www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Mangunkarsa: Melanjutkan Perjuangan Romo Mangun
USD | 10 April 2018 | 13:11 WIB
  
Mangunkarsa: Melanjutkan Perjuangan Romo Mangun :: usd.ac.id

Tim Relawan Peduli Grigak pada hari Jumat (6/4) menggelar sebuah diskusi yang dilaksanakan di Pusat Studi Lingkungan Universitas Sanata Dharma. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di antaranya Universitas Sanata Dharma (USD), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Diskusi santai tersebut dibuka dengan paparan dari Dr. Ir. Paulus  Wiryono P., S.J  selaku Ketua Tim Grigak dan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK). Pembangunan Proyek Eco Camp “Mangun Karsa” diawali dengan penjelasan secara singkat historial beserta napak tilas Romo Mangun. Romo Wiryono juga memberikan sebuah gambaran pengorganisasian masyarakat. Pembangunan Eco Camp ini diharapkan bisa menjadi potensi bagi pengembangan wisata, pemanfaatan air bawah tanah, dan pengembangan energi terbarukan. Selain itu, diharapkan dapat menjadi pelestarian kearifan lokal masyarakat Gunung Kidul seperti makanan khas sekitar, membatik, dan membuat jamu. Sesi selanjutnya peserta melakukan sharing dengan bertukar pendapat menyampaikan gagasannya.

Minggu (8/4), Romo Wiryono beserta tim mendatangi Pantai Grigak untuk melihat sekaligus memantau “Mangunkarsa” yang menjadi ‘proyek’ sosial mereka. Di desa tersebut, Romo Wiryono beserta tim telah membangun fasilitas aliran air dengan energi terbarukan agar warga desa setempat dapat mendapat air dengan mudah. “Ya kami senang, ndak perlu jalan jauh lagi buat dapet air. Sekarang tinggal nyalain kran udah bisa dapet air hehehe.” ucap salah seorang warga. Selain itu, telah dibangun tangga menuju napak tilas tempat tinggal Romo Mangun agar para warga, tamu, ataupun  wisatawan yang datang tidak kesulitan untuk berjalan menuju tempat tersebut.

“Kami berharap anak muda akan tergerak hatinya untuk terjun langsung di Mangunkarsa ini, meneruskan perjuangan sosial Romo Mangun.” ujar Romo Wiryono. Selain aliran air dan sarana lainnya, telah diadakan pula pelatihan membatik dan membuat jamu, para warga akan dilatih agar desa tersebut maju dalam hal industri pula. Setelah pembangunan pipa air dan tangga, ke depannya direncanakan akan dibangun kembali tempat tinggal Romo Mangun, embung, kemudian penanaman tanaman, dan lain-lain. “Semoga ke depannya Mangunkarsa ini juga bisa menjadi tempat wisata, jadi desa kami dapat lebih maju lagi dari berbagai aspek. Selama ini kan terkenal sebagai penghasil lobster saja, semoga ke depannya lebih baik lagi” ucap Kepala Dukuh setempat.

(CPBS & ATP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.93.19: - 4338.2 ms  |   56 user(s) online