www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Dosen dan Mahasiswa MPBSI USD Jadi Pemakalah dalam Konferensi Internasional dan Seminar Nasional Linguistik
USD | 16 May 2018 | 09:57 WIB
  
Dosen dan Mahasiswa MPBSI USD Jadi Pemakalah  dalam Konferensi Internasional dan Seminar Nasional Linguistik :: usd.ac.id

Sejumlah dosen dan mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (MPBSI), Universitas Sanata Dharma (USD), menjadi pemakalah dalam konferensi internasional dan seminar nasional linguistik. Konferensi internasional dan seminar nasional linguistik itu berlangsung di dua tempat berbeda, masing-masing di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Konferensi internasional di UPI merupakan agenda Seminar Tahunan Linguistik (Setali) yang diselenggarakan Program Linguistik UPI bekerja sama dengan Masyarakat Linguistik Indonesia, berlangsung pada 5-6 Mei 2018. Sementara itu, seminar nasional linguistik (Semnasling) di UGM diselenggarakan Program Linguistik UGM, berlangsung pada 8-9 Mei 2018.

Hadir dalam konferensi internasional Setali UPI 3 (tiga) dosen MPBSI sebagai pembicara, yakni  Dr. Yuliana Setyaningsih, M. Pd., Dr. R. Kunjana Rahardi, M. Hum., dan Prof. Dr. Pranowo, M. Pd. Pada konferensi tersebut, Dr. Yuliana Setyaningsih, M. Pd., mempresentasikan artikel “Optimalisasi Kualitas Argumen dalam Tulisan Argumentatif Mahasiswa melalui Pemanfaatan Warrant Mutakhir”. Dua dosen lain dari Program MPBSI mengangkat topik “konteks”. Dr. R. Kunjana Rahardi, M. Hum., memaparkan telaah akademis tentang “Kajian Elemen dan Fungsi Konteks Sosial dan Situasional dalam Menentukan Makna Pragmatik Kefatisan Berbahasa”, sedangkan Prof. Dr. Pranowo, M. Pd., meninjau fungsi konteks dalam kaitan dengan kesantunan berbahasa melalui ulasan “Fungsi Konteks agar Santun dalam Berbicara di Muka Publik”.

Selain tiga dosen MPBSI, hadir pula 4 (empat) mahasiswa yang turut mempresentasikan artikel mereka dalam Konferensi internasional di UPI. Mereka adalah Odilia Jayanti Mahu, Septinlovenia Indrati, Stefanus Candra Saputra, dan Erlita Mega Ananta. Odilia Jayanti Mahu mempresentasikan makalah “Konteks Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Analisis Pragmatik”. Perspektif Ekolinguistik dimanfaatkan Septinlovenia Indrati untuk menggali nilai kearifan lokal yang dipaparkan dalam artikel “Menggali Kearifan Lokal melalui Upacara Adat Panggih di Yogyakarta”. Dua mahasiswa lainnya mengangkat topik Psikolinguisitik. Stefanus Candra Saputra memaparkan “Pengaruh Komprehensi Bahasa pada Anak Slow Learner” dan Erlita Mega Ananta menyajikan artikel hasil pemikiran “Pemerolehan Bahasa Kedua”

Sementara itu, dalam Semnasling di UGM hadir tiga mahasiswa dari Program MPBSI, USD. Mereka adalah Antonius Nesi, Yolenta S Ambon, dan Angela Diyansih Wisesa Chuntala. Seminar yang mengangkat topik “Bahasa di Era Global: Aspek-aspek Struktural, Sosial, dan Terapan” menghadirkan banyak peneliti muda dari seluruh pelosok negeri terutama mahasiswa pascasarjana yang sedang menyelesaikan tesis dan disertasi dalam bidang linguistik dan pembelajaran bahasa. Pada Semnasling itu Antonius Nesi menyajikan hasil kajian “Pelestarian Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Tutur Adat Lisan Takanab: Perspektif Ekolinguistik Metaforis”, Yolenta S Ambon mempresentasikan makalah “Model Claim dalam Artikel Jurnal Mahasiswa”, dan Angela Diyansih Wisesa Chuntala melalui paradigma analisis wacana kritis menyibak “Konflik Sara, Kasus Dugaan Penistaan Agama dalam Berbagai Adegan Tutur”.

Topik-topik seminar yang dipresentasikan para mahasiswa Program MPBSI USD pada konferensi internasional Setali UPI dan Semnasling UGM ini merupakan bagian dari hasil penelitian tesis, kajian studi lapangan, dan/atau artikel hasil pemikiran kritis dari pergumulan akademis selama proses perkuliahan di Program MPBSI USD. Dr. R. Kunjana Rahardi, M. Hum., selaku Ketua Program Studi dan semua dosen Program MPBSI terus memberi motivasi kepada para mahasiswa untuk melibatkan diri dalam forum-forum ilmiah di luar kampus USD, baik di tingkat internasional maupun nasional.

(AN)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.224.56.126: - 5850 ms  |   13 user(s) online