www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Ziarah Budaya: Menjadi Gus Dur, Menjadi Indonesia #SewinduHaulGusDur
USD | 07 February 2018 | 07:54 WIB
  
Ziarah Budaya: Menjadi Gus Dur, Menjadi Indonesia #SewinduHaulGusDur :: usd.ac.id

Ziarah Budaya Sewindu Haul Gus Dur yang dipersembahkan oleh Panitia Sewindu Haul Gus Dur Yogyakarta (Gusdurian) bertempat di Auditorium Driyarkara, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Senin (5/2) malam. Acara dengan tema “Menjadi Gus Dur, Menjadi Indonesia” ini dihadiri banyak pegiat lintas agama, dari kalangan Kristen, Islam, Katolik, Hindu, dan Konghucu. Mereka adalah para aktivis yang bergerak pada isu toleransi antar umat beragama. Ny. Hj. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan Prof. Dr. Moh. Mahfud MD turut hadir dalam acara ini.

Acara yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB, dibuka oleh Orkes Jangan Gori, Tari Papua, Barongan Jawa, Grisadha, dan Barongsai sebagai opening performances. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh seluruh tamu dan penonton yang datang dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D selaku Rektor USD menyampaikan bahwa melalui acara ini diharapkan mahasiswa sebagai anak muda akan semakin berani membela kebenaran dan menjunjung tinggi toleransi, menjadi Gus Dur muda.

Kemudian acara dilanjutkan dengan doa bagi Bangsa Indonesia yang dipimpin oleh para pemuka lintas agama, serta pembacaan puisi kepada Gus Dur. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penampilan kolaborasi paduan suara GKI Gejayan dan Seni Hadrah yang menampilkan Syi’ir Tanpo Waton. Penampilan mereka semakin menunjukkan bahwa perbedaan merupakan sesuatu yang indah dan dapat disatukan.

Prof. Dr. Moh. Mahfud MD dalam orasi budayanya berkata: “Negara juga tidak bisa diperbenturkan dengan agama, karena orang beragama dengan baik itu bisa bernegara dengan baik, orang bernegara dengan baik juga bisa beragama dengan baik”. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan Stand Up Comedy oleh Stand Up Indo Jogja yaitu Benedictivy, Gigih Adiguna, dan Iqbal Kutul. Acara yang dipandu oleh Anang Batas, Alit Jabang Bayi, dan Awangizm ini dilanjutkan dengan special performance dari Glenn Fredly.

“Semasa hidupnya sebagian besar hidup Gus Dur diabdikan untuk merajut sekaligus merawat dan menjaga perbedaan kebudayaan yang ada di Indonesia. Itulah Gus Dur!,” kata Ny. Hj. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid dalam sambutannya untuk menyampaikan testimony dari pihak keluarga Gus Dur.

Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Tanah Air dan Gebyar-Gebyar oleh seluruh pengisi acara, tamu undangan, dan penonton. Seisi auditorium USD menyalakan flashlight dari ponselnya untuk mendukung hangatnya suasana malam itu.

(FBAP & ATP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.93.19: - 5247 ms  |   64 user(s) online