www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Pementasan Ekspresi Sastra Indonesia: "Jadi Mati Nggak Nih?"
USD | 05 December 2017 | 12:22 WIB
  
Pementasan Ekspresi Sastra Indonesia:

Tahun ini kelas Pementasan Ekspresi Sastra Indonesia, Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Sanata Dharma kembali mengadakan pementasan drama yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Desember 2017 jam 18.00 WIB. Pementasan yang berjudul “Jadi Mati Nggak Nih?” bertempat di Aula Kampus I USD. Acara yang setiap tahun telah berlangsung sejak tahun 2014 ini, kembali mengadakan pementasan drama yang diadaptasi dari novel terkenal. Tahun ini, adaptasi novel “Tuan Izral” karya Yusuf As Sibai menjadi pilihan mahasiswa 2014 kelas Ekspresi Sastra Indonesia.

Acara yang tidak dipungut biaya ini, berhasil tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, tetapi juga mahasiswa dari progam studi lainnya, bahkan masyarakat di luar USD. Pementasan drama ”Jadi Mati Nggak Nih?” menceritakan sebuah peristiwa di akhirat yang terjadi  kesalahan pencabutan nyawa seorang mahasiswa Sastra, bernama Yusuf. Dalam drama tersebut seharusnya Yusuf belum meninggal, sehingga malaikat Izroil membawa Yusuf turun ke bumi untuk menemukan orang yang seharusnya ada di akhirat dan menghidupkan kembali Yusuf. Namun, tidak disangka karena malaikat Izroil ingin mengikuti pesta yang diadakan di surga, maka Yusuf diberikan amanah untuk mencabut beberapa nyawa manusia. Yusuf yang merupakan manusia tidak tega untuk mengambil nyawa orang lain, sehingga ia beberapa kali berusaha untuk menyelamatkan nyawa mereka. Izroil pun tahu dan memarahi Yusuf. Akhirnya Izroil mengantarkan Yusuf ke tempat terakhirnya di dunia, yaitu kuburannya. Namun, Izroil yang mengetahui bahwa Yusuf diselingkuhi oleh pacarnya, merasa kasihan dan akhirnya mengangkat Yusuf menjadi asistennya untuk mencabut nyawa manusia.

Selaku sutradara, Rano Sumarno mengatakan bahwa persiapan pementasan ini dimulai sejak awal  semester pada perkuliahan, di mana mahasiswa diberikan beberapa alternatif naskah untuk dipentaskan, setelah pemilihan naskahnya barulah mulai reading, pencarian karakter, ekporasi, hingga terjadinya pementasan. Semua pemain dalam pementasan ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pementasan Ekspresi Sastra.

Menurut Rano, antusias pementasan tahun ini dapat dikatakan yang paling besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut didukung dari kekompakan para pemain yang terlihat sangat siap untuk mengadakan pementasan dan siap untuk mengundang banyak orang. Selain untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pementasan Ekspresi Sastra, Rano menambahkan, tujuan lainnya adalah untuk menghidupkan nuansa pertunjukkan drama di Program Studi Sastra Indonesia dengan harapan, selanjutnya alumni mata kuliah ini mau bermain drama di mana pun. Sedangkan harapan lainnya adalah ke depannya pementasan ini tidak hanya menjadi milik mahasiswa yang mengampu mata kuliah ini, tetapi dapat menjadi milik program studi bahkan menjadi milik universitas, karena pementasan ini mempunyai potensi dan dapat menjadi sebuah identitas.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sony Christian Sudarsono. S.S., M.A. selaku Wakil Ketua Program Studi Sastra Indonesia. Pak Sony yang mengenal betul anak-anak Sastra Indonesia angkatan 2014 dibuat puas dan bangga atas penampilan ekspresif yang telah dipersembahkan oleh anak-anaknya. Beliau menambahkan bahwa salah satu tujuan belajar bersastra adalah untuk mencapai salah satu motto USD yaitu humanisme dan mempelajari sastra baru benar-benar hidup ketika sudah mencapai level kemanusiaan. Beliau juga menilai jika penampilan anak-anaknya yang mengandung berbagai pesan moral itu sudah mencapai level tersebut. Ke depannya Pak Sony berharap agar para mahasiswa mempertahankan segala pencapaian yang sudah baik supaya di pementasan selanjutnya mahasiswa kembali bisa mencapai level humanis melalui ekspresi sastra.

(LJ & MS)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.167.44.32: - 2826.1 ms  |   14 user(s) online