www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
USD Raih Juara 2 dalam Psychedelic 2017
USD | 13 June 2017 | 12:10 WIB
  
USD Raih Juara 2 dalam <i>Psychedelic</i> 2017 :: usd.ac.id

Tim debat Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD) yang terdiri dari Elisabeth Desy B (159114049), Hieronimus Lianggi Lukito (159114090), dan Renaldy (169114037) berpartisipasi dan berhasil meraih Juara 2 dalam Psychedelic tahun 2017. Lomba debat yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Udayana di Bali pada tanggal 5 Mei hingga 7 Mei ini merupakan kompetisi debat bertaraf nasional dengan peserta sebanyak 12 tim dari 10 universitas. Sepuluh universitas yang ikut bertanding di Psychedelic 2017 adalah Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta; Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang; Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang; Universitas Brawijaya, Malang; Universitas Padjadjaran, Bandung; Universitas Sanata Dharma; Yogyakarta; Universitas Ciputra, Surabaya; Universitas Negeri Malang; Universitas Udayana, Bali; dan Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Katolik Soegijapranata dan Universitas Muhammadiyah Malang mengirim 2 tim debat. Psychedelic 2017 mengusung tema “Budaya Berperilaku Masyarakat Kekinian”.

Sebelum berangkat, tim debat Fakultas Psikologi USD telah melakukan persiapan matang pada mosi yang telah disiapkan panitia Psychedelic 2017, seperti mencari data, berlatih berbicara, dan berdebat dengan tim sparing partner di UKF Debat Psikologi USD.

Secara kronologis, perlombaan debat dibuka secara resmi pada hari Jumat, tanggal 5 Mei 2017 di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Dengan cara sistem pengundian, tim debat Fakultas Psikologi USD memperoleh posisi pada grup C, bersama dengan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Udayana, kemudian bertanding di babak penyisihan. Selanjutnya, perlombaan dimulai pada tanggal 6 Mei 2017. Universitas Sanata Dharma yang berhasil unggul di grup C dan di babak penyisihan dengan Universitas Negeri Malang, kemudian maju ke babak semifinal. Babak semifinal dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2017 dengan 3 tim lainnya, yaitu Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Udayana Bali, dan Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Sanata Dharma dengan sistem undian mendapat giliran untuk bertanding dengan Universitas Ciputra Surabaya. Universitas Sanata Dharma berhasil unggul dan kemudian maju pada grand final, bertanding dengan Universitas Muhammadiyah Malang. Kemenangan dari tim USD karena sudah membawakan matter atau konten yang diharapkan oleh para juri untuk dilontarkan, sehingga debat dapat berjalan sesuai ekspektasi.

Pada grand final, Universitas Sanata Dharma bertanding dengan Universitas Muhammadiyah Malang dengan mosi dadakan “Dewan ini percaya bahwa lansia yang berada di panti wreda lebih mampu mencapai flourishing dibandingkan dengan lansia yang berada di rumah”. Diberikan waktu kepada kedua tim untuk case building selama 30 menit pada tempat terpisah. Pada grand final, pertandingan dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang, dengan skor 1994 unggul dari Universitas Sanata Dharma dengan perolehan skor 1877. Dengan demikian, Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh Juara 1, Universitas Sanata Dharma memperoleh Juara 2 dan disusul oleh Universitas Ciputra yang memenangkan pertandingan perebutan Juara 3 dengan Universitas Udayana Bali.

Lomba Debat Psychedelic tahun 2017 di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali ditutup pada tanggal 7 Mei dengan kata-kata penutup oleh Dra. Adijanti Marheni, M.Si., Psikolog selaku Ketua Program Studi Psikologi Universitas Udayana dan pembagian piala maupun hadiah kepada para pemenang lomba debat.

(RA)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.225.37.159: - 2979.3 ms  |   6 user(s) online