www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
PKM-M USD:
Penerapan Metode Lusigasi untuk Meningkatkan Kemandirian dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Remaja Putri
USD | 13 July 2017 | 15:46 WIB
  
PKM-M USD:<br>Penerapan Metode Lusigasi untuk Meningkatkan Kemandirian dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Remaja Putri :: usd.ac.id

Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat  (PKM-M) Universitas Sanata Dharma (USD) yang berjudul “Penerapan Metode Lusigasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dalam Menjaga Kesehatan Reproduski Pada Remaja Putri UPT Panti Anak Wiloso Projo Yogyakarta” (Pedes Ning Mantap). Program tersebut dicetuskan dan dilaksanakan oleh 4 mahasiswa Farmasi: Sofia Agustina Wea, Maghdalena Silviana Y., Maria Delima Nita, Mayke Evi Aviantina dan 1 mahasiswa Psikologi: Intan Wulandari. Program ini dibiayai oleh Kementerian Riset, Teknologi  dan  Pendidikan  Tinggi RI 2017. Program PKM-M dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei 2017. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama lima hari di UPT Panti Anak Wiloso Projo Yogyakarta.

Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri Panti Anak Wiloso Projo Yogyakarta mengenai kesehatan  reproduksi. Menggunakan metode”LUSIGASI” yaitu pendekatan secara langsung kepada anak perempuan di Panti Wiloso Projo selama lima hari melalui pemberian penyuluhan berupa presentasi yang membahas mengenai materi umum mengenai reproduksi wanita yang meliputi organ-organ reproduksi wanita dengan menggunakan alat peraga, praktek langsung dalam memasang pembalut, cara membersihkan organ kewanitaan, penyakit-penyakit reproduksi wanita dan memberikan beberapa tips dan saran saat menghadapi menstruasi. Kemudian dilanjutkan dengan  diskusi dalam kelompok kecil untuk membahas mengenai materi yang sekiranya belum dapat dipahami oleh peserta, menceritakan pengalaman berkaitan dengan materi, dan menjelaskan tentang poster kesehatan. Setelah itu dilanjutkan dengan games sederhana seperti puzzle organ reproduksi, bermain kelipatan angka, cerita pendek dan tanya jawab sebagai sarana hiburan dan edukasi untuk meningkatkan semangat para peserta dan pengetahuan mereka. Terakhir adalah evaluasi yang dilakukan oleh fasilitator yang untuk menyampaikan ulang secara singkat mengenai informasi yang telah diberikan kepada peserta.

Pada kegiatan hari pertama berlangsung tim PKM-M memberikan buku panduan kepada para peserta yang berisikan ringakasan materi dan tas yang berisikan perlengkapan penunjang yang meliputi pembalut, tisu dan alat tulis. Setelah empat kali pertemuan tim PKM melakukan monitoring terhadap keberlanjutan program pkm. Selama lima hari pelaksanaan kegiatan PKM-M para  peserta sangat antusias untuk memperhatikan penjelasan para presentator, aktif ketika sesi diskusi dan juga games. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 14 orang yang terdiri dari anak-anak SD sampai dengan SMA.

Pihak Panti Anak Wiloso Projo Yogyakarta sangat mendukung dan mengapresiasi program PKM-M ini. Kepala UPT Panti Anak Wiloso Projo yaitu Dra. Ari Arif Purnamawati  berharap dengan adanya PKM-M anak-anak panti khususnya para remaja putri tidak hanya dapat memahami materi yang telah disampaikan namun juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga apa yang telah disampaikan dapat berguna untuk diri mereka.

(MDN)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.137.187: - 1394.2 ms  |   21 user(s) online