www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Kunjungan LPMP Semarang ke LPMAI USD
USD | 05 October 2017 | 17:41 WIB
  
Kunjungan LPMP Semarang ke LPMAI USD :: usd.ac.id

"Kami memilih USD sebagai PTS yang kami kunjungi sebagai sasaran studi banding terkait dengan penjaminan mutu dengan alasan sederhana. USD telah diakui sebagai lembaga dengan reputasi baik." papar Ibu Nugraheni Triastuti, Ketua Tim Kunjungan LPMP Semarang. Kunjungan ke LPMAI berlangsung selama empat jam, 4 Oktober 2017. Kunjungan kali ini tidak lepas dari keinginan dari Bapak Harmanto, M.Si., Ketua LPMP Semarang, untuk memfasilitasi pembelajaran bagi Tim LPMP. Bertempat di Ruang Rapat LPMAI, total 18 anggota LPMP (16 berafiliasi dengan LPMP Semarang, dan 2 dengan LPMP Pontianak) mendengarkan paparan tentang bagaimana USD menghidupi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dari dua narasumber, Markus Budiraharjo, Ed.D. dan Irine Kurniastuti, M.Si.

Studi banding dilaksanakan dengan mekanisme diskusi. Tim USD memberikan paparan terkait dengan konteks sosio-kultural USD sebagai sebuah entitas dinamis. Kultur relasionalitas yang telah terbentuk selama enam dekade terakhir dijadikan kerangka berpikir untuk memaknai perjalanan lembaga dalam mengimplementasikan SPMI. "Apa yang terjadi di USD saat ini tidak bisa dilepaskan dari kisah-kisah, pengalaman, dan kebijakan di era sebelumnya. Suatu era menuntut tanggapan tertentu. Apa yang baik di masa lalu, bisa jadi tidak relevan untuk hari ini. Apa yang berkembang saat ini, bisa jadi belum siap untuk dilakukan di masa lalu. Dengan cara pandang ini, konsep penjaminan mutu dipahami sebagai hal dinamis. Bukan harga mati. Tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. Diskusi kita kali ini ditempatkan dalam kerangka pikir penjaminan mutu sebagai realitas kompleks dan dinamis." papar Markus Budiraharjo, Ed.D., Ketua LPMAI USD, mengawali paparan sebagai pembuka diskusi.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sendiri adalah sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Kemendikbud, yang dikelola di bawah Dirjen Dikdasmen. Bertempat di provinsi, UPT ini bertanggung jawab untuk melakukan serangkaian tugas Kemendikbud, di antaranya melakukan pemetaaan mutu lembaga pendidikan. Mengingat arti penting peran dan kontribusi LPMP di dalam pendidikan nasional, tidak mengherankan ada sejumlah pertanyaan kritis yang diajukan oleh peserta studi banding.

Kultur vs. Struktur
Salah satu pertanyaan yang rumit adalah mana yang paling berpengaruh antara kultur atau struktur. Kultur merujuk pada serangkaian kebiasaan, norma, dan praktek-praktek (baik dan yang kurang baik) di dalam suatu lembaga. Struktur merupakan operasionalisasi peran sosio-regulatif dari badan-badan berkewenangan untuk memberikan ijin kelembagaan, mengatur, mengintervensi, dan memberikan sanksi terhadap lembaga-lembaga di bawahnya.

"Dalam kacamata kami di USD, kami belajar untuk menempatkan dua hal itu sebagai dua sisi dari satu keping mata uang. Pemikiran dikotomis akan memilih salah satu. Kami belajar untuk meyakini fungsi komplementaritas atas kedua hal tersebut. Ilustrasinya adalah sebagai berikut. Pada waktu kepemimpinan Romo Wiryono, SJ., USD diakui secara nasional sebagai salah satu PTS yang berhasil memenangkan banyak hibah dari pemerintah. Keterlibatan dalam banyak hibah itu menjadi momen belajar bersama bagi pihak-pihak yang langsung terlibat di dalamnya. Kerapian, ketelitian, dan keharusan untuk mematuhi berbagai tuntutan birokrasi menjadi sarana bagi kami. Apalagi ini berurusan dengan pengelolaan dana yang sangat besar. Sebagai komunitas, kami belajar banyak. Dengan berdisiplin mematuhi aturan selama 4 sampai 5 tahun, ada kebiasaan dan kultur baru. Bila sebelumnya tertib administrasi adalah hal yang secara komunal masih menjadi tantangan, pelan dan pasti, kebiasaan dan pembiasaan dari tekanan struktur eksternal itu menjadikan USD mengadopsi kultur baru. Kami belajar untuk lebih berdisiplin di dalam pengelolaan keuangan, ketelitian di dalam pelaporan, kebiasaan untuk dievaluasi oleh pihak eksternal." papar Markus.

Data Umpan Balik Pembelajaran
Salah satu pertanyaan penting lainnya terkait dengan sejauh mana hasil-hasil evaluasi pembelajaran bagi perbaikan pembelajaran. “Bagaimana data evaluasi tersebut digunakan? Apa dampaknya? Bagaimana dengan dosen yang mendapatkan penilaian rendah?”

“Data evaluasi pembelajaran di USD digunakan sebagai pijakan untuk internal training.” papar Irine Kurniastuti. “Latar belakang saya dari disiplin ilmu Psikologi. Saya mengajar di PGSD. Tentu tidak mudah untuk memahami kultur di tempat baru, empat tahun lalu. Hasil evaluasi pembelajaran menjadi berkat bagi saya. Saya tahu mana yang perlu diperbaiki. Saya baca komentar-komentar mereka. Tidak hanya itu saja. Ternyata Kaprodi juga menampilkan rerata hasil seluruh dosen di dalam rapat. Dari data itu, Kaprodi menyusun rencana untuk pelatihan. Saya sangat beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki diri saya.” lanjut Irine.

“Dilihat secara keseluruhan, data kami menunjukkan bahwa 95% dari kelas yang dievaluasi telah memenuhi standar. Itu artinya bahwa kultur pembelajaran di USD sudah sangat bagus di mata mahasiswa. Dosen dengan kinerja di bawah standar jumlahnya relatif kecil. Solusinya adalah komunikasi intensif oleh Kaprodi. Apa yang terjadi di PGSD itu adalah praktek baik yang biasa dijalankan di prodi-prodi yang lain.” jelas Markus.

Kehadiran rekanan dalam studi banding semacam ini adalah berkat, bukan beban sama sekali. Selain menambah jaringan, ada tambahan wawasan bagi Tim LPMAI. Perjumpaan, terutama ketika ditempatkan sebagai sarana pembelajaran, akan membawa dampak positif.

(eMBi

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.234.247.118: - 2808.4 ms  |   25 user(s) online