www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Studium Generale Prodi BK USD: "Aku Menulis Maka Aku Ada"
USD | 12 February 2018 | 10:41 WIB
  
Studium Generale Prodi BK USD:

Senin (5/2) Program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma mengadakan Stadium Generale dengan tema “Aku Menulis Maka Aku Ada” di Ruang Drost Kampus 3 USD. Studium Generale ini menjadi agenda kegiatan setiap awal semester, untuk kali ini yang menjadi pembicara adalah Bapak Drs. Robertus Budi Sarwono, M.A. dan Bapak Nasarius Sudaryono, S.Pd., M.Si. Kedua pembicara ini berasal dari Program Studi Bimbingan dan Konseling USD. Meskipun berasal dari internal Prodi BK USD namun untuk masalah pengalaman dalam bindang menulis tidak perlu diragukan lagi.

Acara pembuka diisi oleh penampilan beberapa mahasiswa Prodi BK, di antaranya akustik mahasiswa angkatan 2014 & 2017, dan Tari Nawung Sekar yang dibawakan oleh dua mahasiswi Prodi BK, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan Hymne Sanata Dharma yang kembali menegaskan bahwa Prodi BK berada di dalam naungan Universitas Sanata Dharma. Acara Stadium Generale ini di buka oleh Dekan FKIP yaitu Dr. Yohanes Harsoyo, S.Pd., M.Si.

Sesi pertama diisi oleh Drs. Robertus Budi Sarwono, M.A., dalam sesi ini para peserta diajak untuk menilik beberapa tokoh dunia yang terkenal dan tetap dikenang karena tulisannya seperti Anne Frank, Raden Ajeng Kartini, Soe Hok Gie dan lain-lain. “Dengan menulis,  kita bisa menyelami hati dan pikiran secara  lebih mendalam, membuat kehidupan emosional lebih tenang karena  penuh penerimaan dan pengertian.” tutur Drs. Robertus Budi Sarwono, M.A. Dalam sesi ini peserta diajak memotivasi diri untuk menulis dan mengubah mindset kita bahwa menulis itu adalah sesuatu hal yang sulit. Lalu di akhir sesi pertama, para peserta diajak untuk masuk ke dalam alam bawah sadar yang kadang menghambat kita untuk menulis dan menanamkan pikiran bawah sadar kita bahwa menulis itu mudah dan menyenangkan.

Sesi kedua diisi oleh Bapak Nasarius Sudaryono, S.Pd., M.Si., sesi ini para peserta diajak untuk membayangkan hal-hal yang membuat kita terkesan, bisa hari ini, kemarin, seminggu yang lalu, sebulan yang lalu maupun setahun yang lalu. Setelah itu peserta diajak untuk menuangkan pikiran kita tersebut dalam bentuk tulisan di sebuah kertas, setelah itu para peserta diberi kesempatan untuk membacakan hasil karangannya di depan peserta lainnya.

“Acaranya bagus untuk para mahasiswa Prodi BK dalam meningkatkan minat dalam menulis, acara ini sangat didukung oleh seluruh Dosen Prodi BK.” ungkap Ervina selaku Ketua Panitia acara Stadium Generale tersebut. Akhir acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan makan siang.

(YWAK & CBEIS)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.93.19: - 6632.5 ms  |   58 user(s) online