www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Sebagian Mahasiswa PMAT USD Ikuti Seminar Nasional di UM Purworejo
USD | 14 May 2018 | 16:34 WIB
  
Sebagian Mahasiswa PMAT USD Ikuti Seminar Nasional di UM Purworejo :: usd.ac.id

Mata kuliah Kapita Selekta Matematika merupakan mata kuliah yang membahas topik-topik tertentu dalam bidang Matematika. Dalam mata kuliah ini, para mahasiswa didampingi untuk mempelajari artikel-artikel dalam jurnal atau prosiding, lalu mengembangkannya dalam penelitian kecil. Di akhir kuliah, sebagai learning outcome, para mahasiswa dituntut untuk menghasilkan sebuah artikel hasil penelitian mereka dan mempresentasikannya dalam seminar nasional.

Dalam konteks inilah, pada hari Sabtu, 12 Mei 2018, sebanyak 55 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma (PMAT USD) mengikuti Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENDIKA 2018) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo. Para mahasiswa tersebut didampingi dua dosen, Bapak Beni Utomo, M.Sc. dan Bapak Dominikus Arif Budi Prasetyo, M.Si., yang juga mempresentasikan makalah. Ikut juga dalam rombongan ini, tiga mahasiswa Program Magister Pendidikan Matematika yang juga mempresentasikan makalah mereka.

Panitia mengakui bahwa rombongan USD merupakan rombongan terbesar dalam event itu. Dari 101 makalah yang dipresentasikan, USD mempresentasikan 23 makalah. Dari 23 makalah tersebut, 19 di antaranya merupakan hasil penelitian pada mahasiswa Program Sarjana yang merupakan hasil akhir proses pembelajaran dalam mata kuliah Kapita Selekta Matematika.

Sebagian besar penelitian Matematika kali ini termasuk dalam bidang etnomatematika. Para mahasiswa melakukan penelitian, pengamatan, dan analisa matematis terhadap beberapa bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia. Tiga kelompok, misalnya, mengamati unsur-unsur matematika yang ditemukan dalam tari-tarian, yaitu tari Saman (Aceh), tari Poco-poco (Manado), dan tari Rangku Alu dari Manggarai. Empat kelompok lain mengamati unsur-unsur matematika yang terdapat pada bentuk kebudayaan yang tertuang dalam beragam kain tradisional. Satu kelompok mengamati pola-pola kristalografi yang terdapat pada 65 kain batik Jogya. Kelompok lain berhasil mengembangkan sebuah program komputer dengan bahasa pemrograman Python untuk mendapatkan pola yang ditemukan dalam batik sulur dari Cirebon. Beberapa mahasiswa lain tertarik untuk mengamati unsur matematis dalam beberapa lagu daerah seperti lagu dolanan anak-anak cublak-cublak suweng dan lagu-lagu bergaya pentatonis lainnya.

Penelitian-penelitian lain yang tidak etnomatematika juga dilakukan oleh mahasiswa. Ada kelompok yang tertarik untuk menggunakan kerangka teori graf dan mengaplikasikannya dalam menemukan jalur terpendek kunjungan tujuh museum di Yogyakarta. Kelompok lain tertarik untuk melakukan penelitian dalam bidang struktur aljabar, yaitu melakukan penelitian tentang Ideal Semigrup Q-fuzzy. Dalam bidang geometri, ada kelompok yang membahas tentang Geometri Taxi Cab. Bagi yang berminat untuk mendalami hasil penelitian para mahasiswa, dapat mengunjungi laman http://sendika.pmat-umpwr.info/?page=pemakalah&halaman=1, dan mengunduh paper-paper yang mereka buat. Prosiding sedang disiapkan oleh panitia.

Romo Eko Budi Santoso, S.J., Ph.D. sebagai salah satu dosen yang mengampu mata kuliah Kapita Selekta Matematika menyatakan bahwa hasil penelitian para mahasiswa tersebut masih sangat mungkin untuk ditingkatkan. Ini merupakan penelitian dan publikasi pertama mereka dalam bidang matematika. Yang patut dibanggakan adalah semangat juang dan ketekunan para mahasiswa, dari mulai mencari topik penelitian, melakukan kajian pustaka, membuat proposal, mengirim abstrak, hingga menyelesaikan sebuah artikel ilmiah. Keseluruhan proses ini dilakukan dalam waktu tiga bulan. Tentu ini membutuhkan kerja keras dan ketekunan dari pihak mereka.  

Lebih lanjut dosen yang sering disapa Romo Eko ini juga menyampaikan bahwa melalui mata kuliah Kapita Selekta Matematika, mahasiswa diharapkan memiliki pengalaman mengadakan penelitian bidang matematika, menulis artikel ilmiah, dan mempresentasikannya dalam forum seminar nasional. Hal ini tentu menjadi salah satu persiapan yang berguna dalam melakukan penelitian untuk penulisan skripsi. Untuk ke depannya, mahasiswa diharapkan memiliki kebiasaan untuk meneliti, menulis, dan mempresentasikan hasil penelitian tersebut.

(EBS)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.81.0.22: - 2305.4 ms  |   29 user(s) online