www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Program Kerjasama
USD Kirim Dua Mahasiswa untuk Belajar di HAN University Belanda
USD | 16 May 2018 | 10:06 WIB
  
Program Kerjasama<br>USD Kirim Dua Mahasiswa untuk Belajar di HAN <i>University</i> Belanda :: usd.ac.id

Sebagai bentuk kerjasama antara Universitas Sanata Dharma (USD) dan HAN University Belanda, tahun 2018 ini USD mengirimkan 2 orang mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk belajar di HAN University selama 3 bulan mulai dari bulan Februari hingga bulan April. Kedua mahasiswa tersebut adalah Ria Natalia Sitompul dan Dea Carla Monita.  

Selama 3 bulan mereka mengikuti berbagai kelas yang bertujuan untuk menambah wawasan, di antaranya kelas pertunjukkan seni, kelas re-thinking: Dutch Education, kelas global citizenship, serta satu kelas pilihan yaitu Bahasa Belanda. Tidak hanya itu, sebagai mahasiswa pertukaran pelajar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, mereka juga melakukan praktik mengajar di sekolah “De Geldershof” di Lent, Belanda. Murid-murid dari sekolah tersebut berusia 4-6 tahun dengan bahasa pengantar adalah bahasa Belanda. Hal ini sempat menjadi kendala bagi mereka karena bahasa yang mereka gunakan di Belanda adalah bahasa Inggris. Meskipun bahasa sempat menjadi kendala dalam menyampaikan materi, mereka menggunakan metode story telling yang disampaikan dengan ekspresif sehingga murid dapat memahami materi dari cerita yang disampaikan. Dari praktik mengajar tersebut mereka mengerti bagaimana sistem pendidikan di Belanda yang berbeda dengan sebagian besar sekolah di Indonesia. Sistem pendidikan yang dipakai bebas dan tidak membebani murid sehingga mengajarkan murid untuk memiliki rasa tanggung jawab. Selain praktek mengajar di  “De Geldershof”, mereka juga mengunjungi sekolah “Montessori” dan “Jenaplan”.

Selain praktek mengajar, mengunjungi Gedung Parlemen di Eropa adalah salah satu kegiatan yang sangat berkesan bagi mereka. Di Gedung Parlemen tersebut, mereka melakukan role-play sebagai pemimpin negara-negara di Eropa sehingga mereka mendapatkan gambaran tentang cara pemimpin Eropa berdiskusi dalam mencari solusi masalah dunia.  Mereka pun menjadi tahu masalah yang sedang terjadi di benua Eropa seperti penanaman Chip Card pada manusia, isu ekonomi, dan lingkungan. Tidak hanya mengikuti kelas, mereka juga berkesempatan mengunjungi kota Berlin di Jerman sebagai mahasiswa yang tergabung dalam International Students Association.

Sebagai mahasiswa dari Indonesia, mereka pun sempat menyampaikan presentasi tentang Indonesia khususnya letak geografis, makanan, tempat wisata, dan permainan tradisional. Setelah presentasi, mereka menyanyikan lagu “Tanah Airku” ciptaan Ibu Sud. Secara bergilir, mahasiswa dari negara lain pun melakukan presentasi tentang negara mereka sehingga mereka saling memahami karakteristik dan budaya yang ada di negara masing-masing. Menjalin relasi yang baik dengan mahasiswa dari berbagai negara dan belajar di negara yang memiliki banyak perbedaan dengan tanah air membuat mereka merasakan dan mendapatkan banyak pengalaman yang membuat mereka berkembang baik secara personal maupun akademis.

(CK)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.225.55.174: - 4243 ms  |   20 user(s) online