www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Yudisium Kelulusan dan Pelepasan Mahasiswa PPGT SM3T USD
USD | 31 December 2018 | 17:38 WIB
  
Yudisium Kelulusan dan Pelepasan Mahasiswa PPGT SM3T USD :: usd.ac.id

Universitas Sanata Dharma (USD) meluluskan 157 mahasiswa dalam yudisium dan pelepasan mahasiswa Program Profesi Guru Terintegrasi, Sarjana Mendidik (di daerah) Terdepan, Terluar, Tertinggal (PPGT SM3T) dan prajabatan bersubsidi gelombang II pada hari Jumat (21/12), berlangsung di Ruang Koendjono Gedung Pusat Kampus 2 USD. PPGT SM3T USD merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di antara 11 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipercayai oleh pemerintah untuk melaksanakan PPGT PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Program ini memuat program S1 dan program profesi secara terintegrasi. Selama 8 (delapan) semester, mahasiswa PPGT menjalani perkuliahan sesuai dengan kurikulum dan melanjutkan Program Profesi Guru (PPG) selama 1 (satu) semester.

Acara penyerahan Sertifikat Pendidik ini dihadiri oleh Rektor USD Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D.; Dekan FKIP Dr. Harsoyo, S.Pd., M.Si.; Wakil Dekan I FKIP Paulus Kuswandono, Ph.D.; dan Gama Setyaningsih. Acara diawali dengan pembukaan dan doa, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Sanata Dharma untuk menambah rasa nasionalisme sebagai warga negara Indonesia.

Kebahagiaan begitu terpancar ketika para lulusan menerima sertifikat dan membacakan kode etik guru, dengan demikian sahlah mereka menjadi seorang guru dan pendidik yang diharapkan mampu menghadapi dunia pendidikan yang sesungguhnya dan profesional. Rektor USD Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya menceritakan bagaimana ia mengajar pada awal mengajar sampai saat ini, serta apa saja yang dilakukan agar mengajar menjadi menarik sehingga mahasiswa merasa mudah dan nyaman dalam mengikuti perkuliahan, “menjadi guru, menjadi dosen, menjadi pendidik itu tidak bisa disederhanakan hanya dengan memberi pengetahuan, lebih-lebih bila hal ini dilakukan kepada anak SMA, SMP, SD. Kunci dalam mengajar itu satu yang saya rumuskan adalah CINTA. C adalah cakap, seorang guru harus bisa menguasai ilmu. I adalah intim, mempunyai kedekatan dengan anak didik. N memiliki niat. T menjadi tangguh, dan A adanya antusiasme” tuturnya.

Suasana menjadi haru ketika Ira Hariani membacakan puisinya. Makna mendalam di setiap untaian kata yang diucapkan dan terselip pula harapan-harapan para pendidik muda. Begitu besar harapan USD kepada para lulusan untuk berkarya di manapun mereka berada, apalagi dunia pendidikan akan terus menerus mengalami perubahan menurut zamannya, pendidik saat ini diharapkan mampu untuk mengahadapi tatangan globalisasi dan menjadi lebih kreatif.

(MFW & AMDA)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2019 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  34.224.102.60: - 7769.3 ms  |   24 user(s) online