www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Kuliah Umum Sastra Indonesia USD: Penerbitan pada Era Disrupsi
USD | 11 June 2018 | 11:11 WIB
  
Kuliah Umum Sastra Indonesia USD: Penerbitan pada Era Disrupsi :: usd.ac.id

Program Studi Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma pada hari Kamis (7/6) mengadakan kuliah umum akhir semester bertajuk “Penerbitan pada Era Disrupsi” dengan dua narasumber Drs. Sugiharto dari Gramedia Pustaka Utama dan Joko Irawan Mumpuni dari Andi Offset.

Dr. Tatang Iskarna selaku Dekan Fakultas Sastra USD dalam sambutannya menyampaikan bahwa dewasa ini, dunia industri telah memasuki zaman 4.0. Pola produksi 4.0 memungkinkan segala macam alat produksi yang sudah otomatis diatur oleh sistem pula. Zaman ini menuntut manusia untuk dapat bekerja dengan cepat dan lintas ketrampilan.

Acara kuliah umum ini dipandu oleh dosen Sastra Indonesia USD, Sony Christian Sudarsono, S.S., M.A. sebagai moderator. Pembicara pertama, Joko Irawan menyampaikan tentang apa itu era disrupsi, dan cara penerbitan tetap bertahan di dalam era ini. Joko Irawan menyampaikan juga bahwa dalam era ini penerbitan buku perlu juga melihat tren pasaran, karena bagaimanapun buku yang dicetak harus ada yang beli. Di sisi lain, jika seseorang telah memiliki pasar sendiri, maka dia dapat pula menciptakan trennya.

Pembicara kedua, Drs. Sugiharto dalam paparan materinya mengungkapkan banyak data tentang penerbitan buku. Dalam beberapa tahun belakangan, penerbitan buku di Indonesia terus mengalami peningkatan. Selain itu, sekarang industri buku telah mampu bertransformasi menjadi bentuk lain juga. Ada setidaknya dua jenis bentuk buku yang sedang dikembangkan yakni bentuk audio book (A-Book) dan bentuk video book (V-Book) atau bisa disebut augmented book. Dalam kesimpulannya, beliau menjelaskan bahwa lulusan dari Program Studi Sastra Indonesia tidak hanya cukup bisa menulis dengan baik, tetapi juga mampu berkerjasama dengan bidang-bidang lain.

Pada sesi tanya jawab, mahasiswa Sastra Indonesia lebih tertarik mengetahui seluk beluk penerbitan dan bagaimana proses sebuah naskah dapat diterbitkan. Seorang mahasiswa, Agustinus Kus Demas Seco menanyakan soal cara mendapatkan ISBN bagi seseorang yang ingin menerbitkan buku sendiri. Mahasiswa lain, bernama Juan menanyakan tentang cara membuat tren untuk buku yang akan diterbitkan dan bagaimana tren itu bertahan di masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran buku dari salah seorang dosen Sastra Indonesia, Dr. Yoseph Yapi Taum, M. Hum. Buku itu berjudul Kajian Semiotika: Godlob dalam perspektif Teuww. Buku tersebut adalah hasil skripsi S-1 beliau yang telah diubah sedikit agar lebih enak dibaca sebagai buku. Acara ditutup dengan sambutan dari Ketua Pusat Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, Prof. Dr. Praptomo Baryadi Isodarus, M.Hum. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi peluncuran buku tersebut dan mengucap syukur atas proses akreditasi yang telah dilalui Program Studi Sastra Indonesia yang mendapat akreditasi A kembali dengan nilai yang tinggi, juga terima kasih terhadap semua pihak yang telah membantu. Seluruh rangkaian acara tersebut diakhiri dengan buka puasa bersama seluruh civitas akademika Sastra Indonesia.

(ARR & ATP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.196.26.1: - 5937.9 ms  |   30 user(s) online