www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Penerjunan Peserta KKN USD Angkatan 57
USD | 04 January 2019 | 15:13 WIB
  
Penerjunan Peserta KKN USD Angkatan 57 :: usd.ac.id

Tanggal 3 Januari 2019, upacara penerjunan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sanata Dharma (USD) angkatan 57 diselenggarakan di Panggung Terbuka, Kampus 2 USD. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB diikuti oleh seluruh peserta KKN berjumlah 773 mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi, Perwakilan Dekan, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dosen Pendamping Lapangan, dan Rektor USD. Upacara yang awalnya direncanakan dilaksanakan di depan Panggung Terbuka, terpaksa dipindahkan di atas Panggung Terbuka karena kondisi hujan. Meskipun hujan, para peserta tetap bersemangat dan antusias untuk mengikuti upacara penerjunan KKN.

Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato, S.Pd., M.Si. selaku Kepala Pusat KKN USD melaporkan tentang penerjunan peserta KKN. Dalam laporannya beliau menyebutkan KKN ini diterjunkan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Sleman. Kabupaten Gunung Kidul terdapat 4 Kecamatan 22 Desa dan Kabupaten Sleman terdapat 2 Desa yang ditempati. ”Tema khusus KKN ke 57 ini adalah menggali potensi untuk menuju masyarakat yang lebih baik.” imbuhnya.

Setelah laporan, pembina upacara dan selaku Rektor USD Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. memberikan amanat. Berdasarkan data yang tercatat pada LPPM, KKN pada tahun ini merupakan KKN yang terbesar untuk jumlah pesertanya. Dalam amanatnya, beliau juga menyampaikan sebuah gagasan tentang mengapa KKN dan untuk apa KKN. “Parameter sebuah Perguruan Tinggi baik atau tidaknya bukan berdasarkan besarnya jumlah mahasiswa, gedung yang bagus, maupun kampus yang luas. Namun USD mengukur yang paling utama adalah akan menjadi apa lulusan-lulusannya. USD juga berharap dan berdoa agar lulusannya dapat menjadi berguna bagi sesama atau being men and women for others.” tutur Rektor USD.

Sebuah kesempatan berharga bagi mahasiswa USD agar dapat  melatih kerjasama dan menghargai orang lain dari kegiatan KKN ini. “Lewat kegiatan KKN ini sebagai wujud sarana dalam mendampingi dan mengajak menumbuhkan sikap compassion salah satu semboyan dari 3C.” tambah Rektor USD.

Setelah penyampaian amanat, acara dilanjutkan dengan penyerahan simbolisasi perutusan KKN serta penyerahan bendera 3C oleh Rektor USD kepada salah satu wakil Mahasiswa peserta KKN dan dilanjutkan dengan menyanyikan Hymne Sanata Dharma dan Bagimu Negeri. Kemudian Rektor USD melanjutkan pelepasan burung sebagai bentuk simbolisasi penerjunan mahasiswa peserta KKN. “Satu burung ini mewakili 10 mahasiswa peserta KKN.” ungkapnya.

Usai dari upacara penerjunan ini, mahasiswa peserta KKN menaruh barang-barang yang hendak dibawa ke lokasi KKN ke dalam mobil pickup yang telah disediakan oleh Panitia KKN dan berangkat ke lokasi KKN beriringan dengan peserta KKN yang menggunakan motor masing-masing. Sesampainya di lokasi masing-masing, peserta KKN melanjutkan upacara penyambutan dan penerimaan di Kantor Kecamatan masing-masing juga di Kantor Desa.

Penerjunan KKN ini merupakan salah satu rangkaian proses dari KKN angkatan 57. Dalam rangkaian proses KKN, peserta KKN telah mengikuti pembekalan sebanyak 3 kali, general test, dan observasi minimal 4 kali dan maksimal sebanyak 6 kali. Setelah observasi para peserta membuat sebuah laporan observasi dan proposal program. Program ini harapannya dapat dilaksanakan pada saat peserta berada di lokasi KKN yang ditempati selama 30 hari.

(BSN & DPM)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2019 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  34.224.102.60: - 4759.1 ms  |   17 user(s) online