Gembira menggali pontensi, Bersinergi menggapai mimpi”. Tema tersebut memiliki makna bahwa dalam proses penggalian potensi harus diiringi dengan rasa gembira dalam artian berani dan percaya diri. Seseorang yang mampu menemukan potensinya dan diwujudkan secara optimal, mereka akan dapat menjadi individu yang utuh dan unik. Keutuhan dan keunikan setiap orang jika disatukan dapat menciptakan sebuah sinergi. Saling melengkapi dan mendukung segala perbedaan serta keunikan potensi inilah yang membuat seseorang dan lainnya kuat dalam mencapai satu impian bersama.

Kegiatan Insadha pada hari pertama dimulai pada pukul 06.00 WIB. Seluruh mahasiswa baru berkumpul di Kampus I Mrican menggunakan beberapa atribut seperti pakaian formal putih polos berlengan panjang atau pendek, celana berbahan kain berwarna hitam, sepatu tertutup, tas ransel, dan call-card yang sudah ditentukan oleh setiap kelompok. Para mahasiswa baru berkumpul pada masing- masing kelompok dan didampingi oleh para dampok. Setelah itu, mereka berjalan menuju Auditorium Driyarkara Kampus II USD untuk mengikuti setiap jalannya acara yang sudah dipersiapkan oleh panitia Insadha 2018. Kesempatan mendapatkan pengalaman baru dirasakan oleh seluruh peserta Insadha, tak terkecuali oleh Rizki Anom mahasiswa Pendidikan Sejarah 2018 dan Ganita Dina mahasiswa Manajemen 2018. “Senang sekali mendapat kesempatan dapat berbaur dengan teman- teman baru dari seluruh penjuru negeri ini. Pastinya pengalaman baru dan berkesan selama Insadha ini membuat saya lebih bersemangat dalam memasuki fase perkuliahan di Sanata Dharma.” tutur kedua mahasiswa baru tersebut.

Pada hari kedua penyelenggaraan Insadha gelombang 2, tokoh inspiratif didatangkan secara langsung d itengah-tengah mahasiswa baru untuk memberikan motivasi dan pengalaman pribadi dari setiap tokoh. Tokoh inspiratif itu adalah Pendiri Sokola Rimba yakni Saur Marlina Manurung dan perwakilan Komunitas Book for Mountain yakni Niniek Febriany. Kedua tokoh inspiratif ini memiliki kesamaan yaitu kepedulian terhadap sesama di bidang pendidikan.

Saur Marlina Manurung atau panggilan akrabnya “Butet” adalah seorang pendiri sekolah rimba yang ada di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Jambi. Ia merupakan seorang sarjana dan master di bidang Antropolog. Ia membagikan pengalamannya selama ia hidup bersama dengan orang-orang  suku rimba (Orang Kubu). Butet mengatakan bahwa ia merasa  sedih  ditengah zaman yang modern ini masih ada orang-orang (Orang Kubu) yang masih belum bisa membaca dan menulis Akibatnya ketidaktahuan itu, orang-orang suku rimba harus kehilangan tempat tinggalnya karena ditipu oleh orang-orang kota yang ingin meraup keuntungan dari alam yang ada situ. Kemudian dengan segala kerja keras dan usahanya, Butet dapat mendirikan sekola Rimba, sebagai jawaban atas keprihatinannya kepada suku rimba. Sekolah itu didirikan pada Tahun 2003 lalu dan hingga saat ini sudah menyebar ke berbagai pelosok negeri seperti Asmat, Flores, jember, dan masih banyak lagi. “Jangan sia- siakan hidupmu, karena Tuhan sudah memberikan talenta kepada setiap manusia, tinggal dari dalam diri kita masing- masing mau menemukan passion itu serta mengasahnya agar dapat memberikan manfaat bagi sekitar kita.” tutur wanita yang pernah mendapatkan penghargaan Heroes of Asia Award 2004 dari majalah Time.

Lain halnya dengan Komunitas Book For Montain. Perwakilan dari komunitas ini yakni Niniek menuturkan Berawal dari Kegiatan KKN, mereka melihat bahwa pendidikan yang ada di tempat  KKN (yang berada di kaki Gunung Rinjani) tidak menunjang belajar untuk anak-anak sekitar. Masih banyak fasilitas yang tidak memadai bagi anak-anak sekitar untuk memperoleh pendidikan yang layak. Berawal dari keprihatinan tersebut akhirnya mereka tergerak untuk membangun perpustakaan sebagai sarana untuk belajar anak-anak di lereng kaki Gunung Rinjani tersebut. Mereka juga menulis buku cerita yang sesuai dengan situasi setempat. Komunitas Book For Montain juga membuka bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan buku dapat diberikan kepada pihak mereka, kemudian buku tersebut akan diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan. Hadirnya komunitas Komunitas Book For Montaindapat menjadi awal bagi munculnya semangat- semangat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dunia pendidikan di Indonesia. “Semboyan We love kids, we love books, we adore Indonesia akan terus diperjuangkan oleh setiap anggota komunitas Book For Montaintutur mahasiswi lulusan Arsitektur UGM.

Sesi dilanjutkan dengan tanya jawab antara peserta Insadha dengan para pembicara. Antusiasme peserta Insadha sangat besar untuk mengajukan pertanyaan kepada kedua pembicara. Antusiasme dari peserta menunjukkan bahwa kedua tokoh tersebut telah memberikan inspirasi kepada mahasiswa baru yang sebentar lagi akan menjalani perkuliahan di USD. Berbagai motivasi dan semangat yang disalurkan dari kedua tokoh sekiranya memberikan kekuatan dan semangat baru bagi para mahasiswa baru untuk meraih cita-citanya di USD, serta harapannya dapat menyalurkan ilmunya kelak bagi masyarakat dan bangsa.

Setelah sesi motivasi usai dilaksanakan, acara dilanjutkan kembali dengan berbagai kegiatan seperti fragmen dari sie kesenian Insadha, dinamika kelompok dan menyanyikan jingle Insadha 2018. Danu selaku panitia inti dari kegiatan Insadha 2018 mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan Insadha gelombang 2 tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. “Seluruh panitia mengevaluasi kekurangan- kekurangan selama Insadha gelombang 1, kemudian diperbaiki dan ditingkatkan agar penyelenggaraan Insadha gelombang 2 dan 3 berjalan lebih baik dan sukses.” tutur Danu.

Kesan positif dari kegiatan Insadha gelombang 2 juga dirasakan salah satu peserta yaitu Shine. Mahasiswa angkatan 2018 program studi Teknik Informatika ini menegaskan bahwa selama kegiatan Insadha banyak sekali  hal yang bisa dinikmati. “Ada hal baru yang bisa saya dapatkan contohnya tentang lingkungan kampus Universitas Sanata Dharma dan seluruh isinya.” tutur Shine.

(AHK & KYP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.90.109.231: - 181.7 ms  |   4 user(s) online