www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Mobil Hemat Energi - Menjawab Tantangan Transportasi Masa Kini
USD | 19 May 2017 | 17:14 WIB
  
Mobil Hemat Energi - Menjawab Tantangan Transportasi Masa Kini :: usd.ac.id

Keluarga Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sanata Dharma (KMTM USD) kembali menyelenggarakan seminar teknologi pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 di ruang Drost Kampus 3 USD. Diikuti sekitar 350-an peserta, seminar yang mengambil tema “Mobil Hemat Energi” ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu Dr. Ir. YB Lukiyanto, MT; Artanto Wahyudi, ST; dan Antonius Adika Angkasa. 

Dalam keterangan terpisah, Budi Setyahandana, M.T selaku Wakil Ketua Program Studi Teknik Mesin USD menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi agenda tahunan KMTM USD. "Kami ingin menggabungkan skill manajerial dan pengalaman berorganisasi mahasiswa dalam meng-handle acara serta kompetensi akademik di bidang teknik mesin." ungkapnya penuh antusias. 

Dalam sambutannya, Johanes Eka Priyatma, Ph.D selaku Rektor USD menyampaikan bahwa persoalan energi tidaklah sesederhana bagaimana para insinyur menciptakan peralatan yang hemat energi kemudian masyarakat memanfaatkan produk tersebut. Ada banyak kepentingan yang mewarnai hal ini, misalnya faktor sosial, politik, bisnis, dan lain-lain. Contoh kongkrit terjadi di Indonesia. "Di negeri ini, di mana matahari bersinar hampir 12 jam sehari, pengembangan teknologi energi surya masih kalah jauh dibanding negeri lain yang mataharinya bersinar lebih pendek." ungkapnya. 

Sementara itu Dr. Ir. YB Lukiyanto, staf pengajar prodi Teknik Mesin USD yang menjadi pembicara pertama menguraikan bahwa saat ini Indonesia masih bisa ekspor gas dan batubara. Namun ke depan kita akan impor dua sumber energi ini. Saat ini ketahanan energi Indonesia sangat rendah - hanya 22 hari, sementara Amerika bisa sampai 7 bulan. "Masalahnya kita masih merasa kaya minyak dan gas, sehingga tidak serius mengupayakan eksplorasi baru dan kurang memberi perhatian pada sumber energi terbarukan." pungkasnya prihatin. 

Pembicara kedua, Artanto Wahyudi, S.T seorang praktisi transportasi dari Astra Honda Motor membeberkan bahwa saat ini sudah ada beberapa mobil hybrid yang memungkinkan penggunaan bahan bakar dengan sangat efisien. Masalahnya, harga mobil-mobil ini sekitar dua kalinya mobil biasa. Hal ini membuat produk tersebut tidak laku karena terlalu mahal. "Sapa sing arep tuku?" ungkapnya berseloroh dalam bahasa Jawa. Teknologi lain yang dikembangkan saat ini adalah murni mobil listrik. Teknologi ini mengembangkan baterai dan super kapasitor sebagai alat untuk mensuplai daya, sementara untuk penggeraknya digunakan BLDC (Brushless Dirrect Current) motor. Dengan menggunakan sistem manajemen baterai yang baik, energi yang biasanya hilang saat pengereman dapat disimpan dalam super kapasitor. Energi ini dapat langsung dipakai kembali saat pedal gas diinjak, atau disimpan secara perlahan-lahan ke dalam batery mobil.

Pembicara ketiga, Antonius Adhika Angkasa, ketua tim SEMAR UGM menyampaikan bahwa tim SEMAR UGM telah membuat tiga jenis mobil, yaitu mobil bermesin diesel, mobil bermesin bensin, dan mobil listrik. Tim SEMAR juga sudah beberapa kali berlaga di Shell Eco-Marathon, sebuah kontes mobil hemat energi. Dengan menggunakan bahan komposit, berat mobil dapat diminimalkan menjadi 40 kg saja.  Torehan perolehan terbaik tim SEMAR sampai saat ini untuk mesin bensin adalah 251 km per liter. "Harapan ke depan, jarak dari Jakarta ke Yogya dapat kami tempuh dengan hanya menggunakan satu liter bensin." demikian ungkap alumni SMA Kanisius Jakarta ini.

(BST)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.137.187: - 1394 ms  |   16 user(s) online