www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
PKM-M USD:
Generasi Disabilitas Perempuan Tangguh Paham Swamedikasi Menstruasi
USD | 13 June 2017 | 11:53 WIB
  
PKM-M USD:<br>Generasi Disabilitas Perempuan Tangguh Paham Swamedikasi Menstruasi :: usd.ac.id

Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat  (PKM-M) Universitas Sanata Dharma “Generasi Disabilitas Perempuan Tangguh Paham Swamedikasi Menstruasi” (Gendis Petang Hari) telah dilaksanakan pada awal bulan Mei 2017. Kegiatan ini dipusatkan di SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Acara tersebut diprakarsai lima mahasiswi Universitas Sanata Dharma yakni Sastira Putri, Ni Komang  Ayu Terra Biswani, Natalia Ingrid Dermawan (Fakultas Farmasi); Intan Putri Hapsari (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan); dan Maisie Olivia Kaunang (Fakultas Psikologi) dengan bantuan anggaran dari Kementrian Riset, Teknologi  dan  Pendidikan  Tinggi RI 2017.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswi penyandang tuna rungu mengenai berbagai bentuk sedian farmasi, mengenai menstruasi dan swamedikasi dalam menstruasi.” kata Sastira Putri selaku Ketua Tim PKM-M Gendis Petang Hari. Saat penyampaian materi berlangsung, tim PKM-M didampingi lima guru dari SLB untuk membantu dalam menyampaikan materi kepada para siswi SLB-B Wiyata Dharma 1. Meskipun memiliki disabilitas, para siswi dapat cukup mudah memahami materi karena dapat memahami gerak bibir lawan bicara. Siswi-siswi yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 20 orang  yang berumur 12-17 tahun. Antusiasme para siswi semakin bertambah ketika sesi games berlangsung. Games ini menjadi sarana dalam penyampaian materi agar lebih menarik sehingga dapat menjadi alternatif pembelajaran yang tidak monoton. Games diberikan tidak hanya sekedar hiburan tetapi merupakan permainan edukatif yang dirancang untuk merangsang daya pikir termasuk meningkatkan konsentrasi dan memecahkan masalah.

Pihak sekolah sangat mengapresiasi adanya kegiatan PKM-M  ini. Salah satu guru pendamping, ibu Iswarniatun  menyatakan “Edukasi yang disampaikan terutama dengan adanya praktek langsung dapat membantu siswi di sini untuk lebih memahami cara menjaga kebersihan diri dan melakukan swamedikasi (pengobatan mandiri) selama menstruasi, yang tidak dapat diajarkan oleh guru selama kegiatan belajar mengajar di sekolah”.

Pada hari terakhir kegiatan, tim PKM-M Gendis Petang Hari membagikan buku saku kepada para siswi dan buku rangkuman materi bagi pihak sekolah. Buku saku berisi jembatan keledai tentang swamedikasi menstruasi. Di dalam buku saku juga diberikan ilustrasi yang menarik dan warna yang atraktif untuk membantu siswi mengingat cara penanggulangan penyakit ringan selama periode menstruasi. Buku rangkuman materi berisi tentang materi selama edukasi dan menjadi pegangan bagi pihak sekolah. Selain mengadakan swamedikasi, diadakan pula perbaikan fasilitas dan kondisi UKS agar menjadi lebih layak.

“Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat terus dilaksanakan, agar tidak terjadi perbedaan pengetahuan tentang menstruasi antara perempuan penyandang disabilitas dengan masyarakat umum. Selain itu, SLB B Wiyata Dharma 1 Tempel memiliki program Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan diharapkan dapat melaksanakan kembali setelah adanya pengabdian ini” imbuh ibu Umi selaku guru pendamping selama kegiatan ini berlangsung.

(SP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.157.81.13: - 1922.5 ms  |   25 user(s) online