www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Aksi Donor Darah USD dalam Rangka Kemanusiaan
USD | 08 June 2018 | 08:47 WIB
  
Aksi Donor Darah USD dalam Rangka Kemanusiaan :: usd.ac.id

Panitia Dies Natalis Universitas Sanata Dharma (USD) bekerja sama dengan Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) Rumah Sakit Dr. Sardjito, Ikatan Karyawan-karyawati Sanata Dharma (IKIS), dan Resimen Mahasiswa USD menyelenggarakan aksi donor darah dalam rangka kemanusiaan dan rangkaian acara Dies Natalis USD ke-63. Aksi donor darah tersebut dilaksanakan di dua tempat, yaitu Gedung Utama Hall Selatan Kampus 3 USD Paingan pada 4 Juni 2018 dan Panggung Terbuka Kampus 2 USD Mrican pada 7 Juni 2018.

USD sudah kerap melakukan aksi donor darah, untuk aksi donor darah kali ini dilatarbelakangi oleh semakin sulitnya mencari stok darah di rumah sakit-rumah sakit Yogyakarta, terutama RS Dr. Sardjito. "Maka dari itu UPTD RS Dr. Sardjito mengajak USD bekerja sama untuk melakukan aksi kemanusiaan ini untuk membantu sesama" ucap Martinus Martono, salah satu Panitia Dies Natalis USD.

Aksi yang dilakukan di Kampus 3 USD Paingan pada tanggal 4 Juni 2018 menghasilkan 70-an kantong darah dari 90-an peserta yang mendaftar. Sama halnya dengan aksi yang dilakukan di Kampus 2 USD Mrican, menghasilkan kurang lebih 60 kantong darah. Tidak semua peserta dapat mendonorkan darahnya dikarenakan kondisi peserta yang tidak memungkinkan. Peserta yang ingin menjadi pendonor haruslah dalam kondisi yang benar-benar sehat. Kondisi sehat yang dimaksudkan paling tidak kadar haemoglobin (Hb) yang cukup, tekanan darah yang normal, dan tidak sedang sakit. USD sangat mengapresiasi antusias peserta yang ingin mendonorkan darahnya. Antusias ini menunjukkan masih banyak yang peduli akan kemanusiaan. Peserta yang mendukung aksi kemanusiaan tersebut tidak hanya Sivitas Akademika USD, ada pula dari luar USD. Acara yang dilakukan di tempat terbuka tersebut bertujuan agar siapapun yang lewat bisa melihat dan diharapkan tergerak hatinya untuk menyumbangkan setetes darahnya.

Melakukan donor darah secara rutin dapat memberikan manfaat yang baik. Pengalaman dari Martinus Martono, kadar trigliserida-nya turun saat rutin mendonorkan darahnya. “Selain itu, dengan mendonorkan darah, darah dalam tubuh kita akan terbarukan.” ujar Martinus Martono. Panitia berharap bagi orang-orang yang baru pertama kali mendonor, akan menjadi pendonor rutin ke depannya karena mencari darah tidak mudah dan dengan menyumbang darah, kita bisa membantu sesama kita yang membutuhkan. "Semoga setelah acara ini para pendonor yang ingin melanjutkan donor darah bisa langsung datang ke UPTD RS Dr. Sardjito atau PMI, tidak hanya sewaktu USD mengadakan acara semacam ini saja." tambahnya.

(ATP & TAP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.224.235.183: - 3066.7 ms  |   19 user(s) online