www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Puncak Dies Natalis ke-61 USD: Cerdas dan Humanis di Era Digital
USD | 20 December 2016 | 11:07 WIB
  
Puncak Dies Natalis ke-61 USD: Cerdas dan Humanis di Era Digital :: usd.ac.id

Setelah melalui berbagai rangkaian acara dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-61, Universitas Sanata Dharma akhirnya menyelenggarakan Puncak Acara pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 di Auditorium Driyarkara Kampus 2 USD Mrican. Sivitas Akademika USD terlihat rapi mengenakan batik untuk turut serta merayakan acara Puncak ini.

Setelah bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D menyampaikan Laporan Tahunan Rektor Universitas Sanata Dharma. Laporannya dimulai dari peringkat akreditasi beberapa program studi yang tetap meraih akreditasi A, pembukaan program baru yaitu Program Doktor (S3) Kajian Budaya, Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris, dan Program Sarjana (S1) Ekonomi; serta beberapa prestasi yang diraih oleh mahasiswa, staf, serta dosen di Universitas Sanata Dharma.

Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D juga menjelaskan latar belakang tema Dies Natalis yang bertajuk Cerdas dan Humanis di Era Digital. “Tema Dies Natalis USD ke-61 tersebut mengajak kita semua untuk menyadari dan mengambil sikap dan tindakan yang paling sesuai dalam menghidupi lahirnya masyarakat informasional. Kehadiran masyarakat informasional semakin kita rasakan dan mempengaruhi kehidupan akademik kita lewat pemahaman kita bahwa semakin hari kesibukan kita semakin diwarnai oleh bentuk-bentuk relasi yang difasilitasi oleh teknologi informasi. Realitas ini sekaligus membawa peluang dan ancaman terhadap berbagai aspek kehidupan. Tema ini mengajak kita semua untuk kritis terhadap berbagai resiko terutama menurunnya kualitas relasi otentik yang sebelumnya berlangsung secara face-to-face.”

Puncak Dies Natalis USD ke-61 mengundang Romo Aluysius Maria Ardi Handojosenoo, S.J., Ph.D untuk menyampaikan pidato ilmiah terhadap karyanya yang ditulis dalam buku yang berjudul “Aku Terkoneksi Maka Aku Ada: Perspektif Pedagogi Berbasis Koneksi di Era Digital.” Romo yang akrab disapa Romo Ardi ini menyampaikan bahwa ‘koneksi’ diri dengan orang lain sangat penting untuk dilakukan di era digital.  Era digital bahkan mendukung ‘koneksi’ terjadi lebih cepat dan lebih memberikan dampak dalam dunia sosial, sebagai contoh anak-anak muda zaman sekarang akan merasa bahagia jika teman-teman memberi like atau komentar di foto media sosial mereka. Romo Ardi menutup pidato ilmiahnya dengan menjelaskan bahwa manusia masih perlu untuk banyak belajar dan mengeksplorasi koneksi-koneksi yang ada, baik koneksi yang lahir alamiah maupun koneksi di bidang teknologi, agar menciptakan manusia yang semakin utuh.

Selanjutnya, acara diisi oleh pemberian penghargaan untuk beberapa mahasiswa USD yang berprestasi, di antaranya Albertus Ivan Brilian yang memperoleh dua medali emas dalam ajang International Pharmaceutical Students’ Federation (IPSF) World Congress 2016 di Harare, Zimbabwe dan Boby Gunarso yang menjadi Juara I Olimpiade tingkat Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (On-MIPA) Bidang Matematika. Selain mahasiswa, penghargaan juga diberikan kepada karyawan dan dosen, di antaranya adalah Agustina Diyan Shinta Utami, S.E., Ak yang menjadi Staf Pengelola Keuangan Terbaik dalam ajang pemilihan Pengelola Keuangan tingkat Kopertis Wilayah V dan Dra. Novita Dewi, M.S., M.A. (Hons.), Ph.D., sebagai dosen terbaik tingkat Kopertis Wilayah V. Penghargaan juga diberikan kepada 11 staf karyawan dan dosen USD yang telah berkarya selama 25 tahun di USD.

USD juga meluncurkan aplikasi USD Mobile Libary bagi sivitas akademika USD yang dapat diunduh di PlayStore Android serta menerima satu unit mobil perpustakaan keliling dari Bank BRI yang ditujukan untuk membantu masyarakat pinggiran agar lebih mengenal dan meningkatkan literasi melalui buku bacaan. Bukan hanya melengkapi koleksi buku USD dari luar, USD juga menerbitkan beberapa buku baru di acara Puncak Dies Natalis 61 ini, yaitu buku ‘Hatiku Tertambat Padamu’ yang menceritakan tentang suka duka karyawan dan dosen USD selama berkarya dan buku ‘Mendidik Generasi Net’ yang berisi pengalaman menempuh pendidikan di universitas oleh beberapa mahasiswa USD. Sebagai penutup, keceriaan acara Puncak Dies Natalis kemudian ditampilkan dalam penampilan oleh Paduan Suara Mahasiswa Cantus Firmus dan Grisadha, kemudian dilanjutkan santap siang bersama. (DW)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.156.92.138: - 687.1 ms  |   31 user(s) online