www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
UKM Seni Karawitan USD Persembahkan Pagelaran Wayang Kulit Lima Dalang Tiga Kelir Kenduri Dalang: Rama Nitis
USD | 18 December 2017 | 15:51 WIB
  
UKM Seni Karawitan USD Persembahkan Pagelaran Wayang Kulit Lima Dalang Tiga Kelir Kenduri Dalang: Rama Nitis :: usd.ac.id

Jumat (15/12) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Karawitan Universitas Sanata Dharma (USD) mempersembahkan Pagelaran Wayang Kulit Lima Dalang Tiga Kelir Kenduri Dalang: Rama Nitis. Pagelaran ini diselenggarakan sebagai puncak dari rangkaian Dies Natalis yang ke-62 USD. Lakon Rama Nitis termasuk salah satu yang memadukan pertemuan kisah Ramayana dan Mahabarata. Inilah yang dihadirkan dalam acara Pagelaran Wayang Kulit Kenduri Dalang dalam lakon Rama Nitis di Panggung Terbuka Kampus 2 USD Mrican Yogyakarta.

UKM Seni Karawitan USD memiliki anggota yang tidak hanya berasal dari Jawa namun ada juga dari Sumatera, Kalimantan, Flores, dan beberapa daerah lain, yang merupakan mahasiswa serta beberapa alumni yang berminat belajar seni karawitan. Kegiatan UKM Seni Karawitan USD tidak hanya sebatas latihan karawitan tetapi juga belajar berorganisasi dan membagikan kegembiraan yang terbangun berkat karawitan. Maka, secara teratur UKM Seni Karawitan USD mengiringi acara wisuda mahasiswa USD dan secara berkala mementaskan lakon wayang kulit yang bekerjasama dengan UKM Tari Grisadha dan berbagai pihak lainnya.

Acara dimulai pada pukul 19.30 WIB dengan diawali oleh sambutan Ketua panitia Ayu Nindya Harwadi yang mengungkapkan bahwa lakon Rama Nitis mencerminkan keberagaman yang menjadi satu seperti hidup harmonis dalam masyarakat yang multikultural. “Diharapkan pagelaran ini dapat menjadi pembangkit rasa persatuan dalam keberagaman dan menambah wawasan bagi penonton.” harap Ayu. Selanjutnya, sambutan oleh Pedamping UKM Seni Karawitan USD, Romo Dr. Gregorius Budi Subanar, S.J. yang mengungkapkan mengenai latar belakang dan alasan diadakannya pagelaran wayang kulit ini. Lalu, sambutan oleh Ketua Dies Natalis USD ke-62 yang juga merupakan Wakil Rektor IV USD, F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. yang mengungkapkan dan berharap apabila wayang sudah menjadi semacam mantra yang memiliki daya di mana mampu membuat generasi muda bisa mewariskan peradaban.

Lakon Rama Nitis ini bercerita mengenai kehadiran Batara Wisnu yang akan menyempurnakan keadaan dunia sangat diharapkan oleh Prabu Rama yang berkuasa di kerajaannya. Prabu Kresna dari Dwarawati mengharapkan kehadiran Batara Wisnu akan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Dua pihak yang memiliki harapan sama tersebut menggugah para Kastria Pandawa Lima untuk turut terlibat di masa penantian penuh harapan itu.

Para dalang yang memainkan lakon dalam pagelaran wayang kulit Kenduri Dalang yakni Ki Apri Damai Sagita, M. Hum. dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) USD; Ki Wahono Simbah; Ki Hari Atma Yuwono, S.Sn. mahasiswa aktif program pascasarjana Ilmu Religi dan Budaya (IRB) USD; dan Ni Raras Ruming Melati, mahasiswi Pendidikan Sejarah; serta Thomas Yuli Patmara mahasiswa PGSD USD. Mereka adalah orang yang ahli di bidangnya atau sedang belajar dalam bidang bahasa, pendidikan, dan seni pertunjukan. Kelima dalang saling berinteraksi di atas panggung untuk menggelar lakon secara bersama-sama.

Adapun pengrawit yang memainkan gamelan datang dari berbagai macam latar belakang etnis. Hal ini menunjukkan peran USD yang dapat menyatukan keberagaman dan budaya dalam suatu wadah yang dapat mengembangkan setiap pribadi menjadi manusia yang cerdas dan humanis melalui seni karawitan. Upaya menghadirkan pagelaran wayang kulit dengan lima dalang dari UKM Seni Karawitan USD bukanlah yang pertama kali. Beberapa pagelaran yang mendahului antara lain The Ascending of Bhisma (2013), The Story of Abimanyu Knight (2014), Pandawa Membangun Pura Kencana (2015), Kisah Prabu Watu Gunung dan Para Penjaga Iklim (2016), dan Pengakuan Ibu Kunti (2017).

Sebelum Pagelaran Wayang berakhir pada pukul 00.30 WIB, diberikan penghargaan kepada kelima dalang yang telah memainkan lakon Rama Nitis. Penghargaan disampaikan oleh Romo Banar, SJ. Melalui acara ini, panitia berharap semoga dapat menggugah dan menumbuhkan gairah pada masyarakat luas untuk mencintai warisan budaya dalam negeri terutama bagi kaum muda Indonesia.

(CAS & MCMKS)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2018 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.167.126.106: - 309.9 ms  |   7 user(s) online