www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Program Studi Teknik Mesin USD Diperkuat Doktor Baru
USD | 04 January 2019 | 14:59 WIB
  
Program Studi Teknik Mesin USD Diperkuat Doktor Baru :: usd.ac.id

Sebagai institusi sudah berdiri sejak tahun 1955. Namun sebagai universitas, Universitas Sanata Dharma (USD) masih berusia relatif muda. Tenaga pendidik atau dosen dengan gelar doktor belum ideal jumlahnya dibandingkan dengan jumlah keseluruhan dosen meskipun untuk universitas swasta di Yogyakarta jumlah rasio dosen bergelar doktor termasuk salah satu yang tertinggi.

Tambahan satu orang doktor di Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Teknik Mesin sangat berarti bagi pengembangan fakultas dan program studi. Dr. I Gusti Ketut Puja. S.T., M.T. telah berhasil menyelesaikan studinya dengan predikat Cum Laude dengan disertasi berjudul “Sintesis Serat Karbon Nano dari Arang Tempurung Kelapa Menggunakan Bio-Aktivator Getah Pepaya dan Oksida Aluminium“ di Program Doktor Ilmu Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya.

Dr. I Gusti Ketut Puja berhasil menjawab dengan sangat memuaskan semua pertanyaan yang diajukan oleh 7 orang dewan penguji pada tanggal 28 November 2018 yang lalu. Acara sidang ujian terbuka dipimpin oleh promotor utama. Sesudah acara tanya jawab, dewan penguji meninggalkan ruang ujian untuk rapat. Sesudah itu hasil ujian terbuka diumumkan dan ijasah Dr. I Gusti Ketut Puja diserahkan.

Sesudah yudisium acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Promotor utama dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dr. Ketut harus mematenkan hasil penelitiannya dan lebih lanjut mengembangkan hasil penelitian tersebut. Temuan penelitian disertasi Dr. Ketut termasuk hal baru dan sangat menjanjikan di Indonesia. Serat Karbon Nano perlu diteliti lebih lanjut supaya bisa menjadi bermanfaat dan berdaya guna pada dunia industri. Sambutan yang kedua adalah sambutan dari Universitas Sanata Dharma yang diwakili oleh Wakil Rektor IV, Ouda Teda Ena, Ed.D. Dalam sambutannya Wakil Rektor IV USD menyampaikan terima kasih kepada Universitas Brawijaya khususnya Program Doktor Ilmu Teknik Mesin, Fakultas Teknik serta para promotor dan penguji tamu. Ouda Teda Ena, Ed.D. juga mengucapkan selamat bagi Dr. Ketut Puja dan keluarga besarnya. Selain itu pihak USD juga berharap kerjasama dengan Universitas Brawijaya bisa lebih ditingkatkan lagi. Pada sambutannya Dr. I Gusti Ketut Puja menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan studinya. Dengan penuh haru beliau berterima kasih kepada ibu, ibu angkat, dan istrinya. Mereka lah tiga orang wanita yang senantiasa mendorong dirinya untuk mencapai yang terbaik.

Ujian terbuka ini dihadiri oleh para kolega dari USD antara lain Wakil Rektor IV, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Sudi Mungkasi; Kaprodi Teknik Mesin, Ir. Petrus Kanisius Purwadi, M.T.; Dr. Yohanes Baptista Lukiyanto; teman-teman kuliah di Program Doktor FT Universitas Brawijaya, dan segenap keluarga besar Bapak I Gusti Ketut Puja. Acara ditutup dengan makan siang bersama dan ramah tamah.

(OTE)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2019 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  34.224.102.60: - 6516.1 ms  |   24 user(s) online