www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Sosialisasi PKM 2018 bagi Mahasiswa USD
USD | 12 June 2018 | 15:49 WIB
  
Sosialisasi PKM 2018 bagi Mahasiswa USD :: usd.ac.id

Bertempat di Ruang Seminar Auditorium Driyarkara Kampus 2 Universitas Sanata Dharma (USD), pada hari Jumat (8/6) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggandeng Tim Manajemen Progam Kreativitas Mahasiswa (PKM) USD mengadakan sosialisasi PKM 2018. Tujuan dari acara sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan dan mengajak para mahasiswa USD untuk menggali ide-ide sehingga dapat mengimplementasikan ide tersebut ke masyarakat luas.

Romo Paulus Bambang Irawan, SJ, SS, MHum, STD selaku Wakil Rektor III USD dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa yang hadir pada sosialisasi PKM  di tengah usainya Ujian Akhir Semester dan mendekati waktu liburan, teman-teman mahasiswa masih menyempatkan hadir. “Pada kesempatan kali ini kita akan mendengarkan penjelasan tentang PKM dari Tim Manajemen PKM USD mengenai prosesnya, dari awal sampai nanti berakhir di Pekan Ilmiah Nasional 2018.” tutur Romo Bambang.

“Mengapa kita harus ikut berpartisipasi dalam PKM ini, membuat aneka macam kegiatan, dan memberikan bakti kita kepada masyarakat? Karena menurut saya ilmu itu tidak hanya didapat dari perkuliahan atau belajar di ruangan saja. Ilmu itu justru diperoleh dan dirasakan sungguh ketika kita menghadapi permasalahan yang konkrit di dalam masyarakat. PKM ini adalah salah satu cara supaya apa yang kita pelajari itu sinkron dengan apa yang diinginkan atau diharapkan oleh masyarakat. Dari bermacam- macam kajian ilmu yang kita miliki dapat kita jadikan solusi dari permasalahan yang ada di sekitar kita” tambah Romo Bambang.

Romo Bambang memberikan harapan kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar dengan ide yang akan dituangkan dalam proposal PKM ini ke depannya dapat membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik lagi. “Maka selamat berproses, saya yakin nantinya banyak dari mahasiswa USD akan ikut ambil bagian dalam memberikan kontribusi nyata pada bangsa ini, dimulai dari masyarakat di Jogja.” pungkas Romo Bambang.

Setelah sambutan dari Romo Bambang, tiba saatnya memasuki acara inti yaitu pemaparan tentang PKM oleh Tim Manajemen PKM USD. Tim ini terdiri dari 4 dosen USD yaitu bapak Ir. Tjendro, M.Kom. selaku dosen Teknik Elektro, ibu Maria Suci Apriani, S.Pd., M.Sc. selaku dosen Pendidikan Matematika, kemudian ibu Dita Maria Virginia, S.Farm., Apt., M.Sc. selaku dosen Farmasi, dan yang terakhir adalah ibu Ag. Krisna Indah Marheni, S.Pd., M.A. selaku dosen Bimbingan dan Konseling. Sebagai Tim Manajemen PKM dari USD, mereka memiliki kompetensi pada bidangnya masing-masing dan diharapkan dapat membimbing mahasiswa USD agar dapat berkancah lebih jauh memberikan sumbangsih gagasan kepada masyarakat Indonesia.

Pak Tjendro memulai sosialisasi kepada mahasiswa yang hadir dengan menyampaikan bahwa seluruh mahasiswa yang hadir di sini adalah wajah-wajah juara. Di tengah euforia UAS telah berakhir dan menyambut libur lebaran, para mahasiswa yang hadir di sini menunjukkan semangat dan determinasi untuk menjadi juara dalam PKM tahun ini. “Saat nanti kalian pulang menuju kampung halaman masing-masing, tolong diresapi dan dipikirkan ide apa yang bisa menjadi bahan untuk PKM nantinya. Jadi saya menugaskan kalian setelah undur diri dari acara sosialisasi ini kalian bisa menemukan permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekeliling kalian dan kalian bisa memberikan solusinya.” ucap Pak Tjendro.

Ibu Indah pun juga menyampaikan kepada seluruh mahasiswa bahwa tujuan dari sosialisasi PKM ini adalah untuk membantu menumbuhkembangkan minat mahasiswa dalam mengabdikan ilmunya untuk mencerminkan solusi atas persoalan yang muncul di masyarakat melalui terobosan yang kreatif dan inovatif. Dari ide-ide sederhana itulah yang nantinya dapat memberikan dampak nyata bagi kehidupan masyarakat luas. Mahasiswa yang nantinya mengikuti kegiatan PKM ini harus dapat mengimplementasikan kemampuan dan keahlian yang dimilikinya dari segala aspek bidang ilmu yang ditekuni, kemudian memiliki sikap tanggung jawab dan bisa membangun kerja sama tim, dan juga mengembangkan kemandirian.

Adapun langkah-langkah untuk mengikuti kegiatan PKM ini dijelaskan secara rinci oleh Tim Manajemen PKM USD. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki ide kreatif atau masalah yang ingin diselesaikan. Hal ini merupakan dasar yang harus dimiliki oleh setiap kelompok yang akan ikut berpartisipasi dalam PKM. Kemudian setelah mendapatkan ide kreatif, carilah pembimbing dari Dosen USD yang memiliki kompeten di bidangnya dan sesuai satu dengan yang lain. Hal ini perlu dilakukan agar dosen dapat mengkaji topik yang ada agar dapat dirumuskan dengan matang oleh tim tersebut. Selanjutnya adalah membuat proposal sesuai dengan pedoman yang sudah ditentukan. Jangan melebihi ataupun kurang dari pedoman yang sudah ditentukan. Apabila sudah membuat proposal, langkah berikutnya adalah mendaftarkan keikutsertaan PKM ke Tim Manajemen PKM (isi melalui google form), serahkan draft ke Tim Manajemen untuk dikoreksi. Selagi menunggu koreksi dari Tim Manajemen, mahasiswa yang akan mengikuti PKM diwajibkan melengkapi tanda tangan Pembimbing PKM dan Wakil Rektor III. Setelah hasil koreksian sudah mendapat Acc, lakukanlah registrasi dan upload proposal di belmawa.ristekdikti. Setelah diunggah cek hasil upload dengan mendownload file yang sudah diunggah tadi, hal ini dilakukan untuk memastikan agar file yang kita unggah sudah benar. Tunggu pengumuman dari Ristekdikti pada awal tahun 2019 untuk mengetahui apakah PKM lolos dan didanai oleh Dikti.

Secara garis besar mahasiswa dapat mengikuti PKM yang dibagi dalam 2 kelompok besar yaitu PKM Proposal Kegiatan dan PKM Proposal Karya Tulis. PKM Proposal Kegiatan dibagi menjadi 5 jenis yaitu PKM-T (Terapan), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-KC (Karsa Cipta), dan yang terakhir adalah PKM-P (Penelitian) yang masih dibagi menjadi 2 yaitu PKM-PE (Penelitian Eksakta) dan PKM-PSH (Penilitian Sosial Humaniora). Apabila lolos nantinya akan diberikan dana oleh dikti untuk melakukan kegiatan PKM tersebut. Dari yang lolos tersebut nantinya akan disaring lagi untuk dapat mengikuti Pimnas.

Sedangkan PKM Proposal Karya Tulis dibagi lagi menjadi 2 yaitu PKM-GT (Gagasan Tertulis) dan PKM-AI (Artikel Ilmiah). Hal yang membedakan kedua jenis PKM proposal kegiatan dengan proposal karya tulis adalah pada PKM Proposal kegiatan setelah menerima dana wajib melakukan kegiatan yang sudah tercantum pada proposal, sedangkan PKM Karya tulis tidak perlu melakukan kegiatan dan langsung diberi kontraprestasi oleh Dikti dan juga berkesempatan mengikuti Pimnas bagi PKM-GT. Sedangkan PKM-AI mendapatkan kontraprestasi dalam bentuk jurnal. Namun persamaan antar kedua proposal ini adalah sama-sama bekerja dalam tim, sehingga kerja sama menjadi nilai penting dalam penilaian.

(APV & KYP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.196.26.1: - 5998.3 ms  |   21 user(s) online