www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
USD Jadi Pilihan Cambridge University Press untuk Adakan Editorial Workshop
USD | 12 March 2018 | 12:49 WIB
  
USD Jadi Pilihan Cambridge University Press untuk Adakan Editorial Workshop :: usd.ac.id

Bertempat di Workstation Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (USD), Cambridge University Press pada hari Kamis, 8 Maret 2018 mengadakan presentasi mengenai cara untuk penerbitan jurnal, artikel, serta buku di skala internasional. Bapak Joe Ng selaku editor akuisisi Cambridge University Press di Singapura memaparkan presentasi yang dimulai pukul 13.00 WIB. Pada kesempatan ini peserta yang hadir tak hanya dari mahasiswa USD namun juga dosen, khususnya dosen-dosen yang bergelut di jurusan bahasa dan memiliki ketertarikan pada tema ini.

Presentasi yang berdurasi 2 jam diawali dengan pengantar yang disampaikan oleh Bapak Jona Giovani sebagai perwakilan Cambridge University Press Indonesia, tepatnya di Jakarta. Sebelum pelatihan dimulai, beliau menginformasikan bahwa pihak Cambridge University Press memang memilih USD sebagai destinasi mereka karena beberapa pertimbangan. Di samping itu, pelatihan ini hanya diadakan sekali setiap tahunnya di Indonesia.

Bapak Joe Ng mengawali presentasi dengan memperkenalkan beberapa penerbit-penerbit kondang yang ada di dunia dan kerap kali menjadi target para penulis baik pemula maupun profesional. Dalam pemaparannya, tips untuk menerbitkan tulisan pun diberikan secara bertahap dan rinci dalam slides presentasinya. Salah satu tips dalam penulisan jurnal haruslah sesuai dengan tujuan dan original. Sangat penting untuk selalu menyertakan sumber informasi dengan baik dan benar untuk menghindari plagiarisme, mengingat plagiarisme merupakan isu yang selalu sensitif jika kita berbicara tentang jurnal atau artikel.

Selain itu, Bapak Joe Ng juga menyampaikan pentingnya pemilihan kata dan bahasa dalam menulis jurnal ataupun artikel yang baik dan benar. Bahasa yang digunakan haruslah mudah dimengerti serta tertulis dalam Bahasa Inggris yang baik, tidak bertele-tele dan fokus terhadap inti yang ingin disampaikan.  Oleh karenanya beliau juga menjelaskan hal-hal apa saja yang membuat kebanyakan jurnal dan artikel langsung ditolak saat pertama kali dikirimkan; penggunaan Bahasa Inggris yang kurang baik, jurnal yang tidak memiliki kesimpulan yang jelas serta tidak jelasnya berbagai referensi yang digunakan sebagai sumber penulisan jurnal.

Pelatihan yang dihadiri oleh 28 peserta ditutup dengan sesi kuis dari pihak pembicara dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tiga pertanyaan disampaikan oleh 3 penanya yang antusias. Dalam salah satu jawabannya, Bapak Joe Ng mengatakan akan memberi potongan harga kepada pembeli dari Indonesia untuk pembelian buku terbitan Cambridge University Press. Beliau juga sangat menantikan pertanyaan personal dan bincang langsung ketika pelatihan selesai.

(LJ & SV)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.234.228.78: - 40.4 ms  |   34 user(s) online